7 Cara Menghilangkan Karat yang Mudah (Ampuh!)

Posted on 215 views

Anda yang memiliki peralatan yang terbuat dari besi atau alumunium pasti pernah melihat beberapa dari benda tersebut mengalami korosi atau yang biasa disebut berkarat. Hal ini wajar terjadi karena pada dasarnya setiap benda yang terbuat dari bahan logam akan mengalami proses korosi. Proses ini bisa terjadi jika bahan logam besi, stainless bahkan baja terkena air terus menerus. Logam yang mengandung besi ini memiliki kemampuan mengikat oksigen yang merupakan bagian dari air. Oksigen yang diikat ini kemudian menyebabkan terjadinya proses oksidasi yang selanjutnya membuat besi berkarat. Sebenarnya karat ini bisa dibersihkan dengan beberapa cara. Ada beberapa cara menghilangkan karat yang mudah dilakukan dan bahan yang digunakan pun tidak sulit didapatkan.

Cara Menghilangkan Karat dengan Mudah Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Ketika Anda menemukan beberapa barang yang mengalami korosi sehingga terdapat karat, tak perlu khawatir karena karat ini bisa dihilangkan. Cara menghilangkan karat pada besi ini juga sangat mudah dan banyak metode yang bisa digunakan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Soda Kue, Garam dan Air Lemon

Cara menghilangkan karat pada stainlessatau besi yang paling sering digunakan karena tergolong paling ampuh adalah dengan menggunakan campuran garam, bubuk soda kue dan sedikit air lemon. Cara menggunakannya sangat mudah. Campurkan masing-masing ½ sendok garam dan soda kue. Jika tidak ada air lemon Anda bisa menggantinya dengan air biasa. Oleskan ke seluruh permukaan barang yang berkarat, tunggu beberapa menit hingga terjadi reaksi dengan karat yang akan membuat karat memudar perlahan-lahan. Jika sudah terjadi reaksi terakhir bersihkan dengan cara dilap dengan kain kering.

2. Air Cuka

Bahan selanjutnya yang juga cukup ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada stainless adalah air cuka. Anda bisa menggunakan air cuka putih untuk hasil yang lebih cepat. Jika tidak ada menggunakan cuka biasa pun bisa namun membutuhkan waktu lebih lama, yaitu seharian penuh. Siram atau rendam barang yang berkarat dengan cuka, diamkan selama 24 jam, lalu gosok dengan penggosok berbahan dasar alumunium foil atau lap biasa. Gosok berulang-ulang hingga karatnya menghilang. Jika sudah menghilang jangan lupa bilas dengan air bersih untuk membersihkan bekas karatnya.

3. Serbuk Asam Sitrat

Alternatif bahan berikutnya yang juga sering dijadikan cara menghilangkan karat pada besi adalah serbuk asam sitrat. Bahan ini bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko dengan nama sitrun. Cara menghilangkannya juga sama dengan saat menggunakan bahan cuka. Bedanya cairan yang digunakan terbuat dari larutan asam sitrat dan sedikit air. Rendam semalaman dan gosok berulang-ulang menggunakan alat pencuci piring dari bahan alumunium foil. Gosok dengan kuat dan berulang-ulang agar hasilnya maksimal.

4. Minuman Bersoda

Selain segar saat diminum, minuman bersoda menjadi cara menghilangkan karat pada besi yang mudah. Cukup rendam barang yang mengandung karat di dalam minuman bersoda dan tunggu selama beberapa waktu hingga terjadi reaksi antara soda dan zat karatnya. Jika sudah, gosok dengan alat penggosok yang bertekstur kasar. Menggosoknya juga harus secara kuat dan berulang-ulang agar karatnya benar-benar menghilang. Langkah terakhir bilas dengan air untuk menghilangkan bekas karat dan usap dengan lap bersih.

5. Amplas

Kalau selama ini Anda tahu amplas digunakan untuk menghaluskan kayu, maka kini Anda harus tahu kalau amplas juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan karat. Cara membersihkannya juga sangat mudah. Tinggal gosok permukaan panci atau benda apapun yang berkarat. Saat menggosok usahakan sambil menekan-nekannya agar karat bisa terangkat dengan sempurna. Jika Anda sudah memastikan karatnya terangkat, selanjutnya bilas dengan air bersih dan usap dengan lap kering yang bersih.

6. Sabun Cuci Piring & Kentang

Selain enak dimakan, kentang juga menjadi bahan yang sangat ampuh untuk mengangkat karat karena kandungan zat-zat yang ada di dalam kentang tersebut. Untuk menghilangkan karat dengan memanfaatkan kentang, pertama potong kentang dan tumbuk atau blender hingga halus. Jika sudah halus, campurkan dengan sabun pencuci piring lalu aplikasikan ke permukaan benda yang berkarat secara merata. Diamkan beberapa saat tujuannya adalah agar zat yang ada di dalam kentang bereaksi dengan zat karat. Jika sudah, gosok dengan menggunakan alat yang permukaannya kasar seperti alat pencuci piring yang terbuat dari kawat atau aluminium foil. Saat menggosok usahakan sambil menekannya agar karat benar-benar terangkat. Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan menggunakan lap kering.

7. Cream of Tartar

Bahan terakhir yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara menghilangkan karat pada stainless yang cukup ampuh. Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kue ini juga sangat ampuh untuk menghilangkan karat terutama pada benda berbahan dasar stainlesssteel. Caranya, tambahkan dulu krim tartar dengan sedikit air lalu oleskan di permukaan benda yang berkarat. Anda bisa mengoleskannya dengan spons lalu gosok secara merata. Cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan karat apalagi jika Anda menambahkan dengan cairan hidrogen peroksida. Setelah digosok bersihkan bekas-bekas karat yang tertinggal dengan menggunakan kain bersih yang kering.

Proses korosi atau perkaratan memang wajar terjadi pada benda-benda yang terbuat dari bahan dasar besi. Jika ada benda berkarat tak sedikit orang yang lebih memilih membuangnya. Namun, kini Anda tak perlu lagi membuang benda-benda berkarat tersebut karena sebenarnya karat bisa dibersihkan menggunakan bahan-bahan dan cara tertentu. Seperti penjelasan tentang cara menghilangkan karat dan bahan-bahan yang bisa digunakan di atas. Dengan bahan-bahan dan cara tersebut, zat yang membuat besi berkarat bisa dihilangkan dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *