Ukuran Kertas Folio atau F4 dalam CM, MM, Inch

Posted on 394 views

Kertas memiliki ukuran yang beragam dan bervariasi sesuai kebutuhan penggunanya. Ada kertas yang digunakan untuk mencetak dokumen, untuk menulis atau menyalin dan tujuan-tujuan lainnya. Kertas sendiri juga berdasarkan ukurannya, memiliki nama-nama sendiri di masing-masing negara. Namun, ada ukuran standar yang sifatnya Internasional dari kertas. Salah satu jenis kertas berdasarkan ukuran standarnya adalah kertas folio /f4. Ukuran kertas folio (f4) sendiri lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran kertas yang hiasanya digunakan untuk mencetak dokumen. Kertas folio atau kertas F4 dalam dunia percetakan disebut juga dengan kertas legal.

Ukuran kertas folio (f4) yang lebih panjang biasanya digunakan untuk mencetak dokumen-dokumen tertentu seperti soal ujian, sertifikat atau dokumen lain yang sejenis. Sebelum Anda menggunakan kertas untuk mencetak, ada baiknya Anda mengetahui ukuran-ukuran kertas tersebut. Ukuran kertas ini biasanya disediakan dalam 3 satuan ukuran untuk memudahkan pengukuran, yaitu centimeter, milimeter dan inchi. Perbedaan satuan ukuran ini diterapkan karena meskipun sudah ada standar ISO yang menentukan ukuran dasar atau standar kertas, ukuran yang disediakan berbeda untuk menyesuaikan dengan masing-masing negara penggunanya.

Ukuran Kertas F4, Kertas untuk Mencetak Dokumen

  1. Ukuran kertas F4 dalam inchi

Satuan ukuran kertas yang pertama adalah satuan inchi. Inchi adalah satuan ukuran berstandar internasional karena tidak semua negara menggunakan satuan ukuran milimeter atau centimeter. Untuk ukuran kertas F4 dalam satuan inchi adalah 8.27 x 12.99 inchi.

  1. Ukuran Kertas F4 dalam Milimeter

Ukuran kertas berjenis folio dalam satuan milimeter ini adalah ukuran yang biasanya tercantum di atas keemasan pembungkus kertas saat Anda membeli dalam satuan rim. Untuk satuan ukuran milimeter ini, kertas F4 memiliki panjang 210 mm dan lebar 330 mm.

  1. Ukuran kertas F4 dalam Centimeter

Terakhir adalah ukuran dalam centimeter. Untuk ukuran ini biasanya Anda butuhkan ketika akan mencetak dokumen dari komputer. Untuk mengatur agar hasil cetakan sesuai, maka harus diatur ukuran kertasnya. Nah, biasanya ukuran yang digunakan adalah dalam bentuk centimeter. Untuk ukuran kertas dalam centimeter ini memiliki panjang 21 cm x 33 cm. Biasanya di pengaturan halaman cetak dalam komputer akan tertulis jenis halaman cetak beserta ukuran ini dalam centi meter.

Jenis kertas folio (f4) adalah jenis kertas yang paling banyak ditemukan untuk mencetak, seperti fotocopy atau penggunaan di kantor. Kertas ini memiliki ukuran lebih panjang dibandingkan jenis kertas untuk mencetak umumnya. Selain itu kertas F4 ini juga disediakan dalam berbagai warna tergantung kebutuhan Anda. Beberapa ukuran kertas F4 di atas harus Anda ketahui karena akan memudahkan Anda dalam memilih dan melakukan pengaturan kertas saat mencetak. Dengan mengetahui ukuran kertas ini juga akan memudahkan Anda dalam memilih kertas sesuai kebutuhan untuk mencetak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *