Aneka Cara Menghilangkan Komedo Putih

Posted on 88 views

Cara menghilangkan komedo putih bisa dilakukan dengan memanfaatkan beberapa alami seperti lidah buaya, madu, lemon, dan sebagainya. Namun, sebelum membahas bagaimana penggunaan dari bahan-bahan alami tersebut, Anda perlu mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan komedo putih di wajah. Salah satu gangguan pada wajah ini bisa muncul apabila terjadi produksi minyak berlebih di wajah, keringat, konsumsi makanan berminyak, atau penggunaan produk tertentu pada wajah. Karena itu, untuk mencegahnya Anda harus meminimalisir faktor-faktor penyebabnya. Apabila telah terjadi, salah satu yang bisa dilakukan untuk mengatasi komedo putih di wajah adalah mempraktekkan apa yang akan disampaikan berikut ini.

Cara Menghilangkan Komedo Putih Dengan Bahan Alami

Merawat wajah atau mengatasi gangguan pada wajah tidak harus dengan datang ke klinik pusat perawatan wajah. Anda bisa memanfaatkan berbagai bahan alami yang mudah ditemukan seperti beberapa bahan berikut ini.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe Vera merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan manfaat, termasuk menghilangkan komedo putih. Untuk mengambil manfaat dari lidah buaya dalam menghilangkan komedo putih, Anda hanya perlu mengambil daun lidah buaya secukupnya lalu ambil bagian gel putihnya dan haluskan. Selanjutnya, aplikasikan ke wajah sambil dipijat perlahan selama sekitar 3-4 menit. Setelah dibiarkan selama 10 menit, barulah Anda bisa membilas wajah dengan air. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda juga bisa mencampurkan gel lidah buaya dengan 1 sdt air jeruk sebelum diaplikasikan ke wajah. Kebiasaan ini bisa Anda lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

2. Buah Stroberi

Buah stroberi yang kaya akan vitamin A dan C juga sangat baik untuk menghilangkan komedo putih atau whiteheads. Untuk mengambil manfaat tersebut, Anda bisa menghaluskan buah stroberi terlebih dahulu lalu menuangkan 1 sdm madu. Setelah diaplikasikan ke wajah, biarkan selama 15 menit. Terakhir, bersihkan wajah dengan air. Kebiasaan ini bisa dilakukan 2 kali seminggu.

3. Madu alami

Madu alami atau madu organik mengandung agen antibakteri yang akan menghilangkan komedo putih secara efektif. Selain itu, bahan ini juga akan membantu menyegarkan sekaligus melembabkan kulit wajah. Cara mengatasi komedo putih dengan bahan ini bisa dilakukan hanya dengan 1 sdt madu alami yang dihangatkan. Setelah diaplikasikan ke bagian wajah dan dibiarkan selama 20 menit, bilas wajah dengan air. Apabila dilakukan serutin mungkin, komedo putih di wajah akan cepat hilang.

4. Pasta gigi putih

Bagian putih pada pasta gigi bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo hanya dalam beberapa jam. Anda hanya perlu menutup permukaan wajah yang berkomedo putih dengan menggunakan pasta gigi putih non gel. Setelah dibiarkan selama setengah jam, Anda bisa membasuhnya dengan menggunakan air. Untuk hasil yang efektif, silakan ulangi kebiasaan ini 1-2 kali dalam sehari.

5. Air Sari Kentang

Kentang merupakan salah satu bahan yang tidak hanya dapat menghilangkan jerawat dan mengencangkan pori. Bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi komedo putih di wajah. Apabila di dapur terdapat kentang, Anda bisa memanfaatkannya dengan mengambil air sarinya. Jadi, pertama-tama, kupas kentang mentah dan cuci bersih. Selanjutnya, lembutkan kentang tersebut dengan diparut atau diblender. Setelah diambil air sarinya, aplikasikan ke bagian wajah yang ada komedo putihnya dengan menggunakan cotton ball atau kapas korek telinga. Setelah didiamkan selama kurang lebih 11 menit, barulah basuh wajah dengan menggunakan air. Agar hasilnya lebih efektif, Anda bisa melakukan kebiasaan ini setiap hari.

6. Putih Telur

Walaupun ketika diaplikasikan di wajah akan terasa amisnya, namun khasiat putih telur yang kaya protein untuk mengatasi komedo putih tidak bisa diabaikan begitu saja. Anda hanya perlu mengambil bagian putih dari sebutir telur. Apabila ingin optimal, Anda bisa mencampurkan sdm madu ke dalamnya sebelum diaplikasikan ke wajah. Selanjutnya, aplikasikan bahan tersebut ke wajah lalu biarkan selama kurang lebih 15 menit. Untuk menghilangkan bau amisnya, Anda bisa menggunakan air hangat untuk membasuhnya. Awal pengaplikasian bisa dilakukan 1-2 kali dalam seminggu. Namun, untuk selanjutnya Anda bisa mengaplikasikan 2 minggu sekali.

7. Uap

Uap yang hangat dari air panas akan berguna untuk membuka sumbatan komedo putih pada pori sekaligus membersihkannya. Apa yang harus Anda lakukan cukup mudah. Anda hanya perlu semangkuk air panas beruap dan sebuah handuk. Selanjutnya, tempatkan wajah menghadap ke uap yang keluar dari mangkuk. Setelah berada dalam posisi tersebut selama kurang lebih 5-8 menit, Anda bisa mengetuk lembut permukaan kulit dengan menggunakan handuk. Kebiasaan ini hanya perlu Anda lakukan seminggu sekali saja. Khusus untuk yang memiliki kulit berminyak, kebiasaan ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo putih di wajah. Dari beberapa bahan alami di atas, manakah yang sudah pernah Anda ambil manfaatnya untuk merawat kulit?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *