Cara Membersihkan Setrika Gosong dan Kotor (Ampuh!)

Posted on 181 views

Wajar jika perkakas rumah tangga pasti akan kotor pada waktunya. Tidak terkecuali dengan perkakas seperti peralatan laudry lebih spesifiknya setrika. Setrika sangat mudah kotor karena berbagai endapan pada pakaian bisa dengan mudah menempel pada permukaan dasar setrika. Endapan yang menumpuk ini kemudian bisa mengganggu proses setrika hingga menyebabkan kegosongan. Adapun cara membersihkan setrika gosong agar dapat digunakan dengan layak kembali akan di ulas di bawah ini.

Bahan-Bahan yang Ampuh untuk Membersihkan Setrika yang Gosong

cara membersihkan setrika gosong

Terdapat banyak bahan-bahan yang bisa kita temui di rumah yang ternyata manfaatnya cukup bagus seperti untuk membersihkan bagian bawah setrika. Selain mudah diperoleh bahan-bahan juga aman untuk dasar setrika. Perlu diingat sebelum pengaplikasian bahan Anda harus mematikan setrika dan mencopot kabel setrika dari colokan agar tidak terjadi konsleting. Selain memastikan setrika dalam keadaan mati pastikan juga penggunaan air tidak terlalu banyak.

1. Garam dan Cuka

Cara membersihkan setrika gosong yang pertama adalah menggunakan campuran larutan garam dan cuka. Larutkan garam dan cuka dengan perbandingan 1 : 2 di dalam sebuah panci yang diisi air. Panaskan panci hingga kedua bahan larut kemudian dinginkan. Setelah dingin gunakan sponge abrasif maupun kain yang kemudian dicelupkan di dalam larutan dan gosokkan kain atau sponge pada permukaan dasar setrika.

Ulangi penggosokan pada alas setrika hingga kerak dan gosong tersamarkan. Untuk kerak yang sulit dihilangkan Anda dapat menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat lembut untuk mengangkat kerak tersebut. Alas setrika yang sudah lebih bersih kemudian lap hingga benar-benar kering dan coba terlebih dahulu pada kain yang tidak digunakan. Apabila setrika tidak lagi lengket berarti setrika Anda sudah bersih.

2. Pasta Gigi

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan adalah pasta gigi. Pasta gigi mengandung agen abrasif dan deterjen yang bagus untuk mengangkat kerak-kerak kotoran sehingga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan setrika yang kotor, gosong maupun berkerak. Faktanya pasta gigi dapat digunakan untuk membersihkan berbagai jenis kotoran yang membandel.

Cara membersihkan setrika gosong menggunakan pasta gigi cukup oleskan pasta gigi pada bagian dasar setrika dan gunakan sikat gigi berbulu sikat lembut untuk menggosok permukaan dasar setrika. Lakukan berulangkali dan jangan terlalu ditekan agar lapisan anti lengket pada permukaan dasar setrika tidak terkelupas. Anda juga bisa menggunakan kain maupun sponge abrasif untuk menggosok permukaan setrika.

3. Daun Pisang

Cara membersihkan setrika gosong lainnya adalah dengan menggunakan daun pisang. Daun pisang memiliki kandungan minyak alami yang bagus untuk mengangkat kerak dan kotoran pada alas setrika. Caranya cukup nyalakan setrika dan atur pada suhu rendah hingga sedang. Tempelkan setrika pada daun pisang dang gosokkan pada permukaan daun pisang hingga permukaan dasar setrika bersih dari gosong dan kerak. Cara ini harus dilakukan berulangkali agar alas setrika bersih lebih optimal.

4. Soda Kue

Soda kue atau baking soda juga bagus digunakan untuk mengangkat kotoran. Begitu juga untuk mengangkat kotoran gosong dan kerak pada plat setrika. Caranya pun cukup sederhana yaitu campurkan baking soda dengan air dan aduk hingga menjadi pasta. Pasta inilah yang kemudian dioleskan pada permukaan plat setrika dan digosok menggunakan kain, sikat gigi, atau sponge abrasif. Ulangi penggosokan hingga kerak dan kotoran atau warna gosong pada plat setrika memudar. Baru kemudian lap bersih plat setrika hingga kering.

5. Garam

Garam saja sebenarnya juga cukup untuk membersihkan plat setrika. Cara membersihkan setrika gosong  dengan garam juga cukup mudah yaitu dengan menaburkan garam pada permukaan sebuah kain yang sudah tidak terpakai tetapi masih bersih. Tekstur garam kemudian bisa membantu menghilangkan atau mengangkat kotoran dan kerak pada plat setrika. Cukup dengan gosokkan setrika pada kain yang sudah ditaburi garam tersebut hingga kerak dan gosong bersih.

6. Koran

Koran dapat digunakan untuk membersihkan permukaan dasar setrika. Cara membersihkan setrika gosong menggunakan koran adalah gosokkan setrika yang sudah dinyalakan pada permukaan koran maka kotoran dan kerak akan terangkat dengan sendirinya. Apabila setrika masih dirasa lengket saat digunakan maka Anda bisa menaburkan garam pada permukaan koran dan menggosokkan setrika berulangkali. Tekstur garam akan membantu membersihkan permukaan setrika dan mengangkat kerak-kerak yang membandel.

7. Lilin

Lilin dapat membantu mengangkat kerak pada plat setrika apabila cara-cara diatas belum berhasil. Caranya dengan nyalakan setrika pada suhu tinggi ketika sudah dirasa panas oleskan lilin pada permukaan setrika yang gosong dan berkerak. Setelah permukaan yang gosong dan berkerak sudah terlapisi oleh lilin lap plat setrika dengan kain hingga bersih. Lakukan tahap ini secara berulang hingga kerak benar-benar bersih dari permukaan plat setrika.

8. Air

Air disini digunakan sebagai pembersih plat dari berbagai bahan tersebut. Setelah setrika dirasa bersih maka plat perlu dilap menggunakan kain yang dibasahi air. Penggunaan air tidak perlu terlalu banyak karena setrika merupakan perlengkapan eletrik dan untuk menghindari konsletting. Lap menggunakan kain yang basah hingga dirasa cukup bersih baru kemudian lap dengan kain yang kering sehingga setrika nantinya siap digunakan kembali.

Itulah cara membersihkan setrika gosong yang terbukti efektif mengurangi gosong dan kerak pada bagian bawah setrika. Setrika yang bersih selain lebih mudah digunakan juga lebih optimal untuk menyetrika pakaian-pakaian menumpuk yang sudah bersih dari cucian. Setrika yang bersih juga akan lebih aman digunakan. Setelah tahap-tahap diatas jangan lupa untuk mengelap kering seluruh bagian setrika untuk menghindari potensi konsletting listrik saat setrika digunakan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *