Web Analytics

Ukuran Kertas A6 dalam CM, MM, Inch

Seri A merupakan ukuran berstandar ISO yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Tidak hanya di Indonesia saja, seri ini juga dipakai oleh masyarakat di seluruh dunia. Berdasarkan fungsinya, seri A dibagi lagi menjadi beberapa ukuran berbeda yang memiliki kegunaannya masing-masing. Mulai dari ukuran terbesar yaitu A0 hingga ukuran terkecil yaitu A10. Salah satu ukuran kertas seri A yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah ukuran A6. Meskipun ukuran kertas A6 jarang digunakan namun harus diketahui jika sewaktu-waktu membutuhkan kertas ukuran kecil.

Ukuran Kertas A6 Beserta Kegunaannya

Mengetahui setiap ukuran kertas dengan rinci penting untuk mengatasi kesalahan ukuran. Misalnya saat mencetak dengan printer, jika ukuran kertas di komputer tidak sama dengan asli maka hasil printout akan berantakan. Berikut ini merupakan ukuran dari kertas A6 setiap satuan beserta dengan kegunaannya yang mungkin bisa Anda manfaatkan.

Pengertian Ukuran A6

Ukuran A6 merupakan salah satu ukuran kertas pada seri A dari Standar International ISO yang jika dilihat menurut ukurannya berada pada posisi ketujuh. Seri A dengan ukuran terbesar adalah A0 kemudian dilanjutkan dengan ukuran A1, ukuran A2, ukuran A3, ukuran A4, ukuran A5, dan ukuran A6. Dari ketujuh ukuran tersebut, A6 merupakan kertas dengan ukuran terkecil. Namun masih ada ukuran di bawahnya yaitu A8, A9, dan A10.

Ukuran dari Kertas A6

Standar International ISO untuk ukuran kertas diberlakukan sama pada semua negara yang menerapkannya. Jadi ukuran kertas A6 dari satu negara dengan negara yang lainnya pasti sama. Yang membedakannya adalah ketebalan dan juga kualitas kertas yang digunakan. Berikut ini adalah ukuran dari kertas A6 pada beberapa satuan.

  • Ukuran A6 dalam milimeter adalah 105 mm x 148 mm.
  • Ukuran A6 dalam centimeter adalah 10,5 cm x 14,8 cm.
  • Ukuran A6 dalam inch adalah 4,13 inch x 5,83 inch.
Baca juga :  Ukuran Kertas A4 atau Kuarto dalam CM, MM, Inch

Kegunaan Kertas A6

Karena ukurannya yang sangat kecil yaitu seperempat bagian dari kertas A4 yang sering kita lihat, kertas A6 ini jarang digunakan dan tidak banyak dicari. Meskipun begitu ada juga beberapa orang yang mencari ukuran A6 untuk kartu tanda pengenal, alat tulis, amplop, kertas tulis, serta dokumen percetakan ukuran kecil. Kertas A6 paling sering digunakan untuk kartu tanda pengenal, misalnya dalam organisasi atau kepanitiaan tertentu. Ukuran dari kertas A6 tidak terlalu kecil sehingga bisa dilihat dengan jelas namun juga tidak terlalu besar sehingga bisa digantung pada leher.

Itulah sedikit informasi mengenai ukuran A6 pada setiap satuan dan juga kegunaannya untuk sehari-hari. Semoga dengan mengetahui ukuran kertas A6 secara detail, Anda tidak lagi kebingungan ketika membutuhkannya. Meskipun jarang dipakai, namun kertas A6 mudah didapatkan di toko ATK.

Leave a Feedback!