Berbagai Cara Diet Paling Populer di Dunia

Aturan dan Porsi Makanan pada Diet Zone

Salah satu diet paling populer di dunia yang juga sering dipraktekkan adalah diet zone. Diet semacam ini bertujuan agar menyeimbangkan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu 40% karbohidrat, 30% protein, dan 30% lemak pada setiap kali makan. Fokus utama diet ini adalah untuk mengontrol jumlah insulin dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan dengan metode yang lebih tepat. Untuk memahami bagaimana contoh menu yang baik saat melakukan diet ini, simak penjelasannya berikut ini.

Untuk menu sarapan, aturannya sama seperti diet pada umumnya. Saat menjalankan diet zone, Anda juga harus mengurangi porsi makan tanpa harus membuat diri Anda kelaparan dan kekurangan gizi. Diet ini menganjurkan Anda agar dapat mengonsumsi makanan dengan porsi yang lebih kecil tetapi dengan kandungan protein yang tinggi. Menu sarapan yang terbaik adalah dengan memilih bahan makanan yang rendah karbohidrat tetapi kaya protein. Bahan makanan yang bisa Anda pilih adalah ubi jalar, apel, bayam, ayam kalkun dan tomat. Makanan seperti yang disebutkan tadi memiliki kandungan karbohidrat yang tidak terlalu tinggi, namun sangat kaya akan protein. Tujuan sarapan rendah karbohidrat ini adalah untuk menjaga kadar gula dalam darah agar tetap normal. Insulin dalam tubuh pun dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Untuk menu makan siang ketika melakukan diet ini, Anda harus membagi piring menjadi 3 bagian. Bagian pertama diisi dengan makanan yang tinggi akan protein, dan dua bagian sisanya diisi dengan sayur dan buah yang bebas dari karbohidrat. Untuk pemilihan bahan makanan yang berprotein, Anda bisa memilih daging kalkun, ayam panggang, ikan, atau beberapa makanan laut. Akan tetapi, ukuran porsi yang dianjurkan adalah sebesar sekepalan tangan saja. Jadi, jangan mengambil porsi yang berlebihan. Lalu, agar tidak membosankan, Anda bisa mengkreasikan beberapa makanan tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Menu makanan tiap harinya harus berbeda meskipun dengan bahan yang sama.

Lanjut untuk menu makan malam, sebenarnya bahan makanan yang bisa Anda pilih sama dengan pada waktu sarapan atau makan siang. Anda tetap harus membatasi asupan karbohidrat agar tubuh tidak kembali melar. Apalagi pada saat malam, tubuh sudah mulai mengurangi aktivitas fisik. Makan dengan porsi yang berlebihan akan membuat Anda menjadi gemuk dengan cepat. Pada saat makan malam, Anda bisa mengonsumsi gandum atau beras merah. Untuk menu pendampingnya, Anda bisa memilih sayuran yang rendah karbohidrat. Anda juga bisa mengonsumsi bubur kacang hijau jika malas mengonsumsi nasi atau gandum.

Lalu, untuk pilihan camilan ringannya, Anda hanya boleh mengonsumsi buah-buahan segar. Camilan seperti biskuit memiliki kandungan gula yang tinggi. Selain itu, beberapa camilan keripik dan gorengan juga memiliki kadar lemak jenuh yang cukup tinggi. Camilan lain selain buah adalah bahan makanan yang dikukus, seperti jagung rebus, kacang rebus, atau yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *