Cara Membersihkan AC Rumah (Mudah dan Cepat!)

Posted on 164 views

Dalam kehidupan modern seperti sekarang sepertinya sudah menjadi hal yang biasa jika memasang sebuah AC di rumah, terutama bagi yang hidup di perkotaan dengan cuaca panas. AC memang menjadi pendingin ruangan paling ampuh dan banyak digunakan oleh kalangan menengah ke atas. Tetapi jika terus digunakan dan tidak memperhatikan perawatan serta kebersihannya, kelamaan performa AC akan menurun dan bisa berakibat kerusakan. Oleh karena itu, dalam ulasan ini akan dibahas mengenai cara membersihkan ac yang dapat Anda coba di rumah.

Beberapa Cara Membersihkan AC (Air Conditioner) yang Dapat Anda Coba

Kamu bisa juga menyimak video di bawah ini

Biasanya terdapat berbagai alasan yang membuat banyak orang tidak memperhatikan perawatan dan kehigienisan AC, yang paling sering karena tidak paham bagian mana yang harus dibersihkan. Sebelum Anda memulai pembersihan sebaiknya matikan dulu AC dengan mencabut stekernya dari colokan listrik. Pada tulisan dibawah ini akan dijelaskan bagian mana saja yang perlu dibersihkan dan bagaimana cara membersihkan ac yang benar.

1. Membersihkan Cover AC Indoor

Bagian ini merupakan yang paling mudah dibersihkan karena letaknya paling luar dan mudah untuk dilepas. Bagian cover sangat sering terkena debu apalagi karena dipasang di ketinggian membuatnya sulit untuk dijangkau saat bersih-bersih. Cara bersihkan ac pada bagian cover, Anda bisa mengelapnya menggunakan lap basah ataupun kemoceng. Untuk hasil yang maksimal jika bisa Anda dapat melepaskan covernya dengan cara melepaskan baut-baut yang menahannya, ini akan mempermudah Anda membersihkan bagian dalamnya. Pembersihan bagian dalam cara memperlakukannya hampir sama yaitu dengan mengelapnya menggunakan lap basah namun untuk noda yang terlanjur membandel Anda juga bisa menambahkan sabun untuk menghilangkan noda tersebut. Sebelum dipasang kembali pastikan dulu cover sudah benar-benar kering.

2. Membersihkan Dust Filter AC Indoor

Sesuai namanya, filter ini berfungsi sebagai penyaring debu supaya tidak sampai memasuki bagian dalam AC. Saat Anda membuka cover AC pasti akan dikejutkan dengan banyaknya debu yang menempel pada bagian ini. Tidak perlu khawatir pasalnya membersihkan dust filter sangatlah mudah, Anda hanya perlu menyikatnya hingga bersih atau bisa juga menggunakan pembersih ac rumah seperti vacuum cleaner. Jika Anda lebih percaya pembersihan dengan air maka Anda bisa mencucinya dan membiarkannya kering terlebih dulu sebelum dipasang.

3. Membersihkan Evaporator AC Indoor

Bagian ini dapat Anda temui sesudah membuka dust filter, untuk membersihkan bagian ini Anda dapat mengandalkan cairan kimia yang digunakan sebagai pembersih ac rumah. Karena memiliki lubang-lubang yang dalam, evaporator tidak akan bersih jika hanya dibersihkan dari debu pada bagian luarnya saja. Maka dari itu Anda perlu menyemprotnya menggunakan cairan khusus tadi agar debu dan kotoran didalamnya dapat keluar dengan sendirinya bersamaan aliran cairan. Sebaiknya jangan pernah mencoba membersihkannya menggunakan air, karena air bisa membuat evaporator berkarat.

Karena bagian ini bersifat paten dan tidak bisa dilepas maka tidak ada pilihan selain membersihkannya di tempat. Selain itu mencopot AC tidaklah semudah yang Anda bayangkan, oleh karena itu siapkan ember untuk menjaga kebersihan ruangan Anda dari sisa cairan kotor ini. Anda juga dapat memasang plastik pada dinding untuk menjaganya agar tidak terkena kotoran yang dikeluarkan evaporator. Untuk keamanan Anda sebaiknya matikan juga sekering yang terhubung dengan stopkontak yang dijadikan colokan AC, hal ini untuk berjaga-jaga jika air memasuki lubang stopkontak.

4. Membersihkan Roller Fan AC Indoor

Roller fan adalah kipas yang berfungsi menghembuskan udara dingin yang dihasilkan AC. Cara bersihkan ac ini bisa Anda lakukan menggunakan bantuan kuas atau bisa juga mengeriknya dengan pisau untuk membersihkan noda yang sudah membandel.

5. Membersihkan Cover AC Outdoor

Bagian luar cover ini sebenarnya tidak perlu dibersihkan secara intens karena Anda hanya cukup mengelapnya saja. Selain itu, dengan membersihkan bagian ini akan membuat tampilan luarnya terlihat lebih bersih. Sempatkan juga untuk membersihkan bagian di dalam cover saat mencopotnya, karena biasanya di dalam cover terdapat banyak tumpukan debu yang bisa merembet ke bagian kipas ataupun radiator. Anda bisa membersihkannya menggunakan lap basah dengan campuran air sabun ataupun deterjen untuk mendapatkan hasil yang bagus.

6. Membersihkan Radiator AC Outdoor

Pembersih ac rumah yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan bagian ini seperti kuas atau sikat gigi. Sebaiknya berhati-hati saat membersihkan bagian kisi-kisi radiator karena bagian ini sangat sensitif dan mudah rusak bila diperlakukan dengan kasar. Lakukan saja pembersihannya secara perlahan asalkan debu yang menempel bisa dihilangkan.

Jika dirasa kotoran atau debu telah memasuki kisi-kisi cukup dalam dan sulit dibersihkan, maka Anda bisa menyemprotnya menggunakan air, namun sebaiknya hindari penggunaan air bertekanan tinggi. Dengan menyemprotnya menggunakan air Anda juga bisa sekalian melakukan pembersihan pada kipas.

7. Membersihkan Kipas AC Outdoor

Karena terletak di bagian luar tentunya bagian-bagian ac outdoor sangat rentang terkena kotoran dan debu. Cara bersihkan ac pada bagian ini Anda perlu membongkar covernya terlebih dahulu agar mendapatkan pembersihan yang maksimal, kemudian Anda bisa membersihkannya dengan lap basah. Lakukanlah pembersihan ini secara berulang-ulang karena biasanya noda pada kipas yang lama tidak bersihkan sangat pekat.

Seperti itulah cara membersihkan ac yang dapat Anda praktekkan untuk menjaga performanya tetap terjaga. Jangan lupa juga untuk selalu membaca buku panduan yang Anda dapatkan saat membelinya, hal ini akan berguna dalam membantu Anda mengetahui bagian-bagian AC dan mempermudah pembongkarannya. Kemudian selalu pasang kembali baut sesuai dengan tempat asalnya, karena cover yang kurang rapat secara tidak langsung akan berpengaruh pada kualitas udara yang dihasilkan AC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *