Cara Menghilangkan Komedo Dengan Garam

Cara menghilangkan komedo dengan garam bisa dilakukan hanya dengan beberapa langkah mudah. Namun, sebelum itu, mengapa menggunakan garam untuk menghilangkan komedo? Pertama, garam mengandung agen antibacterial yang dapat membunuh bakteri pemicu komedo dan masalah kulit lainnya seperti jerawat. Selain itu, berbagai vitamin dan mineral yang ada pada garam juga berguna dalam detoksifikasi. Dengan begitu, zat ataupun darah kotor penyebab munculnya komedo bisa diminimalisir. Lalu, bagaimana cara menghilangkan komedo dengan menggunakan salah satu bahan dapur ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Beberapa Cara Menghilangkan Komedo dengan Garam

Ada beberapa cara yang bisa dipraktekkan apabila Anda ingin menghilangkan komedo membandel di wajah dengan menggunakan garam, yaitu:

1. Aplikasi garam dan madu

Bahan yang Anda butuhkan untuk mencoba cara pertama ini hanyalah 1 sdt madu murni, 2 sdt air hangat, dan 1 sdt garam. Campuran bahan tersebut kemudian diaplikasikan ke wajah yang berkomedo dan dibiarkan selama 15 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air. Apabila ingin menghilangkan komedo secara maksimal, Anda bisa menerapkan kebiasaan ini sehari sekali secara teratur.

2. Aplikasi garam dengan Lemon

Lemon mengandung asam sitrat dan vitamin C yang akan sangat bermanfaat bagi kulit. Apabila dicampurkan dengan garam sesuai cara penggunaan yang tepat, maka keduanya akan memberikan banyak manfaat bagi kulit. Anda hanya perlu mempersiapkan 1 sdt air sari lemon dan 2 sdt garam. Selanjutnya, aplikasikan campuran tersebut ke wajah yang telah dibersihkan dengan air hangat. Berikutnya, diamkan selama 5-10 menit saja. Terakhir, bilas wajah dan aplikasikan pelembab apabila permukaan kulit terasa kering. Cara yang kedua ini hanya perlu Anda rutin lakukan seminggu 2 kali.

3. Aplikasi garam dengan lidah buaya

Baik garam maupun lidah buaya merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kulit. Lidah buaya sendiri mengandung zat yang bermanfaat bagi kulit seperti giberin dan polisakarida. Zat-zat tersebut berguna dalam regenerasi sel kulit. Untuk mendapatkan manfaat dari campuran lidah buaya dan garam, berikut caranya. Pertama, siapkan 2 sdt gel lidah buaya dan 1 sdt garam. Setelah dicampurkan secara merata, aplikasikan campuran tersebut ke bagian kulit yang berkomedo. Pengaplikasian bisa dilakukan sambil memijat melingkar. Setelah didiamkan hingga kering, Anda bisa membasuh wajah hingga bersih. Biasakan cara ini sehari sekali.

4. Aplikasi garam dan minyak zaitun

Menghilangkan komedo juga bisa dilakukan dengan menggunakan campuran garam dan minyak zaitun. Untuk mencoba cara ini, pertama-tama Anda harus menyiapkan 2 sdt garam dan 1 sdt minyak zaitun. Setelah keduanya dicampur secara merata, aplikasikan ke wajah yang sebelumnya telah dibersihkan dengan menggunakan air hangat. Selanjutnya, diamkan selama kurang lebih 5 menit. Terakhir, Anda bisa membilas wajah dengan air dan mengeringkan wajah dengan kain bersih. Hasil yang maksimal akan bisa didapatkan jika Anda menerapkan kebiasaan ini sehari sekali secara rutin.

5. Aplikasi garam dan uap air

Cara yang terakhir adalah dengan mencampur garam ke dalam air. Pertama, campur 3 sdt garam ke dalam 4 gelas air yang mendidih. Setelah kompor dimatikan, wajah yang telah dibersihkan dengan air kemudian diposisikan di atas uap dari air yang dicampur dengan garam tersebut. Setelah area wajah mendapat uap selama 5 menit, Anda bisa mengeringkan wajah dengan handuk. Kebiasaan ini bisa dilakukan sehari sekali.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi komedo dengan menggunakan garam yang dicampur dengan bahan-bahan alami lainnya. Dari referensi cara tersebut, cara manakah yang paling ingin Anda coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *