Web Analytics

Ukuran Kertas Legal dan Perbedaannya dengan F4 dalam CM, MM, Inch

Jika sedang mengatur layout di Microsoft Word pasti Anda sering menemukan ukuran kertas bertuliskan legal. Ukuran ini memang sering dikaitkan dengan ukuran yang banyak dipakai oleh masyarakat seperti ukuran F4. Padahal sebenarnya ukuran kertas legal dan ukuran kertas F4 berbeda. Jika Anda mengatur layout berukuran legal namun mencetaknya dengan kertas F4 maka ada sebagian tulisan yang terpotong karena F4 sedikit lebih kecil dibandingkan dengan legal. Untuk lebih jelasnya agar tidak salah mengatur kertas legal dan kertas F4, Anda harus tahu ukuran dari kertas legal dan perbedaannya dengan F4.

Ukuran Kertas Legal dan Perbedaannya dengan F4

Ukuran legal merupakan standar ukuran kertas yang banyak digunakan oleh masyarakat Amerika. Di Indonesia sendiri, memang jarang ditemukan kertas dengan ukuran ini. Jadi jika Anda membutuhkannya untuk suatu keperluan maka bisa dipotong sesuai ukurannya. Ukuran Standar International yang digunakan Indonesia dan mendekati ukuran legal adalah ukuran kertas F4 sehingga banyak yang mengatakan legal adalah F4. Berikut iniĀ  detail ukurannya dan perbedaan ukuran kertas legal dan F4 yang harus Anda ketahui.

Ukuran dari Kertas Legal

Amerika memiliki kertas dengan ukuran standarnya sendiri, berbeda dengan Indonesia yang menggunakan standar internasional ISO. Standar kertas di Amerika selain legal yaitu letter, ledger, tabloid, dan junior legal. Agar Anda tidak salah dengan F4, maka perlu memperhatikan ukuran lengkap kertas legal berikut ini.

  • Ukuran legal dalam milimeter yaitu 215,9 mm x 355,6 mm.
  • Ukuran legal dalam centimeter yaitu 21,59 cm x 35,56 cm.
  • Ukuran legal dalam inch yaitu 8,5 inch x 14 inch.

Perbedaan Ukuran dari Kertas Legal dan Ukuran dari Kertas F4

Baca juga :  Ukuran Kertas Folio atau F4 dalam CM, MM, Inch

Kertas legal memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kertas F4. Jika Anda menggunakan layout berupa kertas legal dan mencetaknya dengan kertas F4 maka hasilnya akan terpotong. Perbedaan ukuran kertas legal dan F4 yaitu sebesar 2.6 cm. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ukuran lengkap kertas F4.

  • Ukuran F4 dalam milimeter yaitu 216 mm x 330 mm.
  • Ukuran F4 dalam centimeter yaitu 21,6 cm x 33 cm.
  • Ukuran F4 dalam inch yaitu 8,5 inch x 13 inch.

Kegunaan Kertas Legal

Di Indonesia jarang yang menggunakan kertas legal karena standar yang dipakai adalah ISO. Namun karena banyak aplikasi yang menggunakan ukuran ini jadi banyak orang yang familiar. Di Indonesia ada yang menggunakan kertas ukuran ini untuk membuat Ijazah, dokumen surat tertentu, dan lain-lain.

Itulah informasi mengenai ukuran kertas legal pada setiap satuan dan juga perbedaannya dengan F4. Semoga dengan penjelasan di atas, Anda bisa paham dan tau berapa perbedaan ukuran dari kertas legal dan juga F4 sehingga tidak salah menggunakan lagi.

Leave a Feedback!