Cara Menghilangkan Noda Tinta di Tas (Mudah dan Efektif!)

Posted on 63 views

Tas merupakan salah satu keperluan untuk membawa barang yang kita butuhkan saat bepergian. Beberapa orang melihat tas dari fungsinya, ada juga yang melihat tas dari tampilannya. Bagi mereka yang memperhatikan penampilan tas, pastinya akan merasa kesal ketika ada noda tinta di tas. Noda di tas biasanya cukup sulit dihilangkan mengingat kain tas berbeda dengan kain baju apalagi jika noda tinta sudah ada sejak lama. Namun, jangan bersedih karena masih ada cara menghilangkan noda tinta di tas yang praktis dan dapat dilakukan di rumah.

8 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Tas Sendiri di Rumah

Noda tinta di tas akan sangat mengganggu karena terlihat mencolok. Tas kesayangan menjadi tidak terlihat cantik lagi akibat noda tinta tersebut. Tidak mungkin membeli tas baru hanya karena ada noda tinta yang mengganggu. Agar noda tinta tersebut hilang, berikut cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan noda tinta di tas.

1. Menggunakan air

Apabila noda tinta baru dan bukan permanen, air dapat digunakan untuk menghilangkan noda tinta di tas. Tinta yang tidak permanen umumnya berbahan dasar air sehingga mudah dihilangkan menggunakan air. Cara menghilangkan noda tinta di tas pertama adalah menyiapkan kain lembut. Selanjutnya basahi dengan air dingin. Apabila tas berbahan dasar kulit, jangan gunakan banyak air. Saat menghilangkan noda tinta di tas, tepuk-tepuk kain tersebut ke bagian tas yang terkena noda. Langkah-langkah tersebut dapat diulangi sampai noda hilang.

2. Sabun cuci

Sabun cuci yang digunakan bisa berupa bubuk atau cair. Tas yang dapat dicuci dengan sabun cuci adalah tas kanvas dan tas kulit. Campuran sabun cuci dengan air dan rendam tas dalam air sabun. Gosok bagian tas yang terkena noda tinta. Jangan lupa bilas tas dengan air bersih mengalir supaya sisa sabun bisa hilang. Selanjutnya, jemur tas di bawah sinar matahari langsung untuk menjaga bentuk tas seperti semula. Selain sabun cuci, bahan lain yang dapat digunakan adalah sampo bayi dengan cara yang sama seperti sabun cuci.

3. Cairan pembersih kuku

Cairan pembersih kuku merupakan cairan berbahan aseton. Aseton juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda tinta di tas. Cara menghilangkan noda tinta di tas menggunakan cairan pembersih kuku adalah dengan meneteskan secukupnya di bagian noda tinta d tas. Selanjutnya, totolkan kain bersih pada bagian tersebut. Selanjutnya bersihkan dengan air sabun dan gosok perlahan terutama jika tas berbahan dasar kulit.

4. Lotion

Noda tinta di tas berbahan kulit perlu dihilangkan dengan hati-hati supaya tidak merusak bahan tas. Losion seperti hand cream, hand body lotion, atau losion nyamuk bisa digunakan untuk menghilangkan noda tinta tanpa merusak kulit tas. Oleskan losion pada bagian tas yang ada noda tintanya secara merata. Gosok perlahan noda tinta tersebut dengan menggunakan jari dan sedikit menekan. Angkat sisa losion menggunakan kapas atau tisu. Apabila menggunakan losion berwarna putih, losion akan berubah warna saat noda tinta telah terangkat.

5. Hair spray

Ternyata hairspray tidak hanya digunakan untuk menata rambut. Noda tinta di tas dapat dihilangkan menggunakan hair spray. Hair spray berbahan dasar alkohol yang dapat melunturkan noda tinta di tas terutama tas kulit. Cara menghilangkan noda tinta di tas cukup praktis. Cukup semprotkan hair spray ke bagian noda tinta secukupnya, lalu tepukkan kain bersih pada area yang bernoda. Apabila tas yang dibersihkan adalah tas kulit, jangan lupa untuk langsung mengaplikasi leather conditioner untuk menjaga kondisi tas.

6. Baking soda

Baking soda merupakan bahan yang dapat digunakan dalam salah satu cara menghilangkan noda tinta di tas. Baking soda dapat digunakan untuk membersihkan tas berbahan denim, kanvas, atau kulit. Langkah pertama adalah menaburkan bubuk baking soda ke bagian noda tinta. Diamkan selama lebih kurang 1 jam. Selanjutnya bersihkan dengan kain bersih. Alternatif selain menggunakan baking soda adalah menggunakan tepung kanji atau maizena dengan cara yang sama.

7. Cuka

Cuka dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan noda tinta di tas. Cuka dapat digunakan sebagai alternatif alkohol jika tas kesayangan tidak ingin terpapar alkohol. Cuka yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, cukup membutuhkan 1-2 tetes di tas atau menyesuaikan dengan luas noda tinta. Bersihkan dengan kain bersih dengan cara menepuk perlahan. Cara lainnya adalah meneteskan cuka di ujung cotton bud dan menotolkan cotton bud di noda tinta. Cara kedua lebih cocok dilakukan apabila noda tinta di tas tidak terlalu besar dan lebar.

8. Garam dan lemon

Selain menggunakan bahan sintesis, bahan alami juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan noda tinta di tas. Garam dan lemon merupakan salah satunya. Penggunaan garam dan lemon merupakan pembersih alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda tinta di berbagai jenis tas. Cara menghilangkan noda tinta di tas adalah menyiapkan 1 sendok teh garam dan perasan ½ lemon. Campurkan keduanya sampai merata. Celupkan kain bersih pada campuran tersebut dan aplikasikan pada noda tinta di tas. Tepuk-tepukkan kain dengan lembut supaya kain tidak rusak.

Itulah cara menghilangkan noda tinta di tas yang praktis. Saat menghilangkan noda tinta di tas, jangan lupa untuk terlebih dulu membaca petunjuk perawatan tas tersebut dan pilih cara yang sesuai dengan petunjuk tersebut. Supaya lebih mudah, lebih baik langsung menangani permasalahan saat tas terkena noda tinta agar noda tidak terserap lebih dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *