Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju Tanpa Merusak Kain

Posted on 65 views

Beraktivitas saat sekolah, kuliah, atau bekerja membuat kita tidak bisa jauh dari alat tulis. Kadang kita terlalu ceroboh dan mengakibatkan baju terkena tinta alat tulis yang sedang kita gunakan seperti pulpen atau spidol. Adanya noda tinta di baju akan memunculkan rasa tidak nyaman dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Supaya penampilan tidak terganggu dan dapat tetap tampil prima, cobalah untuk menerapkan cara menghilangkan noda tinta di baju yang mudah dilakukan sendiri.

8 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju yang Praktis

Membersihkan noda tinta di baju membutuhkan usaha yang ekstra. Tujuannya tidak hanya untuk membersihkan noda tersebut, tetapi juga sekaligus menjaga agar kain baju tidak rusak dan baju masih bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Ada berbagai bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda-noda tinta di baju. Cara di bawah ini akan membantu dalam menghilangkan noda tersebut dengan bersih.

1. Kain basah

Kain basah digunakan untuk menyerap noda tinta di baju. Cara menghilangkan noda tinta di baju ini hanya dapat diterapkan pada noda tinta yang masih baru. Cara yang akan dilakukan cukup mudah. Pertama, alasi baju terlebih dulu agar noda tinta tidak menembus ke bagian belakang. Selanjutnya, siapkan kain basah berwarna putih untuk membersihkan noda tinta tersebut. Dengan kain basah tersebut, tekan pada bagian noda. Lakukan pada sisi balik baju juga.

2. Alkohol

Alkohol yang digunakan bukanlah alkohol untuk minuman, melainkan alkohol untuk pemakaian luar seperti disinfektan. Disinfektan bisa diperoleh di apotek atau toko alat kesehatan. Saat menggunakan disinfektan, cukup gunakan 1-2 tetes pada noda tinta. Produk-produk berbahan dasar alkohol lain seperti semprotan rambut juga bisa digunakan. Semprotkan pada noda tinta di baju. Jangan lupa alasi sisi balik baju dengan kain lain supaya noda tinta tidak merembet. Penggunaan alkohol pada baju berwarna perlu diwaspadai karena dapat merusak baju. Cara menghilangkan noda tinta di baju berwarna dengan alkohol bisa diakali dengan mencoba terlebih dulu di bagian baju yang tersembunyi untuk cek apakah warna baju akan rusak atau tidak. Setelah noda hilang, segera rendam dalam deterjen.

3. Cuka

Cuka merupakan bahan yang mudah ditemukan di dapur dan dapat digunakan untuk membersihkan noda tinta di baju karena memiliki kandungan asam lemah di dalamnya. Terdapat 2 cara yang bisa dilakukan. Cara pertama adalah menuangkan 1 sendok cuka di noda tinta dan mendiamkannya selama 10 menit. Cara lain adalah dengan merendam bagian baju yang terkena noda tinta dalam campuran cuka dan air dingin (1:1) selama 30 menit. Setelah melakukan cara pertama atau kedua, bersihkan baju dengan deterjen dan cuci seperti biasa.

4. Sabun pencuci piring dan gliserin

Sabun pencuci piring dapat menghilangkan noda dengan lebih baik dibandingkan deterjen sedangkan gliserin dapat menjenuhkan noda tinta di baju yang sudah lama. Menggunakan kombinasi sabun pencuci piring dan gliserin akan mempermudah noda tinta di baju. Cara menghilangkan noda tinta di baju dengan 2 bahan ini adalah mencampurkan masing-masing 1 sendok makan sabun pencuci piring dan gliserin dalam mangkuk. Aduk merata dan celupkan kain putih ke dalam mangkuk. Selanjutnya, tutulkan kain putih tersebut ke noda tinta di baju pada kedua sisi. Diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air bersih.

5. Pasta gigi

Pasta gigi ternyata memiliki manfaat lain selain untuk membersihkan gigi. Kandungan pembersih noda dalam pasta gigi dapat membersihkan noda tinta di baju. Caranya cukup praktis, yaitu cukup mengoleskan pasta gigi pada bagian baju yang terkena noda tinta. Gosok dengan lembut sampai noda mulai memudar. Lakukan pada kedua sisi baju agar noda-noda benar-benar hilang. Selanjutnya bilas dengan air bersih dan cuci menggunakan deterjen.

6. Soda kue

Soda kue dapat digunakan untuk banyak hal, salah satunya membersihkan noda tinta di baju. Cara menghilangkan noda tinta di baju dengan soda kue adalah mencampurkan soda kue dengan air terlebih dulu. Perbandingan yang digunakan adalah 2:1 dengan jumlah sesuai kebutuhan. Aduk keduanya sampai membentuk pasta. Ambil campuran dengan kapas putih dan totolkan di noda tinta sampai hilang atau tidak ada tinta yang terangkat. Bersihkan sisa campuran yang masih menempel dengan kain bersih lainnya. Perlu diketahui bahwa menggunakan soda kue aman untuk semua jenis kain yang akan dibersihkan.

7. Aseton

Pembersih cat kuku atau aseton dapat digunakan untuk menghilangkan noda tinta di baju. Aseton yang digunakan cuku 1-2 tetes pada bagian baju yang terkena tinta. Jumlah ini bisa menyesuaikan dengan lebar noda atau ketebalan noda asalkan semua noda dapat tertetesi. Selanjutnya, siapkan kain bersih untuk menyerap noda tinta tersebut. Rendam baju dalam campuran ½ sendok deterjen dan air hangat selama 30 menit. Terakhir, cuci baju seperti biasa. Perlu diwaspadai bahwa aseton sangat mudah menguap sehingga jangan lupa untuk menutup wadah aseton.

8. Dry cleaning

Dry cleaning dapat diperoleh di supermarket. Cara menghilangkan noda tinta di baju menggunakan dry cleaning menyesuaikan dengan instruksi yang ada pada kemasan. Selanjutnya, angkat noda dengan menekan bagian noda menggunakan kain bersih.

Beberapa hal yang perlu diingat saat menghilangkan noda tinta adalah tidak menggosok noda melainkan menotol agar noda tidak semakin melebar. Saat menerapkan cara menghilangkan noda tinta di baju, cobalah bahan yang digunakan di bagian baju lain untuk memastikan bahan tidak merusak baju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *