Cara Mudah Membersihkan Kacamata dengan Benar

Posted on 29 views

Semakin meningkatnya penggunaan layar untuk media komunikasi dan elektronik baik layar handphone, laptop, android, dan komputer menyebabkan perlunya menggunakan kacamata sebagai pelindung mata dari radiasi sinar yang dipancarkan oleh layar monitor. Selain itu, banyak pula yang menggunakan kacamata disebabkan kerusakan mata akibat terlalu lama memandang layar dari media elektronik tersebut. Tetapi, pandangan mata akan kabur jika tidak tahu cara membersihkan kacamata dengan benar karena lensa penuh kotoran dan noda.

Ada 6 Cara Membersihkan Kacamata

Kacamata akan banyak debu dan membuat pandangan mata menjadi kabur jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Titik-titik debu tersebut dapat menyebabkan titik-titik yang mengganggu kejelasan mata memandang. Selain itu, jika tidak benar-benar membersihkan dengan baik akan timbul goresan-goresan di kaca. Goresan ini dapat kecil maupun parah tergantung dengan berat tidaknya kesalahan dalam membersihkan kaca mata. Biasanya goresan terjadi secara permanen dan tidak dapat dihilangkan tandanya. Sehingga terdapat 6 cara membersihkan kacamata dengan baik untuk menghindari goresan pada kaca yang dapat menjadi pengganggu pandangan mata.

  1. Jaga kebersihan tangan

Pastikan untuk menjaga kebersihan tangan karena debu dan kotoran yang melekat dapat membuat lensa kacamata kotor. Selain itu, dikhawatirkan kotoran dan debu tersebut akan memberikan noda dan goresan secara tidak sengaja. Pastikan juga agar menjaga kuku jari tangan dan berhati-hati agar tidak menggores lensa saat melakukan kegiatan pembersihan kacamata. Bersihkan tangan dengan air dan sabun pencuci piring dan keringkan dengan handuk tanpa bulu.

  1. Jaga kebersihan kain yang digunakan untuk membersihkan

Selain tangan yang dijaga kebersihannya, jaga pula kebersihan kain yang akan digunakan untuk membersihkan kacamata. Hal ini adalah hal yang penting dan harus diperhatikan. Pastikan kain diperoleh dari toko kacamata sehingga lebih halus dan aman dari segala macam hal yang menyebabkan terjadinya goresan. Biasanya kain yang digunakan adalah kain microfiber. Kain ini sangat efektif digunakan untuk membersihkan debu dan minyak dengan cara mengeringkan lensa dengan cepat.

Dapat juga membersihkan dengan tisu sebagai pengganti kain. Asalkan membeli tisu yang sekali pakai. Kalau sudah dipakai berulang-ulang, kemungkinan kotoran sudah tertumpuk di tisu tersebut. Tiuplah lensa sebelum membersihkan dengan tisu sekali pakai ini.

  1. Pembilasan dengan Air Hangat

Langkah awal cara membersihkan kacamata dengan mandiri yaitu dengan membilas kacamata dengan air hangat. Pastikan untuk membilas dengan air hangat yang mengalir tidak yang berada dalam tampungan atau wadah. Selain itu, jangan menggunakan air panas untuk membilas karena akan merusak lensa. Kegiatan ini berfungsi sebagai awalan untuk menghilangkan kotoran dan debu. Ditakutkan debu dan kotoran yang tersisa di lensa akan menimbulkan goresan saat lensa dibersihkan. Pembersihan dapat pula dilakukan dengan bantuan pembersih kacamata semprot.

  1. Sabun Cuci Piring

Gunakan sabun cuci piring yang digunakan sebagai cara membersihkan lensa kacamata dan menjaga kebersihan lensa. Sabun cuci piring dapat membersihkan debu dan kotoran sehingga cocok untuk direkomendasikan sebagai pembersih. Karena biasanya sabun ini memiliki kekentalan yang cukup tinggi, maka dalam penggunaannya sebaiknya sedikit saja tidak perlu banyak-banyak. Satu tetes atau dua tetes biasanya sudah cukup. Jika kebanyakan akan berbusa dan kesulitan untuk membersihkan kotoran. Direkomendasikan pula untuk memilih sabun cuci piring yang tidak mengandung pelembab. Pelembab akan membuat lensa menjadi buram karena kekentalannya yang tinggi dibandingkan dengan sabun cuci bebas pelembab.

  1. Pembersihan kerangka atau frame kacamata

Selain lensa, bagian lain pada kacamata yang harus dibersihkan pertama kali adalah bagian kerangka atau frame. Kerangka atau frame adalah bagian yang membingkai lensa. Jika bagian yang membingkai lensa juga kotor dan berdebu, maka kotoran dan debu tersebut dikhawatirkan akan menjalar ke daerah lensa. Bagian frame yang dibersihkan meliputi bagian di kedua sisi lensa, bantalan hidung, pertemuan antara kerangka dan lensa, dan ujung gagang telinga. Pastikan untuk membersihkan dengan hati-hati dan teliti pada semua bagian tersebut. Biasanya di bagian-bagian tersebut terkumpul kotoran, debu, keringat dan minyak dari kulit yang terakumulasi selama beberapa waktu.

  1. Pembersihan lensa kacamata

Cara membersihkan lensa kacamata dengan hati-hati dan tidak terburu-buru. Pastikan untuk membersihkan seluruh bagian lensa. Untuk memastikan bahwa semua air tidak tergenang di salah satu bagian kacamata bahkan di lensa, maka kacamata digoyang-goyangkan. Setelah dipastikan sudah bersih, maka bersihkan noda-noda sabun cuci piring dari lensa. Noda sabun akan menghalangi pandangan pada lensa. Langkah selanjutnya adalah proses pengeringan. Pengeringan dilakukan dengan kain atau tisu sekali pakai. Pastikan bersih tanpa noda dan kotoran. Kemudian letakkan kacamata pada tempat kacamata jika tidak digunakan. Hal ini untuk menjaga agar lensa tidak cepat mengalami kerusakan dan tergores.

Cara-cara pembersihan lensa tersebut cukup efektif jika persediaan cairan pembersih lensa habis dan murah. Atau dalam waktu bepergian lupa untuk membawa cairan pembersih tersebut. Hal lain yang harus diperhatikan sebagai cara membersihkan lensa kacamata adalah jenis lensa. Sebaiknya mengecek terlebih dahulu jenis lensa yang dipunyai bukanlah lensa anti-reflektif. Karena lensa ini dilapisi oleh lapisan anti-reflektif sehingga tidak sembarangan dalam membersihkannya. Selain itu, tanyakan pula ke toko optik rekomendasi kain yang dapat dipakai untuk membersihkan kacamata dengan jenis lensa ini. Hal lain yang harus diperhatikan adalah jangan sampai terdapat goresan pada lensa karena tidak dapat dibersihkan dan kalaupun dapat disamarkan goresannya akan mempengaruhi kejernihan lensa dan tidak cukup membantu penglihatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *