Ukuran Kertas A1 dalam CM, MM, Inch

Posted on 99 views

Saat memilih kertas untuk kebutuhan mencetak, Anda sebagai pengguna harus tahu jenis, ukuran dan kegunaannya masing-masing agar tidak salah memilih kertas. Jika salah memilih tentu akan berakibat pada kualitas hasil cetak nantinya. Hal ini karena setiap jenis kertas dan ukurannya pasti sudah disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Seperti misalnya untuk ukuran kertas saja, ada ukuran standar yang sudah ditetapkan oleh International Organization of Standardization (ISO) sebagai panduan untuk pengguna yang akan menggunakan berbagai jenis kertas.

Ukuran standar ini juga ditetapkan dan dikelompokkan dalam beberapa seri ukuran seperti seri A, seri B, seri F dan seri lainnya. Setiap seri kertas ini memiliki ukuran sendiri-sendiri yang sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhannya. Salah satunya adalah ukuran kertas A1. Ukuran kertas ini biasanya tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan lebih banyak digunakan untuk kebutuhan profesional. Hal ini ukuran kertasnya yang cukup besar sehingga juga membutuhkan mesin pencetak yang lebih besar pula.

Ukuran Kertas A1 untuk Mencetak Poster Mini

  1. Ukuran Kertas A1 dalam Centimeter

Ukuran kertas berdasarkan standar ISO yang paling sering digunakan adalah ukuran dalam centimeter. Ukuran ini adalah ukuran yang paling umum digunakan dalam pencetakan. Karena itu Anda juga harus mengetahui ukuran berbagai jenis kertas termasuk juga ukuran kertas A1 dalam satuan senti meter. Untuk ukuran kertas A1 dalam senti meter adalah 59.4 cm x 84.1 cm.

  1. Ukuran Kertas A1 dalam Milimeter

Ukuran kertas yang umumnya dijual di pasaran biasanya menggunakan satuan ukuran milimeter. Jika ukuran centimeter digunakan untuk mengukur pada media pencetaknya, maka ukuran milimeter ini digunakan untuk ukuran media cetaknya. Anda tak perlu bingung jika membeli kertas A1 di pasaran namun menemukan kertas dengan satuan ukuran milimeter. Untuk ukuran milimeter tinggal mengalikan 100 agar menjadi centimeter. Ukuran untuk kertas A1 dalam satuan ukuran milimeter adalah 594 mm x 841 mm.

  1. Kertas A1 dalam Inchi

Satuan ukuran inchi ini memang tidak biasa digunakan di Indonesia. Biasanya satuan ukuran ini lebih sering digunakan di negara-negara Eropa atau Amerika. Namun tak usah khawatir karena ISO juga memberikan daftar standar ukuran kertas untuk kertas A1 dalam satuan ukuran inchi. Dalam satuan inchi, kertas A1 memiliki lebar 23.4 inchi dan tinggi 33.1 inchi.

Berbagai jenis kertas dalam berbagai ukuran memang sangat mudah ditemukan di pasaran. Masing-masing jenis dan ukuran kertas ini tentu dibuat dengan bahan dan ukuran tertentu yang sudah disesuaikan dengan standar. Terutama untuk ukuran kertas memang sudah dipasarkan dalam ukuran tertentu yang sudah ditentukan oleh ISO. Berbagai ukuran kertas ini sudah bisa langsung digunakan oleh pengguna tanpa perlu memotong lagi dari bentuk lembaran. Seperti misalnya untuk membuat poster dibutuhkan ukuran kertas A1 dengan ukuran kertas seperti yang dijelaskan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *