Kuliner Pagi di Kota Semarang yang Enak. [Wajib Coba!]

Semarang merupakan kota yang kaya akan kulinernya. Meskipun kuliner di kota ini sangat terkenal dengan lumpianya, ternyata masih banyak kuliner dari Semarang yang sangat menarik untuk dicoba. Jika Anda sedang berjalan-jalan dan menikmati keindahan pagi hari di kota Semarang, tentunya tidak akan lupa dengan kebutuhan akan sarapan. Untuk itu tidak perlu khawatir, tidak hanya makanan yang dijajakan pada siang ataupun malam hari, namun juga banyak kuliner pagi Semarang yang sangat nikmat dan lezat. Oleh karena itu, berikut beberapa kuliner pagi di Semarang yang perlu untuk dicoba.

Kuliner Pagi Semarang yang Cocok Sebagai Sarapan

  1. Warung Makan Mak Tompo

Warung Makan Mak Tompo merupakan suatu tujuan yang sangat tepat bagi Anda pecinta makanan rumahan. Lokasi dari warung dengan bangunan sederhana ini tepatnya berada di jalan Karanganyar nomor 37. Terdapat banyak sekali lauk serta sayur yang dapat dicoba. Namun perlu diketahui, menu andalan dari warung makan ini yaitu pepes udang dan cumi hitamnya. Warung Makan Mak Tompo sudah buka mulai pukul 9 pagi dan tutup pada pukul 4 sore. Selain cocok menjadi kuliner pagi di Kota Semarang, warung ini juga cocok untuk makan siang ataupun sore.

  1. Soto Kudus Mbak Lien

Tidak lengkap rasanya jika menikmati pagi hari di Kota Semarang tanpa adanya semangkuk soto hangat. Untuk itu, Anda dapat mendatangi Soto Kudus Mbak Lien yang lokasinya berada di jalan KiMangunsarkoro nomor 15. Warung soto ini buka sejak jam 7 pagi dan memang sudah terkenal dengan rasanya yang juara sejak lama. Kalau sedang menikmati soto di warung ini, jangan lupa untuk mencoba beberapa lauk tambahan yang telah disediakan seperti, perkedel, tempe, sate kerang, dan juga sate paru yang menjadi favorit bagi banyak pelanggannya.

  1. Mie Kota Kembang

Bagi Anda pecinta masakan yang berbahan dasar mie, harus mencoba kuliner dari Semarang yang satu ini. Mie Kota Kembang merupakan salah satu kuliner dari Kota Semarang yang sudah melegenda di berbagai kalangan akan kelezatannya. Warung mie ini sudah buka pukul 7 pagi dan tutup sekitar pukul 9 malam. Lokasi dari Mie Kota Kembang ini tepatnya berada di jalan Tambak Mas gang 1 no 73 serta jalan MT. Haryono 405 ruko 8. Dalam warung ini tersedia beberapa macam masakan olahan mie seperti bihun, mie pangsit, kwetiaw, dan lain sebagainnya.

  1. Kahatkene

Jika sedang mencari menu sarapan yang tergolong unik di kota Semarang, maka Kahatkene merupakan suatu jawaban yang tepat. Menu andalah dari Kahatkene yaitu ayam krispi yang dihidangkan dengan nasi kuning dan sambal matah. Selain itu, jika Anda berpikir bahwa hidangan tersebut terlalu berat untuk sarapan, maka dapat memesan hidang lain berupa roti bakar ataupun sejenisnya. Tidak hanya itu, kedai ini juga sangat nyaman apabila digunakan sebagai tempat nongkrong dan minum kopi di pagi hari sambil menikmati keindahan dari suasana kota Semarang.

  1. Asem-asem Koh Liem

Bukan berita baru lagi apabila Asem-asem Koh Liem menjadi salah satu tempat makan paling populer di kota Semarang ini. Pastinya, menu unggulan dari tempat makan ini yaitu asem-asemnya. Kuahnya yang sangat segar diiringi dengan empuknya potongan daging sapi didalamnya, membuat pagi hari Anda di kota Semarang ini akan lebih bersemangat. Selain itu, kulit ayam krispi dan cumi kecap yang disediakan oleh tempat makan ini juga merupakan menu yang wajib untuk dicoba. Asem-asem Koh Liem berlokasi di jalan Karang Anyar nomor 28/C4 dan mulai buka pada pukul 7 pagi hari.

  1. Nasi Kemuning Mbah Jum

Nasi Kemuning Mbah Jum merupakan salah satu tempat kuliner pagi di Kota Semarangyang wajib dikunjungi. Meskipun banyak penjual nasi kemuning di Semarang, namun rasa dari nasi kemuning dari Mbah Jum ini tidak pernah terkalahkan. Daging ayamnya yang sangat empuk dibalut oleh resapan bumbu kedalam setiap bagiannya, membuat sarapan Anda terasa nikmat.

Selain itu, penyajiannya yang masih dilakukan secara tradisional ini juga akan menambah nafsu makan dari setiap penikmatnya. Selain nasi ayam kemuning yang menjadi menu andalannya, warung ini juga menyediakan aneka kuliner lainnya seperti, gudeng krecek, lontong sayur, dan aneka sate. Nasi Kemuning Mbah Jum ini terletak di jalan Puri Anjasmoro Raya Blok B1 nomor 23, Tawangmas dan mulai buka pada pukul 6 pagi setiap harinya.

  1. Nasi Pindang Kudus dan Soto Sapi Gajahmada

Rumah makan yang bernama Nasi Pindang Kudus dan Soto Sapi Gajahmada ini merupakan restoran paling terkenal dan favorit di kota Semarang. Rasa dari nasi pindang dan juga soto sapinya sangat nikmat dan lezat, sehingga sangat tepat bila disantap di pagi hari sebagai menu sarapan. Untuk lokasinya, Nasi Pindang Kudus dan Soto Sapi Gajahmada terletak di area Simpang Lima Semarang.

  1. Soto Selan

Soto merupakan salah satu hidangan yang sangat nikmat jika disantap di pagi hari. Ketika Anda berada di Kota Semarang, jangan lupa meluangkan waktu untuk sarapan di kedai SotoSelan ini. Rasanya yang sangat nikmat dengan harga murah untuk satu porsinya, membuat siapa saja akan tertarik untuk kembali menikmatinya di lain waktu.

Dalam kedai soto yang berada di area jalan Depok ini, juga tersedia berbagai makanan tambahan yang dapat menambah kenikmatan sotonya seperti ati goreng, sate daging, sate kerang, perkedel, dan lain sebagainya. Kedai ini sudah buka mulai pukul setengah 7 pagi setiap harinya.

  1. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Miekopyok merupakan salah satu hidangan khas dari Semarang yang berupa mie diberi tambahan tetelan daging, tahu, serta taburan kerupuk gendar di atasnya. Biasanya miekopyok ini dijual dengan cara keliling menggunakan gerobak. Namun untuk saat ini Anda tidak perlu khawatir susah untuk mencari pedagangnya. Sudah ada sebuah warung bernama MieKopyok pak Dhuwur yang menyediakan hidangan miekopyok lezat dan nikmat. Warung miekopyok ini berlokasikan di jalan Tanjung dan buka sejak pukul 7 pagi.

  1. Warung Pecel Bu Sumo

Sarapan dengan menyantap pecel merupakan suatu pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan berbagai macam isian dari pecel ini mengandung banyak vitamin dan mampu memenuhi gizi. Di Kota Semarang, salah satu warung pecel terbaik adalah Warung Pecel Bu Sumo. Di tempat ini Anda dapat menikmati pecel yang lezat dengan porsi cukup banyak. Dapat dikatakan bahwa Warung Pecel Bu Sumo ini merupakan kuliner Semarang yang sehat, lezat, dan mengenyangkan. Warung ini berada di area jalan Kyai Saleh dan sudah buka muali pukul 6 pagi.

Itulah beberapa kuliner pagi Semarang yang wajib dicoba ketika berada di kota ini. Dengan menyantap macam-macam hidangan sarapan diatas, pastinya pagi Anda di kota Semarang akan semakin indah dan nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *