Aplikasi Editing Video Kualitas Terbaik untuk PC atau Laptop

Posted on 166 views

Tersedia beragam aplikasi edit video dengan fitur unggulan dan spesifikasi yang dapat menyesuaikan kebutuhan pc atau laptop. Dari beragam jenis video editor yang ada pada artikel kali ini akan dibahas beberapa aplikasi video editor yang tergolong kedalam kategori terbaik dengan fitur dan spesifikasi unggulan yang diusung masing-masing aplikasi.

Beberapa aplikasi editor lebih mengunggulkan aspek fitur editor untuk kualitas editing terbaik. Tersedia juga aplikasi editor yang lebih mengusung keringanan operasi namun fungsi editing tetap bekerja dengan apik dengan kinerja yang lebih sederhana. Berikut akan diulas beberapa aplikasi edit vidio yang memiliki spesifikasi cukup baik namun masih tergolong ringan untuk pc atau laptop.

10 Aplikasi Editing Video Ringan dan Terbaik Khusus Laptop atau PC

1. AVS Editing Video

Aplikasi editing video AVS merupakan aplikasi pertama yang akan diulas. AVS memiliki karakteristik ringan untuk dioperasikan pada pc windows xp 32 sekalipun. Kapasitas minimum prosesor yang dibutuhkan adalah Intel Celeron Dual Core 2.2Ghz atau AMD Dual Core 4800+ dan setara. Serta sistem memori minimal 2GB RAM. Keunggulan aplikasi editor AVS adalah video cache yang memudahkan editing video resolusi HD sekalipun dengan mulus.

Fitur editing video lainnya seperti cutting, separating, text, importing audio juga tersedia dan fitur editing video dasar lainnya. Didalam AVS editor telah disediakan lebih dari 300 efek tergantung versi AVS yang terinstall. Semakin update aplikasi semakin banyak jumlah efek yang dibekalkan. Selain efek transisi menarik juga tersedia untuk perpindahan video yang lebih apik dan kreatif.

2. Sony Vegas Pro 13

Sony Vegas Pro merupakan aplikasi video editor besutan Sony yang cukup populer dikalangan editor dengan spesifikasi pc dan laptop minimum namun kinerja editing tetap maksimal. Meskipun Vegas Pro tergolong aplikasi editor dengan fitur yang kompleks namun sistem minimal operasinya masih bisa bekerja dengan optimal untuk pc atau laptop dengan RAM minimal 2GB. Aplikasi edit video Vegas untuk versi diatasnya hanya bisa digunakan untuk laptop atau pc dengan OS 64-bit.

Merupakan aplikasi yang banyak diminati profesional editor wajar jika standar fitur pada Vegas Pro merupakan standar video editor profesional. Fitur mumpuni dan profesional tersebut perlu dipelajari dan dipahami terlebih dahulu pasalnya Vegas Pro merupakan editor video yang sudah cukup kompleks dan lengkap.

Tahap awal editing melalui Vegas Pro cukup sederhana yakni drag video yang ingin diedit atau membuka new project dari halaman awal. Di dalam editor tersedia tiga panel utama yakni panel preview video, panel timeline dibagian bawah dan panel material yang digunakan dalam editing. Ketiga panel tersebut tersedia secara default dan cukup mudah untuk dipelajari bagi pemula sekalipun. Selain video suara juga bisa ditambahkan bahkan diedit melalui audio fx yang tersedia di dalamnya.

3. VirtualDub

VirtualDub merupakan aplikasi video editor yang sangat ringan dan cukup sederhana. Tersedia hanya khusus untuk sistem windows. Aplikasi ini merupakan aplikasi video editor yang gratis dengan kapasitas kecil namun efektif untuk mengedit kebutuhan video yang sederhana.

Fitur yang tersedia di dalamnya adalah fitur cut, remove audio bahkan recording screen atau recording video pada pc atau laptop. Fitur sederhana dan menarik tersebut sudah terbilang cukup mumpuni untuk kebutuhan edit video  yang sederhana dan tanpa repot.

4. Corel Video Studio

Corel merupakan perusahaan aplikasi yang fokus pada aspek kreatif editing. Tidak asing bagi para editor video jika Corel memiliki aplikasi Corel Video Studio. Secara grade atau ranking Corel Video Studio ini berada satu tingkat dibawah Vegas Pro untuk kebutuhan video editing ringan namun kompleks. Sehingga wajar jika Corel Video Studio juga cukup populer sebagai aplikasi video editor ringan dan banyak diminati.

Fitur dan interface di dalam Corel Video Studio cukup sederhana dan mudah dipahami bagi pemula sekalipun. Meskipun sederhana fiturnya sangat lengkap dan nyaris semumpuni Vegas Pro. Fitur dasar seperti cut, trim, audio removal dan efek sangat mudah diakses sehingga sangat membantu pemula.

5. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro merupakan salah satu editor video dengan kelas profesional. Pasalnya Adobe Premiere Pro memiliki fitur yang juga sangat kompleks dan transisi video yang diedit cukup halus dan detail. Memiliki kelas yang sama dengan Vegas Pro dan sering menjadi perbandingan diantara keduanya aplikasi manakah yang paling handal dalam editing video.

Dengan perusahaan software sekelas Adobe sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas editing dari Premiere Pro ini sendiri. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti spesifikasi sistem yang dibutuhkan untuk dapat menginstall Premiere Pro. Karena Premiere Pro bukanlah aplikasi editor yang seratus persen ringan meskipun kelasnya adalah menengah ke atas bahkan profesional.

6. Windows Movie Maker

Dari namanya yang berupa Windows movie maker tentu saja aplikasi ini merupakan aplikasi khusus editing video untuk pc atau laptop berbasis windows. Windows Movie Maker atau WMM tergolong aplikasi editor video ringan dengan fitur editor dasar yang lengkap.

Tampilan muka yang sederhana WMM akan cocok untuk editor kelas pemula yang membutuhkan editing cepat dan ringan. Fitur editor dasar yang lengkap seperti cut, trim, adding audio dan fx sederhana telah disematkan untuk kebutuhan video editting yang mudah dan ringan.

7. Avidemux

Avidemux termasuk kategor aplikasi edit vidio gratis dengan interface yang sama mudahnya dengan windows movie maker. Dibekali fungis dasar editing yang lengkap dan ramah pemula. Keunggulan Avidemux adalah interface dan penggunaannya yang praktis untuk video editting.

Termasuk aplikasi yang cocok untuk kelas pemula dan meskipun begitu filter dan fitur dasar sudah tergolong lengkap. Aplikasi ini juga dibekali tugas pengkodean. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang cocok untuk belajar editing.

Avidemux telah mendukung berbagai format video yakni AVI, DVD, MP4, ASF dan lainnya. Aplikasi gratis ini dapat di download dengan mudah.

8. Camtasia

Camtasia merupakan editor yang mampu berjalan untuk os windows dan mac. Tergolong ke dalam aplikasi ringan Camtasia juga memiliki fitur screen recording dan editing. Paket fitur tersebut akan memberikan kemudahan kegiatan screen recording.

Screen recording dapat juga langsung di edit melalui platform Camtasia. Interface yang sederhana akan mudah dipahami untuk pemula sekalipun. Berbagai fitur editor dasar telah dibekalkan untuk kemudahan editing dan terbilang cukup lengkap untuk platform editor ringan.

9. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio merupakan aplikasi editor yang tidak gratis namun cukup terjangkau dan tergolong bagus digunakan untuk belajar editing kelas pemula. Tersedia untuk berbagai os sistem Pinnacle hadir dengan interface sederhana yang mudah dipahami. Meskipun berbayar Pinnacle menawarkan fitur yang tidak kalah tentunya dengan platform editor gratis lainnya.

Meskipun digunakan untuk kelas pemula namun kualitas editing dan rendering dari Pinnacle tergolong cukup bagus. Fitur editor dasar tersedia di dalamnya dengan berbagai fx. Mengembangkan video melalui fitur sederhana pun sangat mudah dilakukan karena aplikasi yang mudah dipahami untuk pemula. Pemula akan sangat dimudahkan dengan fitur sederhana yang tersaji dalam platform Pinnacle dan sangat cocok untuk belajar editing video.

10. HitFilm Express

HitFilm merupakan editor video selanjutnya yang gratis dan tersedia untuk os windows dan mac sekaligus. Interface yang elegan memberikan kesan editor berkelas selevel Premiere Pro. Pembekalan fitur editor dasar yang juga lengkap akan membantu kemudahan editing sederhana hingga yang kompleks sekalipun.

Secara interface bisa dikatakan HitFilm cukup lengkap. Dibekali player atau previewer, terdapat juga timeline tab, audio editor, material tab lengkap dengan berbagai fx untuk keperluan editing. Selain lengkap fitur juga terbilang cukup kompleks untuk keperluan editing dan menjadi nilai tambah interfacenya yang cukup modern.

Itulah sepuluh aplikasi editor video yang tergolong ringan untuk pc atau laptop dengan berbagai fitur. Fitur-fitur tersebut tentunya sepadan dengan kapasitas besar aplikasi. Semakin lengkap sebuah platform video editor maka semakin besar juga ukuran aplikasinya dan akan membutuhkan spesifikasi pc atau laptop yang lebih besar. Namun, aplikasi diatas meskipun berkapasitas sedang sudah termasuk cukup untuk melakukan editor video sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *