Cara Menghilangkan Noda Aspal di Mobil (Aman dan Mudah!)

Posted on 138 views

Kadang muncul perasaan kesal ketika melihat mobil kesayangan yang baru dicuci bersih menjadi kotor karena terkena noda. Apalagi jika noda itu bukanlah noda-noda sepele seperti noda karena lumpur atau percikan air hujan. Kadang mobil juga bisa terkena noda seperti aspal baru. Jika terkena noda aspal, proses pembersihan yang dilakukan juga tidak bisa sembarangan. Salah membersihkan, lapisan cat mobil bisa jadi rusak. Jika memiliki masalah seperti ini, sebaiknya Anda mengetahui sebuah cara menghilangkan noda aspal di mobil tanpa membuat cat mobil menjadi rusak.

Cara Menghilangkan Noda Aspal di Mobil agar Lapisan Mobil Tidak Rusak

Membersihkan noda aspal di mobil dengan cara sembarangan bisa merusak lapisan mobil. Diperlukan cara khusus agar cat mobil tetap terjaga seperti sedia kala. Ada beberapa bahan dan alat yang perlu Anda persiapkan sebelumnya. Bahan dan alat yang diperlukan cukup murah dan sederhana yaitu, lap yang lembut (dalam kondisi bersih tentunya) dan cairan pembersih seperti tar remover. Berikut ini adalah cara menghilangkan noda aspal di mobil dengan aman tanpa membuat lapisan cat menjadi rusak.

1. Bersihkan terlebih dahulu badan mobil yang terkena noda aspal dengan air bersih lalu keringkan

Sebelum membersihkan aspal yang menempel pada badan mobil, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu bagian tersebut dengan air bersih agar debu dan kotoran ringan lainnya menjadi hilang. Pembersihan ini dilakukan agar proses penghilangan noda aspal menjadi lebih mudah dilakukan. Kotoran-kotoran yang menempel akan membuat proses pembersihan menjadi agak terganggu.

2. Semprotkan tar remover pada bagian tubuh mobil yang terkena aspal secara merata

Cara menghilangkan noda aspal di mobil adalah menggunakan tar remover. Tar remover adalah bahan pembersih yang diformulasikan untuk membersihkan badan luar kendaraan dari berbagai kotoran/ noda seperti aspal, getah pohon, kotoran hewan, dan sebagainya. Tar remover memang dibuat dengan berbagai formula zat khusus agar tidak merusak lapisan cat kendaraan. Jarak semprot tar remover ke bagian tubuh mobil yang akan dibersihkan adalah sekitar 20-30 cm.

3. Tunggu selama beberapa saat agar cairan yang disemprotkan bekerja melelehkan aspal

Tax remover mampu bekerja secara cepat membersihkan noda aspal di badan mobil. Biarkan cairan selama sekitar 5 hingga 10 menit agar cairan bekerja membersihkan noda aspal yang menempel di badan mobil.

4. Usapkan lap lembut pada bagian mobil yang disemprot tar remover

Pergunakan lap yang lembut dan bersih untuk membersihkan badan mobil yang  sudah disemprot dengan tar remover. Cara menghilangkan noda aspal di mobil dengan lap yang kasar akan membuat permukaan mobil menjadi lecet dan rusak. Lap yang digunakan untuk mengelap badan mobil tersebut akan membawa noda aspal yang menempel pada badan mobil. Lakukan secara perlahan agar tidak membuat lapisan cat mobil menjadi rusak.

5. Apabila noda dalam keadaan keras, jangan pernah memaksa menggosoknya secara keras karena bisa merusak cat

Jika noda aspal yang menempel pada badan mobil cukup keras dan bandel, sebaiknya Anda tidak perlu memaksa menggosoknya terlalu keras. Bersihkan secara perlahan menggunakan tar remover secara bertahap dan berulang agar noda aspal menjadi mengelupas dan lapisan luar mobil Anda juga tidak rusak.

6. Cuci atau bilas bagian tersebut untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna

Apabila badan mobil yang terkena aspal sudah bersih nodanya, cuci atau bilas bagian tersebut dengan air bersih agar mendapatkan hasil yang lebih sempurna.

7. Bila perlu bersihkan dengan wax agar permukaan mobil terlihat berkilap.

Setelah bersih dan kering, tidak ada salahnya jika Anda juga melakukan tindakan lanjutan seperti melakukan wax agar warna mobil yang terang tetap terlindungi dan menjadi tidak kusam.

Demikian tadi cara menghilangkan noda aspal di mobil menggunakan tar remover. Cara membersihkan noda aspal pada mobil ini tergolong mudah dan murah. Anda tinggal memilih satu dari beberapa merek tax remover yang ada di pasaran.

Selain tar remover, Anda juga bisa menggunakan clay bar. Clay ini berfungsi untuk scrubbing, seperti pembersih kotoran pada wajah. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, clay (bahasa Inggris)  berarti tanah liat. Namun clay di sini bukan berarti tanah liat sesungguhnya, namun hanya mirip tekstur tanah liat yang bersifat lembek. Clay bersifat mengikat kotoran. Jika dipakai untuk membersihkan, clay sebaiknya dalam kondisi bersih dan basah.

Berikut ini adalah cara menghilangkan noda aspal di mobil dengan menggunakan clay.

  1. Siapkan beberapa bahan dan alat untuk membersihkan noda aspal, seperti clay, air, kain halus, dan sabun cuci mobil.
  2. Sebelum dibersihkan menggunakan clay, bersihkan bagian mobil yang terkena aspal dengan air dan sabun cuci mobil agar debu yang menempel hilang.
  3. Celupkan clay bar pada sabun cuci mobil dan poles permukaan cat yang terkena noda.
  4. Usapkan secara horizontal atau vertikal pada bagian tubuh mobil yang kotor. Jangan menggosok dengan arah memutar.
  5. Bersihkan secara perlahan bagian mobil tersebut.

Untuk membersihkan noda aspal, jangan pernah pergunakan sembarang cairan pembersih. Menurut para ahli, untuk membersihkan noda aspal sebaiknya tidak menggunakan cairan seperti minyak kayu putih, minyak tanah, atau bensin. Cairan tersebut lama kelamaan dapat menjadikan cat menjadi kusam.

Setelah Anda mengetahui cara menghilangkan noda aspal di mobil, semoga mobil Anda menjadi bersih tanpa harus mengelupas catnya. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *