Cara Membersihkan Eyeliner dan Maskara (Cepat dan Efektif!)

Posted on 379 views

Setiap wanita memang disarankan untuk selalu membersihkan wajahnya setelah beraktivitas seharian, terutama jika aktivitas tersebut mengharuskannya untuk memakai make-up. Sayangnya, banyak dari wanita yang malas membersihkannya secara rutin dikarenakan proses yang ribet dan memakan waktu, terutama jika menggunakan make-up waterproof. Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas tentang cara membersihkan eyeliner dan maskara waterproof dengan mudah.

Cara Membersihkan Eyeliner dan Maskara Tanpa Make-Up Remover

Sering ditemui adanya suatu make-up remover yang tidak ampuh untuk membersihkan eyeliner dan maskara hingga bersih dari noda. Tidak hanya itu, jika Anda kerap kali menggunakan cairan remover juga dapat membahayakan kesehatan mata Anda. Pasalnya cairan kimia bisa membuat mata iritasi, bahkan bisa lebih parah lagi. Maka dari itu, berikut ini bebarapa cara membersihkan eyeliner dan maskara yang lebih aman dan tak berbahaya tanpa bantuan make-up remover:

1. Mentimun

Mentimun memang mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan wajah. Termasuk juga menghapus sisa dari eyeliner dan maskara. Caranya cukup mudah yakni dengan menumbuknya hingga halus, lalu gunakan kapas untuk mengoleskannya ke sekitar mata Anda. Cara ini cukup menyegarkan dan pastinya aman.

2. Susu dan Yogurt

Cara membersihkan eyeliner dan maskara yang kedua adalah dengan mencampurkan 3 sampai 3 sendok yogurt dengan 4 sendok susu. Lalu, gunakan kombinasi kedua bahan tersebut sebagai pembersih make-up dan juga foundation. Anda cukup mengoleskannya ke wajah yang terkena make up. Setelah itu, cukup diamkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air yang hangat.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun selain digunakan sebagai bahan memasak juga ampuh menghilangkan noda bekas makara ataupun eyeliner. Caranya yakni dengan menuangkan sedikit saja minyak zaitun ke kapas, lalu langsung usapkan ke area wajah atau mata yang terkena maskara atau eyeliner. Selain dapat membersihkan eyeliner dan maskara, minyak zaitun juga efektif untuk membersihkan bedak ataupun  lipstick.

4. Baby Oil

Cara membersihkan eyeliner dan maskara selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak bayi atau baby oil. Minya ini cukup aman digunakan pada kulit yang sensitif. Caranya tinggal oleskan saja ke bagian yang terkena maskara atau eyeliner menggunakan kapas. Oleskan secara perlahan hingga tidak terlihat bekasnya.

5. Santan

Mungkin jarang yang mengira santan bisa digunakan untuk membersihkan maskara atau eyeliner. Namun, nyatanya santan cukup efektif untuk hal tersebut. Pasalnya, santan memiliki kandungan minyak yang cukup efektif membersihkan noda seperti eyeliner atau maskara. Caranya juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskannya menggunakan kapas dan membilasnya dengan air hangat.

6. Lotion atau Pelembab Wajah

Untuk menghilangkan maskara atau eyeliner dengan lotion atau pelembab wajah, harus diawali dengan mencuci muka terlebih dahulu dan mengeringkannya. Setelah itu, oleskan lotion atau pelembab wajah tersebut secukupnya ke kapas, kemudian usapkan perlahan ke area mata.

7. Air Hangat

Cara membersihkan eyeliner dan maskara yang satu ini merupakan cara yang paling murah dan paling mudah. Cukup basahi waslap dengan air hangat dan kompreskan ke mata. Tunggu beberapa saat, setelah itu keringkan area mata menggunakan kapas atau tisu lembut.

8. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu favorit bahan alami dalam perawatan wajah dan juga make-up. Cukup satu tetes dari gel lidah buaya, usapkan perlahan, setelah itu Anda bisa melihat hasilnya bahwa maskara atau eyeliner yang menempel di mata sudah bersih.

9. Obat Tetes Mata atau Cairan Lensa Kontak

Ternyata obat tetes mata tak hanya berfungsi untuk menjaga mata saja, tapi juga bia untuk membersihkan maskara dan eyeliner yang ada di sekitar mata. Cukup teteskan beberapa tetes dari cairan obat tetes mata atau lensa kontak pada kapas bersih. Setelah itu usapkan dengan agak menekan ke daerah sekitar mata, jika perlu ulangi cara ini beberapa kali hingga maskara menghilang sepenuhnya.

10. Shampo Bayi

Seperti baby oil, bahan dari kandungan yang ada dalam shampo bayi memang aman bagi kulit. Untuk menghilangkan maskara waterproof menggunakan shampo bayi adalah dengan menuangkan cairan shampo tersebut ke kapas bersih, lalu langsung oleskan ke bulu mata.

11. Minyak Jojoba

Cara membersihkan eyeliner dan maskara yang terakhir adalah dengan menggunakan minyak jojoba. Minyak ini adalah salah satu natural oil yang mempunyai banyak sekali manfaat kecantikan. Maka dari itu, tak heran jika bahan alami satu ini sering ditemui terkandung di dalam berbagai produk skincare.

Untuk memanfaatkannya sebagai penghilang eyeliner atau maskara, cukup campurkan minyak jojoba dan air dengan perbandingan yang seimbang 1:1. Anda bisa memasukannya ke dalam suatu wadah dan mengocoknya hingga merata. Tuangkan sedikit cairan tadi di atas kapas, lalu usapkan pada area mata hingga maskara menghilang.

12. Minyak Kelapa

Selain untuk membersihkan maskara dan eyeliner, minyak kelapa ternyata juga akan melembabkan bulu mata dan kulit. Cukup ambil sedikit minyak kelapa dengan jari, lalu pijatkan lembut di area sekitar mata. Lakukan langkah ini beberapa kali, hingga eyeliner atau maskara Anda luntur. Setelah itu, usap dengan kapas bersih.

Anda bisa mencoba berbagai cara membersihkan eyeliner dan maskara di atas di rumah sebagai alternatif untuk make-up remover. Dengan berbagai bahan alami yang tentu saja efeknya akan lebih baik untuk kesehatan wajah dalam waktu yang lama, maka berbagai cara di atas patut untuk dicoba dan diaplikasikan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *