Web Analytics

10 Usaha Sampingan Karyawan Tanpa Modal Yang Menjanjikan

Bagi sebagian orang, menjadi karyawan dengan gaji tetap setiap bulan mungkin masih belum cukup untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari. Karena itu, tak sedikit karyawan yang mulai menjalankan usaha sampingan karyawan tanpa modal untuk menambah penghasilan. Meskipun tidak banyak, namun penghasilan yang sedikit bertambah tentu bisa memberikan kepuasan tersendiri.

Banyak karyawan yang ragu untuk memulai menjalankan bisnis atau sendiri karena terhalang modal. Padahal ini adalah pemikiran yang salah besar. Anda bisa menjalankan usaha atau bisnis sendiri dengan modal minim bahkan tanpa modal sekalipun bisa. Lalu apa saja jenis usaha yang bisa dijalankan? Akan dijelaskan di bawah ini.

Usaha Sampingan Karyawan Tanpa Modal, Bisnis Tanpa Modal dengan Keuntungan Menjanjikan

Kalau Anda masih berpikir menjalankan usaha harus dengan modal besar, mungkin sudah saatnya Anda berpikir ulang. Jenis-jenis usaha atau bisnis berikut adalah beberapa contoh bisnis yang bisa dijalankan oleh siapapun, termasuk karyawan, dan tanpa membutuhkan modal. Jika butuh modal pun jumlahnya tidaklah besar.

  1. Menjadi Youtuber

Memiliki channelyoutube sendiri saat ini bukan hanya sekedar iseng atau sebagai media penyalur hobi saja. Ini juga bisa menjadi salah satu lahan usaha tanpa modal yang sangat menjanjikan. Youtuber mendapatkan penghasilan dari Adsense yang disediakan oleh Google. Anda pun bisa menjadi endorser yang mempromosikan produk orang lain dan pastinya Anda dibayar.

  1. Menjadi Blogger

Mengelola blog memungkinkan Anda menulis hal-hal yang Anda sukai didalamnya kemudian dibaca oleh orang lain yang mengakses blog tersebut. Namun kegiatan yang tergolong hobi ini juga bisa memberikan penghasilan asal dijalankan dengan serius. Prinsipnya sama seperti YouTube dimana penghasilan Anda kebanyakan didapat dari adsense. Ini adalah salah satu usaha sampingan karyawan tanpa modal yang sangat menjanjikan namun membutuhkan waktu yang lama hingga bisa menghasilkan.

  1. Menjadi Penulis Freelance
Baca juga :  8 Ide Bisnis Tanpa Modal Tanpa Resiko dan Menguntungkan

Kalau Anda suka menulis apapun, jadikan hobi Anda ini menjadi hobi yang menghasilkan. Salah satunya dengan menjadi penulis freelance. Anda akan dibayar berdasarkan jumlah kata yang ditulis, untuk penulis yang belum memiliki reputasi. Jika portofolio Anda sudah bagus, Anda bahkan bisa mendapatkan penghasilan lebih besar. Keuntungan dari usaha ini adalah bisa dilakukan oleh siapa saja, dan pastinya tidak membutuhkan modal.

  1. Menjadi Translator Online

Menguasai beberapa bahasa asing juga bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Caranya dengan menjadi penerjemah online. Profesi ini cukup banyak dibutuhkan, biasanya untuk urusan akademis ataupun untuk bisnis. Ada banyak situs yang memang dibuat secara khusus untuk mencari penerjemah online ini. Anda bisa mencoba salah satunya.

  1. Menjual Karya Artwork

Jenis usaha selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menual artwork. Ide bisnis ini tidak membutuhkan modal, namun kemampuan menggambar yang bagus. Anda bisa membuat berbagai artwork seperti ilustrasi atau sketsa, lalu jual secara online. Jasa ini saat ini pun banyak dicari, baik secara personal maupun oleh perusahaan besar.

  1. Menjadi Desainer Grafis

Tak jauh berbeda dengan sebelumnya, usaha ini juga membutuhkan keahlian khusus, terutama dalam hal mendesain. Desainer grafis banyak dicari oleh perusahaan untuk berbagai kebutuhan. Sebagai langkah awal, Anda bisa bergabung dengan berbagai marketplace untuk desainer grafis.

  1. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Membuka toko online adalah bisnis yang bisa dijalankan oleh siapapun namun tetap membutuhkan modal. Nah, jika Anda berminat menjalankan bisnis toko online tanpa modal, Anda bisa mulai dengan menjadi reseller atau Dropshipper. Keduanya tidak membutuhkan modal, karena jika menjadi dropshipper misalnya, Anda hanya perlu meneruskan order dari pembeli ke produsen langsung yang sudah bekerja sama dengan Anda.

Baca juga :  10 Ide Bisnis Makanan Ringan Rumahan
  1. Menjual Hasil Fotografi

Anda memiliki hobi forografi dan memiliki banyak koleksi hasil jepretan yang bagus? Tak perlu khawatir hasil jepretan Anda mubadzir. Anda bisa menjual hasil jepretan tersebut di berbagai platform jual foto online. Dari sini Anda akan mendapatkan komisi dari setiap foto yang Anda jual. Jumlahnya pun bervariasi. Untuk menjalankan bisnis ini Anda perlu memiliki paypal sebagai sarana pembayarannya.

  1. Menjual Software

Jenis usaha atau bisnis adalah jenis bisnis yang memberikan peluang pada Anda para programmer. Anda membuat software kemudian jual aplikasi atau software yang Anda buat tersebut. Software atau aplikasi yang dijual pun bisa berupa game atau aplikasi-aplikasi berbasis service.

  1. Menjadi CopyWriter

Copywriter adalah seorang penulis yang dapat mempengaruhi pola pikir pembacanya melalui tulisan yang dibuat. Jasa copywriter ini biasanya digunakan oleh perusahaan untuk menjual produknya. Copywriter harus bisa menulis dengan bahasa yang menarik dan menjual. Kata-kata yang digunakan harus promotif namun tetap disertai dengan data penjualan yang kongkrit.

Apabila menjadi seorang copywriter profesional, Anda bahkan bisa menghasilkan hingga ribuan dolar. Namun masalahnya usaha sampingan karyawan tanpa modal kali ini butuh keahlian gan. Menjadi Copywriter tidaklah mudah. Anda harus belajar mengasah kemampuan menulis untuk bisa membuat copywritting yang bagus.

  1. Membuka Jasa Web Developer

Bisnis web developer bisa sangat menguntungkan apabila Anda memiliki kemampuan domain, hosting dan sedikit bahasa pemrograman. Semua aspek tersebut akan membantu Anda dalam menciptakan website yang saat ini sangat dibutuhkan oleh semua orang, terutama perusahaan. Menjadi web developer cukup menjanjikan serta tidak akan mengganggu waktu bekerja Anda sebagai karyawan. Jadi keduanya bisa berjalan bersamaan.

  1. Jasa Membuat Iklan di Sosial Media

Sosial media saat ini tidak hanya digunakan Untuk berbagi moment saja. Banyak perusahaan yang menjadikannya sebagai media promosi. Nah, dari kebutuhan ini Anda bisa membuat jasa pembuatan iklan di media sosial. Tugas Anda adalah dapat meningkatkan brandawareness, berinteraksi dengan pengikut di media sosial sekaligus meningkatkan pengunjung ke website perusahaan melalui media sosial tersebut.

  1. Membuka Jasa Pengetikan
Baca juga :  7 Cara Mengatur Strategi Pemasaran Bisnis Ayam Potong

Jasa pengetikan bisa menjadi pilihan bisnis sampingan yang cocok untuk karyawan. Apalagi jika Anda berada di lingkungan kampus. Menawarkan jasa pengetikan tidak membutuhkan modal. Anda hanya membutuhkan komputer untuk mengetik. Keuntungannya pun cukup menjanjikan. Jika ingin lebih diminati, Anda bisa menggunakan sistem berbasis online yang akan memudahkan baik Anda sebagai pemilik jasa maupun pengguna jasa Anda.

  1. Menjual Pulsa

Satu lagi bisnis tanpa modal yang dianggap remeh tapi ternyata mampu menghasilkan keuntungan menjanjikan. Semakin banyaknya pengguna telpon seluler ditambah lagi adanya listrik prabayar menjadikan bisnis ini sangat menjanjikan. Anda pun bisa menjalankan bisnis ini secara fleksibel kapanpun dan dimanapun. Dengan begitu tidak akan mengganggu aktifitas bekerja Anda.

  1. Membuka Bimbingan Online

Usaha sampingan karyawan tanpa modal yang terakhir terakhir ini bekerja layaknya Bimbingan pada umumnya. Dimana Anda sebagai pengajar menyampaikan materi kepada siswa bimbingan Anda. Bedanya adalah kegiatan menjelaskan dilakukan secara online dengan memanfaatkan video call atau aplikasi serupa lainnya. Dengan begitu antara pengajar dan siswa bimbingan tidak perlu bertemu secara langsung. Jasa ini beberapa waktu belakangan sangat dicari dan terbilang menjanjikan.

Itu tadi adalah beberapa bisnis sampingan karyawan tanpa modal yang bisa Anda coba. Dengan berbagai ide bisnis tersebut, Anda kini bisa mulai mencoba berbagai usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Keuntungannya, ide-ide bisnis tersebut dapat Anda jalankan tanpa modal dan tanpa mengorbankan waktu bekerja utama Anda.

Leave a Feedback!