Tips Membeli Power Bank yang Bagus dan Berkualitas

Posted on 95 views

Power bank adalah alat penyimpan daya listrik yang biasa digunakan untuk mengecas smartphone atau gadget tanpa perlu colokkan stop kontak. Power bank sudah menjadi teman setia bagi gadget. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa dibalik kecanggihan teknologinya, smartphone mengkonsumsi daya baterai yang besar. Jika Anda berniat memiliki PB ini, Anda sebaiknya menyimak tips membeli power bank terlebih dahulu. Hal ini sangat penting karena terdapat banyak jenis power bank di pasaran dari mulai berkualitas rendah hingga berkualitas tinggi. Membeli power bank yang bagus dan berkualitas tentu menjadi pilihan yang tepat. Kualitas PB cukup mempengaruhi kinerja PB ke depannya dan keawetan PB. Berikut beberapa tips membeli berdasarkan ciri-ciri power bank.

Ciri-Ciri Power Bank yang Bagus dan Berkualitas

1. Safety Protection

Tips membeli power bank yang pertama adalah pilih power bank dengan safety protection yang bagus. Hal ini dilakukan demi menjaga keamanan pengguna power bank. Ada langkah sederhana untuk mengecek bagus tidaknya safetu protection pada PB. Pertama, adu input dan output power bank hingga daya PB habis secara otomatis. Kemudian, isi kembali daya power bank yang habis dengan menggunakan adaptor yang dicolokkan langsung ke stop kontak listrik. PB yang memiliki safety protection bagus tidak akan terjadi apa-apa.  Sebaliknya, jika safety protection buruk akan terjadi ledakan kecil. Jika tidak ingin repot, Anda bisa membeli power bank yang sudah dilengkapi teknologi safety protection tinggi seperti power bank merek Xiaomi. PB ini sudah dilengkapi teknologi fast charging yang didukung dengan 9 perlindungan sirkuit kelas dunia.

2. Kapasitas

Tips membeli power bank yang kedua adalah perhatikan kapasitas daya power bank. Kapasitas power bank menjadi panduan seberapa besar kemampuan PB tersebut dalam mengisi daya baterai gadget/smartphone Anda. Anda bisa memilih kapasitas sesuai kebutuhan dengan mengalikan kapasitas baterai smartphone/gadget Anda dengan 2 kali lipat. Untuk power bank yang bagus dan berkualitas umumnya memiliki kapasitas daya listrik yang sangat besar. Contohnya, Xiaomi Powerbank 20000 MAh mampu menampung daya listrik hingga sebesar 20000 MAh sehingga bisa digunakan untuk mengecas beberapa smartphone/gadget atau mengecas 1 smartphone hingga berkali-kali.

3. Konektor

Tips membeli power bank yang ketiga adalah pilih power bank dengan konektor bawaan yang bagus dan berkualitas. Saat ini, umumnya berbagai merek power bank telah memberikan konektor bawaan saat pembelian. Tetapi konektor tersebut tidak semuanya berkulitas bagus. Konektor yang jelek akan mengakibatkan kerusakan pada power bank. Oleh karena itu, pastikan konektor bawaan power bank cukup berkualitas seperti Xiaomi Powerbank 20000 MAh. Power bank canggih ini sudah menggunakan konektor jenis smart USB.

4. Harga

Harga power bank juga harus dipertimbangkan saat proses pembelian. Harga mempengaruhi kualitas power bank yang akan didapatkan. Untuk power bank yang bagus dan berkualitas dengan kapasitas 5000 – 10000MAh atau lebih biasanya dibanderol dengan harga Rp. 200.000 ke atas .

Demikianlah ulasan mengenai tips yang bisa dilakukan saat hendak membeli power bank sebagai pendukung gadget kesayangan. Semua pilihan power bank tergantung keinginan dan kebutuhan pengguna. Tetapi jika ingin power bank yang berkualitas bagus memang harga yang dikeluarkan cukup mahal. Semoga artikel mengenai tips membeli power bank ini bisa bermanfaat dan menjadi solusi bagi pengguna yang berencana membeli power bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *