Web Analytics

30 Usaha Sampingan untuk Karyawan dengan Modal Terbatas

Mendapatkan penghasilan lebih meskipun memiliki pekerjaan tetap bukanlah hal yang tidak mungkin. Anda bisa tetap menjalankan kewajiban sebagai karyawan, mendapatkan gaji setiap bulan, sekaligus menjalankan usaha sampingan untuk mendapat penghasilan lebih.

Saat ini bahkan ada banyak usahasampingan untuk karyawan yang cukup potensial dan menjanjikan.

Memulai usaha sampingan bagi karyawan sebenarnya sangat berpotensi. Sayangnya, masih banyak yang belum melakukannya. Alasan utama, bisa jadi karena modal atau ketidaksanggupan membagi waktu antara bekerja sebagai karyawan dan mengelola bisnisnya.

Berbagai Jenis Usaha untuk Karyawan yang Membutuhkan Modal Minimal dengan Hasil Menguntungkan

Jika Anda berpikir bahwa membuka sebuah usaha sampingan ketika status masih sebagai karyawan membutuhkan modal besar, maka sebenarnya ini adalah pemikiran yang salah. Apalagi jika Anda sampai berpikir kemungkinan gagal yang justru membuat modal yang dikeluarkan menjadi sia-sia. Anda tak perlu khawatir, ada beberapa jenis usaha sampingan untuk karyawan dengan modal minim yang bisa Anda coba.

  1. Menjual Aneka Kue

Kalau Anda memiliki kemampuan memasak, bisnis sampingan ini bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. Kue-kue basah ataupun kering selalu menjadi pilihan dan memiliki banyak penggemar sendiri. Modalnya yang tidak terlalu besar dan bisa dilakukan kapan saja menjadi pertimbangan lain dari bisnis ini. Anda bisa menjalankan usaha ini hanya di akhir pekan, atau jika ingin memulai, Anda juga bisa menjual ke teman-teman sesama karyawan saat bekerja.

  1. Jual Pulsa dan Voucher

Pulsa dan voucher listrik saat ini menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi hampir semua orang. Karena itu, bisnis ini tergolong menjanjikan peluang yang besar. Anda tidak membutuhkan modal besar. Tak hanya itu, menjalankan bisnis ini juga tidak akan mengganggu waktu Anda sebagai karyawan secara penuh.

  1. Jasa Laundry

Lingkungan kerja dimana kebanyakan karyawan cenderung tidak ingin direpotkan dengan kegiatan mencuci bisa menjadi peluang besar untuk memulai bisnis ini. Bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Apalagi jika Anda bisa memilih lokasi serta target pasar yang tepat. Maka bisnis ini bisa mendatangkan penghasilan tambahan yang lumayan menjanjikan.

  1. Bisnis Bingkisan (Hampers)

Menjalankan bisnis hampers (bingkisan) adalah salah satu contoh usaha sampingan untukkaryawan yang memiliki peluang besar sekaligus tidak akan mengganggu waktu bekerja utama. Bingkisan (hampers) tidak dibutuhkan setiap hari, namun hanya di moment atau waktu tertentu. Misalnya untuk bingkisan ulang tahun, wisuda, lamaran atau perayaan hari keagamaan. Jenis hampers yang bisa dibuat pun beragam, mulai dari makanan, buah, snack hingga perabot rumah tangga.

  1. Menjalankan Toko Online

Toko online saat adalah bisnis yang sedang trend. Anda bisa menjual berbagai barang, mulai dari snack, fashion, hingga makeup dan perawatan tubuh. Tak hanya itu, Anda juga bisa menjual berbagai produk digital, seperti ebook, paket layanan premium (musik streaming atau platform streaming lainnya) dan berbagai produk digital lainnya.

Anda pun tidak harus menjual produk-produk sendiri. Anda bisa menjual barang orang lain yang belum pernah dijual secara online. Bekerja sama menjual barang orang lain secara online dan mengelola bersama bisa menjadi pilihan terbaik.

Buat kamu yang terbatas modal bisa baca artikel 10 usaha sampingan karyawan tanpa modal

  1. Warung Kopi

Kalau Anda bertempat tinggal di lokasi yang strategis, seperti di sekitar kampus, bisnis warung kopi sederhana bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. Anda bisa memanfaatkan rumah atau tempat tinggal Anda dan sedikit mendekorasinya lebih menarik, tentu akan menjadi daya tarik yang menarik pelanggan untuk datang. Selain menjual kopi, Anda bisa juga menambahkan dengan makanan atau snack lain sebagai pelengkap.

  1. Menjual Bibit Tanaman
Baca juga :  10 Bisnis Makanan Ringan Modal Kecil

Bisnis ini bisa menjadi pilihan jika Anda memiliki rumah dengan area pekarangan luas. Menjual bibit tanaman atau tanaman hias bisa menjadi pilihan berbisnis yang menjanjikan. Meningkatnya kesadaran orang-orang akan kelestarian lingkungan, membuat tanaman hias atau jenis tanaman lain semakin banyak dicari. Karena itu, bisnis bibit tanaman ini bisa menjadi pilihan terbaik.

  1. Tempat Fotocopy dan Print

Jenis bisnis selanjutnya yang juga tak kalah menjanjikan adalah membuka tempat fotocopy dan print. Bisnis ini juga cocok dijalankan di kawasan sekolah, kampus atau perkantoran. Selain menjalankan bisnis print dan fotocopy konvensional, Anda bisa menerapkan sistem online. Jadi, pelanggan bisa menyerahkan file yang harus diprint melalui layanan digital seperti email atau whatsapp. Jika sudah selesai, pelanggan hanya perlu datang untuk mengambil dan membayar.

  1. Menjadi Blogger

Menjadi blogger bagi Anda yang bekerja di kantor mungkin terasa sama. Namun sebenarnya berbeda. Adanya adsense bisa menjadi penghasilan tambahan untuk Anda. Anda bisa membuat tulisan di blogsemenarik mungkin. Bisa tentang makanan, traveling, fashion dan lain-lain tergantung passion Anda. Dengan menjalankan bisnis ini, Anda bisa menjalankan hobi sekaligus mendapatkan penghasilan.

  1. Desain Grafis

Kalau Anda kebetulan bekerja sebagai desainer grafis atau memiliki kemampuan di bidang ini, menjadi desainer grafis bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. Apalagi saat ini banyak orang yang membutuhkan jasa desainer grafis. Anda bisa mencoba dari situs freelance yang membutuhkan tenaga desainer grafis. Ini juga bisa Anda lakukan untuk mengumpulkan portofolio. Semakin bagus portofolio Anda maka akan semakin banyak pula peluang yang bisa Anda dapatkan.

  1. Menjual Foto di Situs-Situs Jual Foto

Usaha atau bisnis ini juga tidak akan mengganggu waktu bekerja utama Anda. Ditambah lagi, jika Anda memang hobi fotografi, Anda bisa menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan. Ada banyak situs yang bisa Anda jadikan tempat menjual foto jepretan Anda dengan komisi yang beragam pula. Untuk memulai usaha sampingan buat karyawan ini bisa dibilang tidak membutuhkan modal. Anda hanya harus menyiapkan koneksi internet dan akun paypal untuk pembayaran komisi.

  1. Menjadi Penulis Freelance

Usaha sampingan satu ini juga tidak membutuhkan modal serta bisa menjadi usaha yang sekaligus menyalurkan hobi. Jika Anda memiliki kemampuan atau suka menulis, tinggal buka situs-situs freelance dan cari klien yang membutuhkan jasa penulis. Memang mencari klien ini tidak mudah. Namun setelah Anda sudah mendapatkan klien, tidak hanya penghasilan tambahan yang bisa didapatkan, namun juga portofolio untuk bisa meningkatkan penghasilan di bidang ini.

  1. Menjadi Web Developer

Masih di bidang teknologi dan digital. Menjadi seorang web developer juga bisa menjadi usaha sampingan yang menjanjikan. Pengembang web (web developer) saat ini menjadi pekerjaan yang banyak dicari. Tidak hanya oleh orang-orang secara pribadi, bahkan hingga perusahaan besar. Apalagi jika Anda mampu mengoperasikan berbagai program komputer seperti Javascript, CSS, Rubyatay HTML.

  1. Menjadi Admin Media Sosial

Media sosial saat ini menjadi situs yang paling banyak diakses oleh pengguna internet. Media sosial juga sudah berubah menjadi lahan promosi bagi banyak perusahaan besar. Karena itu, banyak pula perusahaan yang mencari tenaga yang dapat mengoperasikan sekaligus menarik pengguna media sosial lain untuk menggunakan produk dari perusahaan tersebut.

Baca juga :  7 Peluang Bisnis Modal Kecil untuk Pelajar atau Anak SMA
  1. Jasa Translator (Penerjemah)

Jenis usaha ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kemampuan berbahasa asing. Jasa penerjemah saat ini juga cukup banyak dicari, baik untuk kebutuhan akademik maupun bisnis. Menjalankan usaha ini juga tidak akan mengganggu jam kerja utama Anda. Anda bisa menjalankannya setelah bekerja atau di akhir pekan saat libur.

  1. Membuka Kursus Online

Membuka jasa kursus tidak hanya bisa dilakukan secara offline namun juga online. Jika Anda memiliki kemampuan di bidang tertentu, Anda bisa menjual keahlian Anda tersebut dalam bentuk digital. Kursus yang Anda berikan bisa berupa rekaman audio, video ataupun buku digital. Usaha ini juga cukup menjanjikan apalagi di era dimana banyak orang yang cenderung enggan melakukan kursus offline.

  1. Jasa Digital Advertising

Digital advertising saat ini semakin berkembang, bahkan melampaui advertising konvensional karena dinilai lebih efektif dan mudah. Anda pun bisa memanfaatkan peluang ini sebagai usaha sampingan. Manfaatkan FacebookAds atau GoogleAds untuk menjalankan usaha ini. Untuk pengolahan materi advertising, Anda bisa melibatkan pihak lain seperti desainer grafis dan copywriter.

  1. Jasa Pengetikan

Tidak hanya jasa print dan fotocopy saja yang banyak dicari, terutama di area sekitar kampus. Jasa pengetikan pun bisa menjadi salah satu usaha sampingan yang menjanjikan. Bisnis ini juga tidak membutuhkan modal. Asal Anda punya perangkat komputer untuk mengetik serta koneksi internet, jika pelanggan ingin hasil ketikannya dikirim. Peluang usaha sampingan karyawan satu ini juga cukup menjanjikan.

  1. Menjual Produk Software

Jenis usaha sampingan ini memang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Menjual produk software adalah jenis bisnis yang hanya bisa dilakukan oleh programmer. Anda bisa membuat aplikasi atau software, baik berupa game atau aplikasi lainnya. Ide bisnis ini juga cukup menjanjikan.

  1. Jual Artwork

Kemampuan atau hobi menggambar Anda pun bisa dialihkan menjadi sebuah usaha yang berpeluang besar. Salah satunya adalah menjual artwork ini. Jenis bisnis ini mulai banyak dicari untuk kebutuhan tertentu seperti hadiah ulang tahun, hadiah wisuda atau lainnya. Anda bisa membuat ilustrasi, sketsa, wallpaper atau karya-karya artwork lainnya.

  1. Jasa Cuci Motor atau Mobil

Membuka jasa cuci motor atau mobil memang membutuhkan modal yang berbeda. Jika memiliki modal terbatas, Anda bisa memulai dari jasa cuci motor. Dengan menyediakan peralatan yang dibutuhkan, Anda mungkin bisa memulai menjalankan bisnis ini di akhir pekan saat tidak sedang bekerja.

  1. Jasa Les Privat

Jika sebelumnya sudah disebutkan tentang jasa kursus online, usaha sampingan selanjutnya yang juga bisa Anda coba adalah membuka jasa les privat. Tentu saja jasa ini bersifat offline. Selain les privat untuk pelajaran sekolah, Anda juga bisa menyediakan jasa les privat untuk bermain alat musik atau les privat bahasa asing. Ini bisa menjadi pilihan karena tidak harus dilakukan setiap hari, satu minggu sekali sudah cukup.

  1. Jasa Permak Pakaian atau Jahit

Jenis usaha ini memang membutuhkan kemampuan khusus, yaitu menjahit. Namun, jenis usaha ini juga cukup menjanjikan. Permak pakaian lebih mudah karena Anda hanya harus membetulkan pakaian yang kebesaran atau sobek misalnya. Sementara menjahit, Anda harus memiliki kemampuan lain. Untuk menjalankan bisnis ini juga butuh modal untuk membeli mesih jahit dan kebutuhan menjahit lainnya.

  1. Menjadi Fotografer

Kalau Anda memiliki kemampuan fotografi yang mumpuni, membuka jasa fotografer juga bisa menjadi pilihan usaha sampingan yang bagus. Anda bisa menawarkan untuk memotret pre-wedding, menjadi fotografer wedding atau event-event lain yang membutuhkan dokumentasi. Selain kemampuan memotret, memang Anda juga harus memiliki perangkat sendiri untuk memudahkan.

  1. Menjadi Pengemudi Transportasi Online
Baca juga :  Cara Memulai Bisnis Ayam Petelur Bagi Pemula

Transportasi online yang semakin marak saat ini juga bisa memberi peluang usaha sampingan untuk Anda. Anda hanya harus memiliki kendaraan pribadi dan aplikasi yang digunakan. Untuk menjadi pengemudi transportasi online ini tidak selalu harus online seharian. Anda bisa mengaktifkan aplikasinya ketika libur selama seharian penuh atau sambil berangkat kerja dan pulang bekerja.

  1. Makelar Properti

Bisnis di bidang properti tak diragukan lagi memang menggiurkan karena mampu menawarkan komisi dalam jumlah besar. Anda pun bisa menjadikannya sebagai salah satu pilihan bisnissampingan untuk karyawan yang bisa dilakukan di sela bekerja. Ada pilihan menjadi makelar properti secara online jika Anda tidak ingin mengganggu kegiatan bekerja.

  1. Jasa Penyewaan Kamera

Masih di bidang forografi, kalau Anda hobi fotografi dan kebetulan memiliki kamera, Anda bisa menjadikannya sebagai sebuah peluang bisnis. Jasa penyewaan kamera saat ini banyak dicari, terutama oleh para traveler. Asalkan Anda bisa menerapkan syarat dan ketentuan yang ketat, Anda tak perlu khawatir dengan keselamatan kamera Anda. Peluangnya sangat menjanjikan karena banyak traveler yang memilih menyewa kamera untuk kebutuhan travelingnya.

  1. Menjadi Agen Asuransi

Jenis usaha ini terbilang usaha sampingan yang tidak membutuhkan modal besar. Apalagi jika Anda sudah memiliki bekal berupa kemampuan berjualan sekaligus pengetahuan tentang asuransi, maka Anda bisa menjalankan usaha ini. Menjadi agen asuransi ini sifatnya tidak mengikat, sehingga bisa dilakukan di sela-sela aktifitas bekerja sebagai karyawan.

  1. Bisnis Waralaba

Usaha ini adalah jenis usaha sampingan untuk karyawan dengan peluang yang juga cukup menjanjikan. Jenis usaha ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang memiliki modal serta ingin berinvestasi pada bisnis yang sudah memiliki manajemen yang stabil. Konsep bisnis waralaba ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki modal, namun merasa masih kurang berpengalaman dalam menjalankan bisnis sendiri.

Anda pun tak perlu khawatir karena meskipun membutuhkan modal, konsep bisnis waralaba ini tidak selalu membutuhkan modal berjumlah besar. Saat ini bahkan sudah banyak bertebaran bisnis waralaba yang ditawarkan dengan modal kecil. Jika terus ditekuni, usaha ini pun bisa menjanjikan peluang yang besar.

  1. Bisnis Rental (Penyewaan) Mobil atau Motor

Bisnis atau usaha sampingan ini memang membutuhkan modal cukup besar. Namun, tidak akan masalah jika sebelumnya memang Anda sudah memiliki kendaraan, setidaknya lebih dari 1. Atau, Anda memiliki kendaraan, seperti mobil misalnya, yang jarang dipakai. Manfaatkan kendaraan Anda untuk disewakan kepada orang lain yang sedang membutuhkan.

Sedangkan jika Anda memiliki motor lebih dari 1, Anda pun bisa menyewakannya. Jenis bisnis ini cukup potensial, apalagi jika tempat Anda tinggal berada dekat dengan kawasan wisata. Menjalankan bisnis sewa atau rental motor sangat menjanjikan karena banyak dibutuhkan oleh para wisatawan guna menjangkau destinasi tujuannya lebih cepat dan mudah. Untuk menjalankan usaha ini pun Anda harus membuat regulasi dan ketentuan yang ketat dan tegas.

Nah, itu tadi adalah macam-macam usaha sampingan untuk karyawan yang bisa Anda coba. Sebagai karyawan, ketika akan menjalankan usaha sampingan tidak hanya harus berurusan dengan modal namun juga ketersediaan waktu. Ini karena sebagai karyawan Anda masih memiliki tanggung jawab bekerja.

Leave a Feedback!