15 Wisata Kuliner Semarang Yang Enak dan Terkenal [Wajib Coba!]

Posted on 85 views

Semarang yang merupakan sebuah kota yang mempunyai julukan Venetievan Java atau artinya Venesia di Pulau Jawa, ternyata tidak hanya mempunyai destinasi yang beragam dan menarik. Namun juga makanan khas dari ibukota Jawa Tengah ini sangat lezat dan menarik untuk dicoba. Maka dari itu, tidak diherankan lagi jika Semarang ini telah dinobatkan menjadi salah satu destinasi wisata kuliner pada tahun 2015 oleh Kementrian Pariwisata Indonesia. Dengan wisata kuliner Semarang ini, tentunya akan turut menyediakan pengalaman bagi Anda para petualang rasa.

Perlu untuk diketahui bahwa beberapa warisan kuliner di Semarang ini sudah ada sejak puluhan tahun silam, bahkan tidak sedikit kuliner yang sudah dijajakan semenjak zaman penjajah. Walaupun kota ini terkenal dengan makanan khas berupa lumpia, akan tetapi berbagai macam makanan yang terbuat dari olahan daging, sayuran, dan buah-buahan dengan juga akan sangat mudah Anda temui di kota ini. Penasaran dengan apa saja makanan yang dapat dicoba di Semarang? Untuk itu berikut daftarnya.

Tempat yang Cocok untuk Wisata Kuliner Semarang

  1. Mie Sang Kie

Bagi para pecintakuliner yang sangat menggemari hidangan berupa mie, ternyata di Semarang ini juga mempunyai kedai makanan khusus penyedia mie yang bernama Mie Sang Kie. Kedai Mie Sang Kie yang merupakan kuliner legendaris semarangini dapat Anda temui di Gang Lombok. Dapat dikatakan legendaris dikarenakan kedai mie ini telah berdiri sejak zaman penjajahan, dan sampai saat ini masih banyak pecintakuliner yang sangat menggemari hidangan khas Semarang dari kedai mie satu ini.

Terdapat beberapa macam kuliner khas Semarang yang dapat Anda coba di kedai Mie Sang Kie ini. Namun, menu andalan dalam kedai ini yaitu Mie Rebus dan Mie Godok. Dalam setiap mangkuknya, berisikan oleh mie, telur dadar yang dipotong kecil, dan dijadikan dengan kuah kaldu hangat khas yang luar biasa nikmatnya.

  1. Gulai Kambing Bustaman

Selain hidangan berupa mie, Semarang juga memiliki sajian legendaris berupa gulai kambing. Untuk menikmati kuliner legendaris semarangini, Anda dapat langsung mengunjungi kedai Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar yang telah dibuka sejak tahun 1969. Lokasi dari kedai gulai kambing ini berada di kawasan Kota Lama, tepatnya di belakang Gereja Blenduk.

Salah satu ciri khas yang menonjol pada hidangan Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini adalah kuah encernya namun tetap mempunyai rasa gurih dan nikmat. Selain itu, untuk para penggemar hidangan dari kambing akan puas karena gulai ini juga disajikan dengan potongan jeroan. Dengan porsinya yang cukup banyak, tentunya Anda akan semakin puas dalam menikmatinya.

  1. Es PuterConglik

Semarang memang terkenal akan cuacanya yang sangat panas. Tentunya hal ini tidak hanya membuat rasa lapar timbul, namun juga rasa dahaga. Untuk itu, Anda dapat mengobati rasa dahaga dengan langsung menuju ke kedai Es PuterConglik yang berada tepatnya di jalan Ahmad Dahlan A nomor 11. Dengan harga yang relatif murah dan tidak banyak menguras kantong ini, Anda sudah dapat menikmati kesegaran dari es puter yang dibuat dengan bahan-bahan alami. Selain itu, Es PuterConglik ini telah berdiri sejak tahun 1984.

  1. Kedai Kahatkene

Jika Anda sedang berada di Semarang dan ingin menikmati hidangan yang cukup bervariasi, maka Kedai Kahatkene merupakan tujuan yang tepat. Tempat makan yang berada di jalan Tirto Agung no 28 ini malai buka pukul sembilan pagi hingga sekitar sepuluh malam. Salah satu hidangan populer dari Kedai Kahatkene ini adalah Ayam Krispi disertai dengan nasi kuning dan sambal matah. Sesuai dengan jam bukanya, kedai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk sarapan.

  1. Soto Bangkong Semarang

Semarang memang dikenal dengan kelengkapan dari makanan khas yang dimilikinya. Salah satu kuliner Semarang yang menarik untuk Anda coba adalah Soto Bangkong. Dengan cita rasa yang sangat istimewa dan unik, kuah segar dari makanan ini akan memanjakan lidah para penikmatnya walaupun penyajiannya dalam keadaan hangat. Kelezatan dari Soto Bangkong ini terdapat pada komposisi bahan-bahan didalamnya yang sangat pas. Sejak pertama kali dibuka pada tahun 1950, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung bahkan selalu meningkat.

  1. MieKopyok Pak Dhuwur

Dengan lengkapnya kuliner yang dimiliki oleh Semarang, ternyata kota yang satu ini masih mempunyai hidangan khas berupa Mie yang bernama miekopyok. Makanan yang satu ini sangat cocok untuk dinikmati dalam keadaan kelaparan ketika siang hari. Dengan banyaknya porsi dan kombinasi rasa yang sangat pas, rasa lapar akan terobati dengan nikmat. Anda dapat mengunjungi kedai MieKopyok Pak Dhuwur yang berada di jalan Tanjung no 18. Banyaknya pengunjung dalam kedai ini, terkadang membuat harus mengantri hanya untuk menikmati satu porsi miekopyok.

  1. Pisang Plenet

Di Semarang juga terdapat kuliner khas dengan olahan buah-buahan yaitu pisang. Pisang plenet ini merupakan salah satu kuliner Semarang yang ada di daerah Gajah Mada dan tidak boleh dapat dilewatkan. Untuk jenis pisang yang digunakan, yaitu pisang raja yang memiliki kandungan rasa manis tinggi. Sedangkan untuk topingnya, Anda dapat memilih antara selai nanas, meises, ataupun gula putih. Ciri khas rasa manisnya tentunya akan membuat wisata kuliner di Semarang menjadi semakin menarik.

  1. Nasi Koyor

Wilayah simpang lima merupakan suatu daerah yang memang terdapat banyak penjual makanan lezat di sekitarnya. Bahkan beberapa diantaranya ada yang sudah puluhan tahun beroperasi. Salah satu makanan di daerah simpang lima Semarang yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Nasi Koyor. Koyor ini merupakan urat sapi yang dimasak dengan santan dan memiliki rasa gurih serta manis. Dihidangkan dengan nasi putih panas, tentunya akan cocok bila dinikmati sambil bersantai dan menikmati suasana malam di Semarang.

  1. Marry Anne Semarang

Terkenal dengan cuacanya yang sangat panas, pastinya akan nikmat rasanya jika menikmati kesegaran dari sebuah es krim. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi kedai Marry Anne yang berada di sekitar jalan Rinjani. Kedai ini menyediakan es krim dengan rasa beragam diiringi dengan panorama yang sangat indah. Tempat ini sangat cocok untuk menemani istirahat ketika lelah berkeliling di kota Semarang. Selain es krim, ternyata kedai ini juga menyediakan berbagai makanan berat jika rasa lapar sudah tidak tertahankan.

  1. Nasi Goreng Babat

Nasi goreng merupakan sebuah hidangan yang banyak ditemukan di berbagai kota di Indonesia, tidak terkecuali dengan Semarang. Di Semarang, Anda dapat menikmati hidangan nasi goreng khas yang bernama nasi goreng babat. Sedikit berbeda dengan nasi goreng di kota-kota lain, nasi goreng babat ini mempunyai cita rasa manis pedas. Selain itu, penambahan babat dan iso sapi yang dipotong kecil menimbulkan sensasi rasa asin dan gurih. Untuk warung nasi goreng babat di Semarang yang sudah sangat terkenal akan kenikmatannya adalah Warung Pak Taman di daerah selatan Stadion Diponegoro.

  1. Asem-Asem Koh Liem

Sajian kuliner khas Semarang yang berikutnya adalah asem-asem Koh Liem. Lokasi dari hidangan legendaris Semarang ini tepatnya terletak di jalan Karang Anyar nomor 28/C4. Asem-asem Koh Liem sudah mulai buka pada jam tujuh pagi. Asem-asem ini merupakan sebuah hidangan yang terdiri atas potongan-potongan daging sapi dan disiram dengan kuah berasa asam manis. Rasanya yang sangat nikmat dan unik ini siap memanjakan lidah Anda ketika sedang berwisata kuliner di kota Semarang. Selain itu, restoran Koh Liem ini juga menyediakan berbagai masakan Cina, seperti kulit ayam dan cumi kecap.

  1. LekkerPaimo

Kue Lekker merupakan sebuah hidangan yang banyak ditemukan di sejumlah wilayah di Indonesia. Akan tetapi, di kota Semarang ini terdapat suatu jajanan lekker yang terbilang unik serta beda dari lekker pada umumnya. Kue lekker unik bernama LekkerPaimo ini dapat Anda temukan di jalan Karanganyar nomor 37, atau lebih tepatnya berada berseberangan dengan SMA KoloseLoyola. Apabila lekker pada umumnya disajikan menggunakan topping berupa keju atau messes, berbeda dengan LekkerPaimo ini yang toppingnya menggunakan telursosis serta keju. Jadi, tidak diherankan lagi apabila LekkerPaimo ini mempunyai banyak sekali penggemar. Bahkan terkadang hanya untuk menikmati hidangan ini, para pembeli harus rela berdiri dan antre dalam waktu yang cukup lama.

  1. Nasi Gandul Pak Memed

Sampai saat ini, dapat dikatakan bahwa Nasi Gandul Pak Memed tidak pernah sepi akan pengunjung. Dengan rasa kuah kaldu yang nikmat menjadikan alasan betapa banyaknya penggemar dari hidangan khas Semarang ini. Selain itu, kelezatan rasanya yang tidak pernah berubah walaupun sudah berdiri selama berpuluh-puluh tahun, juga menjadikannya sebagai hidangan legendaris. Pada dasarnya, nasi gandul ini merupakan nasi putih biasa yang disajikan dengan wadah dari daun pisang. Kemudian disiram dengan bumbu khas berwarna cokelat dan disertai dengan lauk berupa telur ayam, jeroan sapi, dan daging sapi. Rasa dari hidangan ini akan semakin nikmat jika Anda menggunakan daun pisang sebagai sendoknya juga ketika menyantapnya.

  1. Babat Gongso Pak Karmin

Pada umumnya, babat akan berasa amis serta berbau jika cara mengolahnya tidak benar. Namun hal tersebut tidak akan Anda temui di restoran Babat Gongso Pak Karmin ini. Warung legendaris Semarang yang telah buka sejak tahun 1971 ini, masih setia dalam menyediakan hidangan babat dengan rasa yang nikmat sehingga tidak pernah kehilangan penggemarnya sama sekali. Lokasi dari Babat Gongso Pak Karmin ini tepatnya berada di jalan Pramuka Semarang.

  1. Ayam Goreng PakneHeksa

Di Semarang juga ada tempat yang sangat cocok bagi Anda pecintakuliner berupa ayam goreng. Ayam goreng PakneHeksa ini cukup berbeda dengan ayam goreng lainnya. Dengan rasa gurih yang timbul dari resapan bumbu rempah khasnya, disertai dengan tekstur dari dagingnya yang sangat lembut ini tentunya akan memanjakan lidah penikmatnya. Kelezatan dari hidangan ini akan bertambah jika dalam menyantapnya diiringi dengan sambal cobek.

Itulah beberapa tempat yang perlu dikunjungi ketika sedang melakukan wisata kuliner Semarang. Tidak hanya itu, meskipun Anda hanya sedang melewati Semarang, tentunya akan sangat rugi jika melewatkan salah satu hidangan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *