Macam Wisata Kuliner Surabaya Yang Enak [Wajib Coba!]

Posted on 51 views

Sebagai ibukota Jawa Timur dan salah satu kota terbesar di Indonesia, Surabaya menjadi kota yang banyak dikunjungi wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Banyak destinasi wisata yang bisa dinikmati di kota dengan julukan kota Pahlawan ini. Setelah lelah berjalan-jalan tentu saja mencari makan adalah hal yang pertama kali akan Anda lakukan. Terutama bagi Anda yang menggemari makanan, wisata kuliner Surabaya juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Terdapat banyak sekali kuliner yang wajib dicoba dan dijamin akan memuaskan lidah Anda. Setidaknya terdapat 13 tempat kuliner yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi ketika berada di Surabaya.

Rekomendasi 13 Wisata Kuliner di Surabaya

Wisata kuliner adalah salah satu hal yang dapat memuaskan hobi makan seseorang. Di Surabaya terdapat 13 tempat yang bisa Anda kunjungi untuk berwisata kuliner. Sebenarnya banyak sekali tempat yang recommended, namun ketiga belas tempat berikut ini sangat wajib untuk dikunjungi.

  1. Rawon Setan

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur yang memiliki kuah hitam dan juga pekat. Kuah hitamnya tersebut berasal dari bahan yang digunakan yaitu kluwek. Potongan dadu daging sapi serta jeroan menambah kelezatan dari makanan satu ini.

Di Surabaya, kedai rawon yang recommended untuk Anda kunjungi adalah Rawon Setan. Yang membuat rawon ini spesial dan populer adalah potongan daging sapi yang dibuat besar namun tetap terasa empuk dan nikmat.

  1. Warung Nasi Cumi Jalan Waspada

Warung Nasi Cumi Jalan Waspada juga disebut dengan nama Warung Nasi Cumi dekat Pasar Atom oleh warga Surabaya. Warung ini menyediakan tiga macam menu yang bisa Anda pilih diantaranya adalah nasi campur, nasi komplit, dan nasi cumipeyek. Ketiga menu tersebut memiliki kelezatannya masing-masing yang sayang untuk Anda lewatkan.

Secara penampilan, nasi cumi yang ada di warung ini tidak terlihat menarik untuk dimakan. Namun jika Anda mencoba memakannya, dijamin akan ketagihan dan ingin tambah lagi. Tidak hanya lezat saja, nasi cumi di warung ini juga ramah terhadap kantong Anda. Hanya dengan harga mulai dari Rp 15.000 Anda sudah bisa menikmati nasi cumi yang lezat.

  1. Es Krim Zangrandi

Tidak hanya makanan berat saja, Surabaya juga memiliki kuliner ringan lezat yang bisa dinikmati di siang hari yaitu Es Krim Zangrandi. Es krim ini sudah menjadi salah satu legenda wisata kuliner yang cocok dikunjungi oleh Anda yang menggemari es krim.

Tidak hanya es krimnya yang lezat namun outlet dari es krim ini juga unik karena memiliki kesan klasik serta otentik. Kedai es krim yang sudah berdiri sejak tahun 1993 ini dapat Anda kunjungi di Jalan YosSudarso, kota Surabaya.

  1. Bebek Goreng Sinjay

Kuliner Surabaya yang tidak boleh Anda tinggalkan selanjutnya adalah Bebek Goreng Sinjay. Penggemar bebek goreng khas Madura ini sangat banyak sehingga Anda harus mengantri ketika membelinya. Daging bebek yang memiliki tekstur empuk, gurih, serta cita rasa khas dari sambal yang digunakan wajib Anda coba sendiri. Selain itu terdapat juga cita rasa segar dari berbagai bumbu seperti irisan mangga muda dan cabai merah.

Warung Bebek Goreng Sinjay di Surabaya berada di Jalan Kapas Kampus, daerah Tambak Rejo. Hanya dengan membayar Rp 23.000 saja Anda sudah bisa menikmati satu piring nasi beserta dengan bebek goreng dan juga segelas teh manis. Meski banyak pengunjung dan antri, Anda tidak perlu menunggu lama karena pelayanan yang cepat merupakan salah satu kelebihannya. Jika ingin mencobanya di rumah, Anda bisa memesan dengan layanan delivery order yang disediakan.

  1. SegoSambel Mak Yeye

Jika Anda merupakan penggemar kuliner pedas, SegoSambel Mak Yeye tidak boleh dilewatkan begitu saja. Sambel yang disediakan di warung ini dinilai sangat pedas hingga dapat membuat penikmatnya mengeluarkan banyak sekali keringat. Jika ingin mencobanya Anda harus menyediakan waktu di malam hari karena warung ini hanya buka pada malam hari saja. Pilihan lauk yang disediakan diantaranya yaitu ikan pari panggang atau iwakpe, tempe goreng, dan telur dadar.

Meskipun terlihat sederhana namun sambal khas yang melegenda ini akan membuat makanan Anda benar-benar lezat. Keistimewaan lain dari warung yang terletak di Jalan JagirWonokromo Wetan ini adalah porsinya yang melimpah dan juga ikan pe lezat yang jarang Anda temukan di warung lain. Untuk Anda yang tidak banyak makan, lebih baik pesan porsi kecil saja agar tidak meninggalkan sisa.

  1. Café Ice Cream Amai

Setelah makan kuliner pedas, tentu saja paling nikmat makan yang manis-manis. Café Ice Cream Amai bisa menjadi tujuan wisata kuliner Anda selanjutnya di Surabaya. Café ini memberikan kenyamanan pada pengunjung untuk membuat sendiri es krim favoritnya. Ada beberapa pilihan rasa diantaranya adalah cokelat, vanilla, matcha, dan lemon. Sedangkan topping bubuk yang disediakan diantaranya adalah oreo, millo, matcha, stroberi, cokelat, dan ovaltime.

Tidak hanya berhenti di topping bubuk saja, Anda juga bisa memilih topping lainnya. Diantaranya adalah millo, kokocrunch, honeystar, serta pocky. Hanya dengan Rp 15.000 saja, Anda sudah bisa menikmati es krim racikan sendiri tersebut. Bagi Anda yang berminat memiliki pengalaman meracik es krim sendiri, bisa datang ke Jalan Sutorejo Prima Utara II, kota Surabaya.

  1. SBS Surabaya

Jika berburu kuliner Surabaya, Anda tidak boleh melupakan warung makan SBS Surabaya. SBS sendiri merupakan singkatan dari Spesial Belut Surabaya sehingga dapat dipastikan kalau makanan yang khas adalah olahan belutnya. Belut memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh serta kecerdasan otak sehingga banyak yang menyukainya. Selain itu cita rasa gurih dari makanan satu ini juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak penggemarnya.

Di Surabaya sendiri warung SBS bisa Anda jumpai di 3 lokasi berbeda diantaranya adalah Jalan BanyuUrip Kidul, Jalan Ngagel Jaya Selatan, dan Jalan HR Muhammad. Selain Pecel Belut Elek yang menjadi favorit pengunjung, terdapat menu olahan belut lain yang bisa Anda pilih seperti belut goreng kering, belut goreng biasa, lele, atau burung dara. Harganya cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 9.000 hingga Rp 13.000 dengan nasi yang dijual terpisah seharga Rp 2.500.

  1. Nasi Goreng Jancuk Surabaya

Meski namanya tidak terlalu enak untuk didengar, namun nama inilah yang menjadikan nasi goreng yang dijual cukup populer di Surabaya. Selain itu porsinya yang sangat besar dan sambalnya yang terkenal pedas juga menjadikan Nasi Goreng Jancuk cukup diminati. Bumbu rempah dan cita rasa pedas yang dimiliki juga membuat nasi ini semakin lezat.

Selain itu isian berupa bawang goreng, ayam, telur, udang, kerupuk, serta acar semakin menambah kelezatannya. Warung yang terletak di Jalan Pemuda 31-37 ini cocok dikunjungi bersama teman atau keluarga. Satu porsi yang dihidangkan bisa dinikmati bersama 3 hingga 4 orang lainnya dengan harga Rp 99.000.

  1. G-Walk

G-Walk merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang menjadi favorit warga Surabaya. Memiliki desain bangunan yang unik karena menyerupai Clarke Quay yaitu pusat hiburan maupun kuliner yang terkenal di negara tetangga Singapura.

Tempat ini memiliki konsep foodcourt sehingga Anda bisa memilih kuliner sesuai selera. Tempat kuliner yang terletak di kawasan Citra Raya Surabaya Barat ini hanya buka di malam hari saja. Tidak hanya menu makanan khas nusantara saja, Anda juga bisa menemukan makanan khas barat.

  1. Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Sesuai dengan namanya klopo yang berarti kelapa, yang membuat sate satu ini spesial dan khas adalah parutan kelapa yang ditaburkan saat pengolahan sate. Tersedia banyak pilihan sate yang bisa Anda nikmati diantaranya adalah sate daging sapi, sate ayam, sate udang, serta sate sumsum.

Saus kacang yang khas dan lezat menambah kenikmatan dari sate yang terletak di Jalan Walikota Mustajab 36 ini. Sekilas memang terlihat biasa dan sederhana, namun kelezatan rasa yang dihadirkan membuat Sate KlopoOndomohen Ny. Asih selalu ramai dipenuhi oleh pengunjung.

  1. Nasi Empal Pengampon

Nasi EmpalPengampon di Jalan Pengampon II no. 3 bisa menjadi lokasi wisata kuliner selanjutnya, terutama untuk Anda yang mencari lokasi murah tapi tetap menghadirkan kelezatan makanannya. Cita rasa khas berasal dari nasi putih, empal yang disuwir, tumis kacang, kering tempe dengan pelengkap seperti daun kemangi, lalapan timun, dan tidak ketinggalan sambal yang lezat.

Warung nasi makan ini bisa Anda kunjungi mulai jam 09.00 pagi dan tutup pada jam 21.00 malam. Tidak pernah libur, Anda bisa mengunjunginya setiap hari dari hari Senin hingga hari Minggu. Untuk masalah harga yang diberikan Anda tidak perlu takut dan khawatir akan mahal, hanya dengan Rp 30.000 saja masakan lezat tersebut sudah bisa dinikmati.

  1. Sate Karak

Tempat wisata kuliner di Surabaya selanjutnya yang bisa Anda coba kunjungi adalah warung Sate Karak, jika di daerah lain biasanya disebut dengan sate kerak. Makanan satu ini termasuk sudah langka, jadi jika berkunjung ke Surabaya sebaiknya Anda mencobanya sekalian.

Sate Karak sendiri merupakan sate yang berbahan dasar usus dan kemudian dihidangkan dengan tambahan karak atau nasi ketan hitam yang ditambahkan taburan kelapa parut sebagai pelengkap dan ciri khas. Di Surabaya, Anda bisa mencoba sate ini di Jalan Ampel Lonceng No. 60.

  1. Michael Tj Gelato

Tempat wisata terakhir yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi adalah Michael TjGelato yang merupakan sebuah kafe. Terletak dekat dengan Universitas Bhayangkara tepatnya di Jalan Raya TenggilisMejoyo F 5 membuat kafe ini sangat cocok dijadikan tempat berkumpul dan bersantai bersama teman Anda.

Kuliner yang dihadirkan juga lezat dan cukup terjangkau untuk kantong semua orang. Hanya dengan membayar Rp 25.000 saja, Anda sudah bisa mencoba Spaghetti yang lezat dan mengenyangkan. Menu lain yang dihadirkan diantaranya adalah Gelatoin Cup, Tj’sGelatoSandwich, Super SizeGelatoin Cup, GelatoMix, dan Affogato.

Itulah 13 wisata kuliner Surabaya yang bisa Anda datangi jika berkunjung ke ibukota Jawa Timur ini. Berjalan-jalan menghabiskan waktu liburan memang tidak lengkap jika belum mencoba kulinernya sekaligus. Semoga informasi yang diberikan di atas dapat memberikan referensi untuk Anda yang bingung mencari kuliner lezat di Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *