Cara Menghilangkan Komedo Hitam yang Paling Ampuh

Cara menghilangkan komedo hitam biasanya dengan menggunakan produk kosmetik atau pun melakukan perawatan facial di salon. Cara tersebut memang sangat efektif tetapi ada juga yang tidak cocok memakai treatment tersebut. Komedo adalah bintik-bintik kecil yang berisi lemak dan letaknya berada di sekitar hidung dan dagu. Ada dua jenis komedo yaitu komedo hitam dan komedo putih. Kosmetik untuk penghilang komedo putih dan hitam biasanya tak jauh beda.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam dengan Bahan Alami

Hal yang selalu dikeluhkan oleh wanita kebanyakan jika tidak pergi ke salon secara rutin yaitu menumpuknya komedo. Sebagian besar kaum hawa lebih memilih perawatan di salon untuk menghilangkan komedo dengan cara facial. Namun, ada juga wanita yang tidak menyukai treatment tersebut karena menyakitkan. Ada yang memilih menggunakan pore pack yaitu sejenis plester khusus untuk menghilangkan komedo. Tetapi bagi Anda yang ingin mengusir komedo terlebih lagi komedo hitam bisa menggunakan bahan alami. Menggunakan bahan alami tentu saja lebih aman dan tidak memiliki efek samping.

1. Uap air panas

Tahukah Anda air panas ternyata juga ampuh dalam membersihkan komedo? Uap air panas tersebut nantinya bisa membantu mengontrol kadar minyak pada wajah. Hasilnya nanti wajah akan terhindarkan dari jerawat dan komedo. Caranya rebus air sampai mendidih kemudian tuangkan pada wadah dan dekatkan wajah Anda pada air panas tersebut. Lakukan selama 5 menit sambil menekan komedo hingga keluar. Setelah itu Anda bisa mengelap wajah dengan handuk kering.

2. Lemon

Cara menghilangkan komedo yang paling ampuh dengan menggunakan bahan alami adalah memakai lemon. Lemon memang sudah dikenal sebagai buah untuk kecantikan sejak dulu. Di dalam buah tersebut terkandung zat antioksidan tinggi dan vitamin C yang nantinya bisa membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah. Selain bisa membersihkan komedo hitam maupun putih, lemon juga bisa mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah dan mencegah timbulnya jerawat.

Cara membersihkan komedo hitam dengan lemon adalah iris buah lemon menjadi dua bagian kemudian oleskan pada area wajah yang ada komedonya. Oleskan lemon sambil dipijat-pijat dan lakukan perawatan tersebut 2-3 kali seminggu. Komedo hitam dan putih pun akan segera lenyap dari wajah dan lemon juga mencegah timbulnya bekas komedo pada area hidung.

3. Lidah buaya

Sudah menjadi resep turun temurun jika lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki khasiat untuk merawat kecantikan. Cara membersihkan komedo hitam dengan lidah buaya sangat disarankan. Mengapa? Karena tanaman tersebut memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk kulit. Caranya ambil lidah buaya yang masih segar kemudian iris menjadi beberapa bagian. Sebelumnya lidah buaya harus dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu usap-usapkan gel lidah buaya pada wajah dan diamkan selama 5-10 menit. Bilas wajah dengan air bersih dan lakukan treatment tersebut 2-3 kali seminggu.

4. Putih telur

Putih telur merupakan salah satu bahan alami penghilang komedo hitam. Putih telur yang dijadikan masker nantinya juga bisa membuat kulit wajah menjadi kencang. Caranya ambil satu butir telur dan pisahkan dengan kuningnya. Cuci wajah Anda terlebih dahulu menggunakan air hangat kemudian oleskan putih telur ke wajah. Diamkan sampai mengering 5-10 menit lalu bilas sampai bersih. Treatment tersebut harus dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

5. Garam

Garam adalah salah satu bahan alami yang fungsinya bisa menghilangkan komedo pada wajah. Garam tersebut nantinya bisa menjadi scrub yang bisa mengangkat kotoran di wajah. Caranya taruh 3 sendok makan garam dapur ke dalam satu gelas air. Anda tidak perlu mengaduknya karena nanti garam akan mengkristal yang nantinya bisa berguna sebagai scrub. Sebelumnya cuci muka Anda menggunakan air hangat dan kemudian cuci lagi dengan air garam tersebut. Kemudian biarkan selama 15 menit sampai kering dan cuci kembali wajah Anda menggunakan air bersih.

6. Gandum

Gandum juga memiliki khasiat sebagai pembersih komedo yang paling ampuh, bahkan komedo yang sangat membandel sekalipun. Caranya campur tepung gandum dengan sedikit air hangat sampai menjadi pasta. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit atau sampai mengering lalu bilas.

7. Kacang kedelai

Kacang kedelai juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo hitam. Caranya rendam kacang kedelai selama 4-5 jam. Setelah itu blender kedelai sampai halus dan jadikan masker. Oleskan pada wajah dan tunggu sampai kering baru dibilas.

Ketujuh bahan alami untuk menghilangkan komedo hitam di atas sudah terbukti ampuh. Anda bisa memilih salah satu untuk perawatan wajah. Apabila menggunakan secara rutin maka komedo niscaya akan hilang dan wajah pun akan bersih dan mulus. Dengan bahan alami tersebut juga terbukti lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *