Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju (Efektif!)

Posted on 8 views

Mengenakan baju kesayangan di saat acara penting seperti pesta adalah hal yang menyenangkan. Hanya saja itu bisa menjadi sesuatu yang menyedihkan jika saat ingin mengenakannya malah terlihat noda yang mengganggu. Noda tersebut biasanya karena makanan yang tidak sengaja jatuh di atas baju. Noda yang dirasa paling sulit untuk dihilangkan adalah noda kunyit. Noda kunyit yang menempel pada baju pasti sangat mengganggu apalagi untuk baju yang berwarna kuning. Baju menjadi tidak terlihat jelek. Anda jangan cemas dengan noda tersebut. masih ada cara menghilangkan noda kunyit di baju.

7 Cara Mudah Menghilangkan Noda Kunyit di Baju

Noda kunyit memang dikenal sebagai salah satu noda yang sulit dan membandel untuk dihilangkan. Untuk menghilangkan noda tersebut tidak cukup jika mencucinya dengan menggunakan sabun ataupun menggunakan detergen. Kalaupun menggunakan pemutih itu hanya bisa dipakai untuk baju yang berwarna putih saja. Lalu bagaimana dengan baju yang mempunyai warna lain. Jika dipaksakan memakai pemutih maka warna baju bisa pudar semua. Anda bisa mencoba cara menghilangkan noda kunyit di baju berikut ini supaya baju tetap cantik.

1. Dicuci Menggunakan Jeruk Nipis

Cara menghilangkan noda kunyit di baju yang pertama adalah menggunakan jeruk nipis. Caranya sangat mudah. Potonglah jeruk nipis menjadi beberapa bagian supaya air jeruk keluar. Selanjutnya, Anda cukup menggosokkan jeruk nipis pada bagian baju yang terkena noda kunyit. Kucek dengan benar. Noda kunyit akan hilang dengan mudah saat proses pengucekan. Setelah itu, cuci dengan sabun cuci. Baru kemudian bilas dan keringkan baju. Kalau tidak mempunyai jeruk nipis maka bisa juga menggunakan jeruk yang lain seperti jeruk lemon. Langkahnya juga sama dengan menggunakan jeruk nipis.

2. Rendam Dengan Air Soda

Air soda juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda kunyit pada pakaian. Cara menghilangkan noda kunyit di baju memakai soda juga sangat mudah. Gunakan soda putih yang rasanya tawar atau tidak mengandung gula. Jangan menggunakan soda yang berasa karena soda berasa tidak efektif menghilangkan kunyit justru malah merusak pakaian. Cara membersihkan noda kunyit tersebut cukup rendam baju yang terkena noda kunyit dengan air soda tawar. Rendam selama 1 malam. Setelah satu malam, cuci menggunakan sabun. Kemudian bilas hingga bersih. Noda kunyit pada baju pasti hilang.

3. Pasta Baking Soda

Menggunakan baking soda juga merupakan cara menghilangkan noda kunyit di baju. Baking soda adalah salah satu bahan untuk membuat adonan roti mengembang. Langkah pertama adalah Anda harus membuat pasta baking soda dengan cara campurkan baking soda dengan sedikit air. Saat membuat pasta, jangan membuat yang terlalu encer. Setelah itu oleskan pasta baking soda pada baju yang terkena noda secara merata. Biarkan selama sehari semalam supaya baking soda bekerja. Kemudian, kucek baju dengan menggunakan sabun cuci atau detergen. Langkah terakhir adalah bilas baju dengan menggunakan air bersih.

4. Bersihkan Dengan Air Cuka

Cara menghilangkan noda kunyit di baju berikutnya adalah menggunakan air cuka. Cuka bukan hanya bisa untuk membuat acar sebagai pelengkap makanan. Cuka ternyata salah satu bahan dapur yang bisa menghilangkan berbagai noda pada pakaian termasuk noda kunyit. Caranya basahi baju yang terkena kunyit dengan menggunakan air terlebih dahulu. Kemudian, oleskan sabun cuci pada baju yang terkena kunyit. Diamkan terlebih dahulu paling tidak selama 30 menit. Lalu tuang sedikit cuka untuk mengilangkan noda yang masih menempel pada pakaian.

5. Memakai Garam

Lagi-lagi bahan dapurlah yang bisa digunakan untuk membersihkan noda pada baju. Masyarakat belum banyak yang menyadari kalau garam ternyata bisa dipakai sebagai penghilang noda kunyit. Tidak perlu mengeluarkan uang berlebih atau repot-repot mencari bahannya. Di setiap rumah pasti sudah tersedia garam. Penggunaannya juga sangat simpel cukup dengan bahasi baju yang terkena kunyit. Setelah itu, taburi garam dapur di atasnya. Rendam baju selama 20 hingga 30 menit. Kemudian, cuci baju menggunakan sabun seperti biasa. Kucek-kucek baju hingga noda hilang. Terakhir bilas hingga bersih.

6. Parutan Lengkuas

Lengkuas merupakan bumbu dapur yang dipakai untuk memasak walaupun tidak semua masakan bisa memakai lengkuas. Kenyataannya lengkuas ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan noda kunyit pada baju. Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah parut lengkuas. Kemudian gosok-gosokkan parutan lengkuas pada pakaian yang terkena kunyit. Jika masih terdapat noda yang menempel terus saja gosokkan lengkuas parut di baju. Jika sudah cuci baju dengan sabun untuk menghilangkan bau lengkuas dan memastikan baju kembali bersih. Jika sudah jangan lupa mencuci tangan memakai sabun. Itulah cara menghilangkan noda kunyit di baju dengan menggunakan kunyit.

7. Air Kapur Sirih

Bahan lainnya yang bisa dipakai untuk menghilangkan noda kunyit adalah memakai air kapur sirih. Caranya juga sangat mudah dan sederhana. Anda langsung saja oleskan air kapur sirih pada bagian baju yang terkena noda kunyit. Supaya lebih bersih, kucek baju tersebut kalau memang diperlukan gosok menggunakan sikat baju. Setelah kelihatan bersih, bilas baju hingga bersih. Baru keringkan.

Sekarang tidak perlu takut lagi memasak atau memakan makanan yang mengandung kunyit. Baju yang tidak sengaja terkena kunyit bisa hilang dengan mudah karena saat ini sudah ada berbagai cara menghilangkan noda kunyit di baju. Semua cara tersebut sangat sederhana dan menggunakan bahan yang tersedia di rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *