Cara Menghilangkan Noda Lem Super (Cepat dan Mudah!)

Posted on 129 views

Lem atau perekat adalah benda yang menolong kesulitan manusia. Ada banyak jenis lem yang banyak beredar di pasaran, salah satunya adalah lem super. Lem ini memiliki banyak kegunaan dalam berbagai lini kehidupan manusia. Meskipun banyak gunanya, namun mungkin agak menyebalkan jika lem ini mengenai tangan, bagian tubuh yang lain, hingga menempel di benda-benda lain yang tidak diinginkan. Lalu bagaimana cara menghilangkan noda lem super ini?

Cara Menghilangkan Noda Lem Super pada Berbagai Macam Bahan

Lem super adalah bentuk kegagalan yang bermanfaat bagi manusia. Awalnya, lem ini tidak dimaksudkan sebagai perekat, namun dimaksudkan untuk membuat material pembidik pistol dari plastik bening. Siapa sangka produk gagal ini justru membawa manfaat bagi manusia. Lem ini terkenal keampuhannya dalam merekatkan benda-benda termasuk juga jari-jari tangan.  Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan noda lem super di berbagai macam tempat.

1. Menghilangkan noda lem dari kulit

Kulit adalah tempat paling sering terkena noda lem super. Apabila bekas lem sudah kering, Anda bisa melunakkannya kembali dengan air hangat atau air panas. Silakan disesuaikan dengan ketahanan kulit masing-masing. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan air sabun, aseton, vaselin, dan sebagainya.  Namun Anda harus hati-hati jika menggunakan aseton. Jangan menggunakan aseton jika anda memiliki luka kulit yang terbuka. Selain itu, aseton juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

Untuk membersihkan noda lem super, tuangkanlah aseton pada mangkok. Tambahkan sedikit air untuk meminimalisir iritasi pada kulit sensitif. Celupkanlah bagian tangan Anda yang terkena lem super selama kurang lebih 3 menit. Gosokkan jari-jari yang terkena noda lem super hingga rontok. Apabila belum juga rontok memaksa untuk melepaskannya. Apabila terasa sudah bersih, bilaslah dengan sabun. Itu tadi cara menghilangkan noda lem super pada kulit.

2. Menghilangkan noda lem dari pakaian

Sebelum Anda menghilangkan noda lem super, perhatikan petunjuk perawatan dan pencucian baju yang ada pada label baju. Sebelum menghilangkan nodanya, keringkan terlebih dahulu. Setelah itu, gosoklah pakaian yang terkena lem. Jika tidak berhasil, Anda bisa mencoba menggunakan aseton. Selain dapat digunakan untuk menghilangkan noda lem super pada kulit, aseton bisa juga digunakan untuk membersihkan noda lem super pada pakaian. Namun Anda mesti hati-hati karena tekstur kain yang lembut bisa menjadi pudar. Agar lebih amannya, coba dahulu di bagian pakaian yang tak terlihat. Jika sudah bersih dari noda lem, cucilah dengan detergen agar bagian tersebut bersih dan segar.

3. Menghilangkan noda lem dari benda kaca

Apabila ada benda kaca terkena lem super, Anda bisa menggosoknya dengan benda tajam seperti pisau atau silet. Apabila noda lem sudah berhasil diangkat, Anda bisa menghabisi sisanya dengan air sabun hangat. Cairan lain seperti aseton atau alkohol dapat digunakan pula untuk mengangkat sisa lem. Demikian adalah cara menghilangkan noda lem super pada benda kaca.

4. Menghilangkan noda lem dari bibir

Bibir adalah bagan tubuh yang rawan pada manusia. Apabila bibir Anda terkena lem super, segeralah bertindak dan jangan ditunda-tunda. Ada cara menghilangkan noda lem super apabila mengenai bibir. Pertama-tama, ambillah mangkok dan isi dengan air hangat. Setelah itu rendamlah bibir Anda ke dalam mangkok sekitar dua menit. Agar lem super cepat melunak, basahilah bibir Anda dengan air liur dari bibir. Air hangat bekerja dari luar sementara air liur mencoba melunakkannya dari dalam mulut. Apabila noda lem telah mengelupas, jangan telan noda lem tersebut.

5. Menghilangkan noda lem dari kayu, batu, logam, dan benda berpermukaan halus

Pertama-tama, lihat apakah lem tersebut mudah mengelupas atau tidak. Jika tidak, Anda bisa menggunakan aseton. Namun Anda perlu berhati-hati apabila yang Anda bersihkan adalah kayu berlapis pernis. Aseton yang kuat pun bisa merusak benda-benda yang memiliki bahan batu atau logam apabila Anda ceroboh dalam melakukannya.

Untuk membersihkan menggunakan aseton, Anda bisa menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke dalam larutan zat aseton. Secara hati-hati gosokkan kain tersebut pada bagian yang terkena lem. Apabila noda lem sudah mengelupas, Anda bersihkan bagian tersebut dengan air sabun hangat. Pada bagian akhir, lakukan pemolesan dengan minyak zaitun atau malam pada benda berbahan kayu.

Selain aseton, ada alternatif bahan lain yang bisa Anda pergunakan seperti sari lemon dan alkohol. Di samping menggunakan bahan-bahan pembersih seperti itu, ada cara lain yang cukup ekstrem yang bisa Anda terapkan. Pada benda berbahan kayu, Anda bisa mengampelas bagian yang terkena noda lem super. Bagian yang hilang karena pengampelasan tersebut dapat Anda perbaiki dengan cara memberinya pelitur, minyak, cat atau yang lain sehingga benda berbahan kayu tersebut dapat kembali seperti sedia kala. Demikian tadi adalah cara menghilangkan noda lem super pada benda berpermukaan halus.

6. Menghilangkan noda lem dari mika transparan

Di balik kelebihannya sebagai perekat berkekuatan super, lem super juga harus diwaspadai ketika secara tidak sengaja mengotori tempat yang bukan semestinya.  Apabila lem tersebut mengenai benda berbahan mika transparan, maka benda tersebut akan menjadi semakin lekat. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan ampelas sehingga permukaannya menjadi mengelupas. Anda bisa menggunakan dua jenis ampelas, yaitu ampelas ukuran 400 dan 2000. Pertama, Anda bisa menggunakan ampelas 400 untuk mengampelas bahan yang terkena lem. Potonglah ampelas sesuai kebutuhan kemudian usaplah sambal dibasuh dengan air. Bekas goresan pada pengampelasan pertama dapat dihilangkan dengan ampleas 2000. Apabila sudah cukup, proses kompon dapat dilaksanakan hingga permukaan mika menjadi jernih.

Demikian tadi beberapa cara menghilangkan noda lem super pada beberapa benda. Jika Anda menjadi korban lem super yang salah tempat, semoga Anda berhasil membersihkan nodanya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *