Berbagai Cara Diet Paling Populer di Dunia

Posted on 342 views

Diet Sehat, Diet Makanan Mentah

Diet semacam ini juga menjadi salah satu cara diet paling populer di dunia. Mengonsumsi beberapa makanan mentah alias tanpa proses dimasak terlebih dahulu memang lebih bergizi. Diet makanan mentah ini berlaku untuk beberapa makanan tertentu saja, artinya tidak semua makanan bisa dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu. Apa saja makanan yang wajib dikonsumsi untuk menurunkan diet secara cepat? Langsung saja simak uraiannya berikut ini.

Jenis makanan mentah yang sangat disarankan untuk Anda yang sedang diet adalah buah dan sayur. Dua bahan makanan ini sangat lezat meskipun dikonsumsi tanpa proses pemasakan terlebih dahulu. Makanan mentah ini juga sangat menyehatkan karena mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin, mineral, zat besi, dan banyak lagi yang lainnya. Selain mengandung kalori yang dibutuhkan tubuh, buah dan sayur juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan cairan saat sedang melakukan diet.

Selain buah dan sayur, bahan makanan lain yang bisa dikonsumsi mentah adalah kacang-kacangan. Jenis makanan ini sebenarnya bisa juga dikonsumsi secara langsung. Akan tetapi, karena tidak terbiasa, orang-orang enggan mengonsumsinya dalam bentuk mentah tanpa diproses. Oleh karena itu, agar lebih lezat, Anda bisa menjadikan kacang-kacangan ini sebagai campuran salad. Apabila Anda ingin menjadikannya sebagai camilan, Anda juga bisa mengukusnya. Pengolahan dengan cara dikukus ini masih aman karena tidak mengandung lemak jahat. Meskipun demikian, utamakan untuk mengonsumsi kacang-kacangan mentah.

Dalam menjalankan diet makanan mentah, bukan berarti Anda harus selalu mengonsumsi makanan yang tidak dimasak. Berbagai jenis produk olahan susu, seperti mentega, yogurt, dan keju juga sangat baik dikonsumsi ketika sedang diet. Akan tetapi, Anda harus tahu batasannya. Ingat bahwa Anda sedang menjalankan program diet, jadi tidak boleh mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Selain beberapa makanan yang telah disebutkan di atas, perhatikan juga konsumsi minuman Anda. Saat sedang diet, Anda tentu membutuhkan banyak cairan agar tidak  dehidrasi. Minuman terbaik bagi mereka yang sedang diet adalah air putih minimal dua liter per hari. Namun, bagi Anda yang kurang bergairah mengonsumsi air putih dengan rasa hambar, pilihan lainnya adalah air kelapa dan jus buah. Air kelapa bisa dipastikan baik untuk tubuh. Akan tetapi tidak selalu dengan jus buah. Jus yang sehat adalah yang diolah hanya dari buah saja, tanpa ditambahkan pemanis buatan yang berlebihan. Dalam buah sudah terkandung kadar gula. Ketika Anda membuat jus dengan menambahkan sedikit air, Anda juga tidak boleh menambahkan terlalu banyak gula buatan.

Minuman lainnya yang baik untuk diet adalah minuman hangat dari campuran madu dan jeruk nipis. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis sangat baik untuk mereka yang sedang diet. Selain itu, rasa manis pada madu juga sehat karena termasuk golongan gula murni yang aman. Cara diet dengan lebih memfokuskan pada mengonsumsi makanan mentah memang menjadi pilihan yang tepat. Setidaknya, ketika Anda menjalankan diet semacam ini, konsumsi makanan mentah tiap harinya adalah sekitar 3/4 dari porsi makanan. Makanan yang dikonsumsi biasanya adalah jenis organik. Ada empat jenis makanan yang dikonsumsi oleh mereka yang menjalankan diet mentah, yaitu vegetarian mentah, omnivora mentah, vegan mentah, dan karnivora mentah.

Coba Metode Diet Lain dengan Diet Mediterania

Diet Mediterania termasuk ke dalam cara diet paling populer. Diet ini sebenarnya adalah kebiasaan makan orang-orang Eropa yang berada di daratan Mediterania. Kebiasaan makan yang dimaksud lebih fokus pada kebiasaan makan para rakyat Kreta, Yunani, serta Italia Selatan yang sangat memperhatikan asupan gizi. Kebiasaan makan yang sehat ini juga dijalankan di Spanyol, Prancis bagian selatan, dan juga Portugal. Meskipun Portugal tidak berada di kawasan yang menyentuh laut Mediterania, ia termasuk salah satu negara yang menjalankan kebiasaan makan sehat ini.

Cara melakukan diet Mediterania adalah mengonsumsi makanan yang sederhana, tetapi tetap menyehatkan. Bahan makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah, sayur, rempah-rempah, minyak zaitun, pasta, kentang, dan nasi masih bisa dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet. Namun, pada metode diet ini, setiap orang disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran segar serta kacang-kacangan. Minyak zaitun dijadikan sebagai sumber lemak tak jenuh tunggal yang sudah tersedia dalam makanan. Kebiasaan makan orang Eropa yang unik adalah mereka harus mengonsumsi anggur setiap harinya dalam jumlah sedang, yaitu setidaknya enam gelas anggur per hari.

Lalu, sebagai sumber protein, ketika melakukan metode diet ini, Anda bisa mengonsumsi bahan makanan daging tanpa lemak, seperti daging unggas, ayam dan ikan. Diet asal tanah Mediterania ini adalah metode diet rendah lemak yang sangat efektif menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Dalam hal ini, Anda tidak perlu memakai minyak sayur ataupun mentega sebagai bahan dressing salad. Diet ini juga termasuk metode yang sangat rendah kalori. Menjalankan diet tersebut akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan secara cepat. Keberhasilan diet ini bergantung pada komitmen Anda untuk selalu mengonsumsi makanan yang menyehatkan. Untuk itu, sebaiknya semua makanan yang diolah tidak dimasak secara digoreng. Bahan-bahan yang digoreng hanya boleh menggunakan minyak sayur yang rendah kandungan lemak jahat. Menu tumis sayur bisa juga menggunakan minyak zaitun. Dengan demikian, usaha untuk menurunkan berat badan dengan cepat pun akan segera terwujud.

Diet ini juga memasukkan bahan makanan kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang polong, atau kedelai sebagai salah satu santapan lezat Anda. Biasakanlah untuk mengganti daging dengan bahan makanan yang lebih sehat, yaitu salad yang dikombinasikan dengan kacang-kacangan. Buatlah salad dengan memasukkan sayuran segar, seperti seledri, bayam, mentimun dan juga wortel. Untuk dressing saladnya, Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang dipadukan dengan rempah-rempah pilihan Anda. Metode diet ini memang rendah gula, rendah kalori, serta rendah kandungan lemak jahat.

Ketika melakukan diet ini, Anda juga masih bisa mengonsumsi ikan, seperti salmon, sarden, atau ikan kaya nutrisi lainnya. Beberapa jenis ikan memang kaya akan omega 3 dan rendah kolesterol. Pilihlah jenis ikan yang rendah kolesterol supaya lebih aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan meningkatnya berat badan. Selain itu, daging yang rendah kolesterol juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, bahan makanan buah dan sayur juga sangat rendah kalori. Buah dan sayur memang sudah terkenal sejak dulu dapat membantu mengendalikan berat badan. Buah-buahan menjadi sumber gula yang alami untuk menerapkan diet ini. Jenis buah-buahan yang termasuk ke dalam metode diet asal Mediterania adalah buah apel, kiwi, stroberi dan juga plum. Buah-buahan ini sering sekali dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut. Kandungan nutrisi dalam buah-buahan di antaranya adalah asam folat, serat, vitamin, mineral, dan juga potasium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *