Tempat Wisata di Jakarta yang Paling Hits dan Menarik untuk Dikunjungi

Posted on 85 views

DKI Jakarta telah mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan berjalannya waktu. Dapat dikatakan bahwa untuk saat ini Jakarta merupakan kota yang paling modern di Indonesia. Di samping itu, sebagai pusat pemerintahan negara Indonesia membuat Jakarta mempunyai banyak sekali bangunan-bangunan dan tempat yang menarik untuk dikunjungi. Selain bertujuan untuk mengurusi bisnis, banyaknya tempat wisata di Jakarta juga membuat orang-orang mendatangi kota ini dengan tujuan untuk berlibur.

Liburan mempunyai manfaat yang sangat penting bagi kesehatan jiwa untuk menghindari depresi dan stress. Walaupun wilayah Jakarta identik akan jalanannya yang macet,namun hal ini tidak perlu dijadikan sebagai masalah. Terdapat beberapa tempat rekreasi di Jakarta yang menarik untuk Anda kunjungi bersama sanak saudara. Untuk itu berikut tepat yang dapat dikunjungi dalam mengisi liburan di kota Jakarta.

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII pertama kali dibangun dan diresmikan pada era kepresidenan Soeharto. Lokasi dari tempat wisata ini, tepatnya terletak di daerah Cipayung, Jakarta Timur. Untuk tiket masuk pada gerbang utamanya dibanderol hanya sekitar 60 ribu rupiah saja, serta tergantung juga dengan kendaraan yang digunakan. Salah satu bangunan ikonik dari TMII yaitu gedung teater berbentuk sepeti keong yang bernama IMAX. Biasanya film yang diputar didalamnya yaitu berjudul Tanah Airku dan Keong Mas. Selain itu, masih ada banyak wahana yang dapat Anda coba dengan tarif berkisar antara 10 hingga 30 rupiah.

2. Monumen Nasional (Monas)

Monas adalah salah satu ikon dari kota Jakarta berbentuk monumen dengan bermahkotakan lidah api berwarna emas sebagai tanda dari perjuangan rakyat Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Bangunan yang memiliki tinggi 32 meter tersebut dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 pada era kepresidenan Ir. Soekarno. Hingga saat ini, Monas masih kokoh berdiri sejak peresmiannya pada 16 Juli 1975. Selain itu, Monas juga sering dijadikan sebagai salah satu tempat wisata Jakarta oleh para turis. Dengan tiket seharga 30 ribu rupiah, Anda sudah bisa melihat Jakarta dari puncak Monas maupun mengunjungi museum yang ada didalamnya.

3. Pantai Ancol

Tidak hanya tempat wisata buatan, ternyata Jakarta juga mempunyai wisata alam yaitu Pantai Ancol. Di pantai ini, Anda dapat bermain atau bersantai di pantai sambil melihat terbenamnya matahari. Bukan hanya itu, ketika lelah menyusuri pantai ini maka para turis dapat beristirahat dan mengisi perut di restoran yang ada di sepanjang Pantai Ancol dengan berbagai jenis menu seafood. Biaya yang dibanderol untuk dapat memasuki kawasan Pantai Ancol ini hanya sebesar 25 ribu rupiah. Selain itu juga terdapat banyak tempat yang menyewakan tikar untuk menambah kenyamanan ketika berada di pantai.

4. Kepulauan Seribu

Selain Pantai Ancol, Jakarta juga mempunyai Kepulauan Seribu yang merupakan tempat wisata alam yang sering dikunjungi oleh para turis untuk jalan jalan di Jakarta. Di kawasan ini, Anda dapat mengunjung berbagai pulau, seperti Pulau Macan, Pulau Tidung, Pulau Bidadari, dan masih banyak pulau lagi. Pada pulau-pulau tersebut dihiasi dengan pasir putih serta laut biru, sehingga dapat melupakan hiruk pikuk kota Jakarta. Untuk mengunjungi Kepulauan Seribu ini cukup mudah, untuk saat ini sudah banyak agen wisata yang menyediakan paket wisata ke Pulau Seribu dengan biaya terjangkau. Jadi tidak perlu khawatir lagi tentang tempat tinggal, akomodasi, dan keperluan lainnya karena sudah diatur oleh pihak agen.

5. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

Jika Anda ingin berlibur di kota Jakarta dengan melihat keindahan dari para binatang, tidak usah khawatir karena ada taman suaka margasatwa bernama Muara Angke. Dalam taman suaka ini, para wisatawan dapat menyusuri hutan tersebut dengan berjalan kaki sambil menyaksikan kegiatan yang dilakukan oleh hewan-hewan didalamnya. Di dalam tempat ini juga terdapat berbagai macam binatang langka seperti biawak. Selain itu, tempat ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk berfoto dengan bintang disertai keindahan hutan bakau sebagai latar belakangnya.

6. Kota Tua

Ketika Anda sedang jalan jalan di Jakarta, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke kawasan Kota Tua. Kawasan wisata ini tepatnya terletaknya di bagian utara Jakarta Pusat. Kota Tua menjadi salah satu tujuan wajib dikunjungi oleh setiap wisatawan yang sedang berada di kota Jakarta. Selain tempatnya yang nyaman digunakan untuk bersantai sambil bercengkrama, tempat ini juga sangat indah jika digunakan sebagai latar belakang dalam foto. Tidak hanya itu, Kota Tua juga mempunyai unsur dan nilai sejarah yang tinggi.

7. Dunia Fantasi (Dufan)

Dufan merupakan salah satu tempat rekreasi yang wajib dikunjungi ketika berada di Jakarta. Di tempat ini, terdapat banyak sekali wahana yang dapat Anda coba, mulai dari wahana sederhana hingga wahana yang paling menegangkan. Biaya untuk memasuki Dufan dibanderol 200 ribu rupiah pada hari biasa. Namun, ketika akhir pekan atau liburan biasanya harga tiketnya akan sedikit mahal. Selain menyediakan berbagai macam wahana yang menyenangkan, di tempat ini juga tersedia banyak spot menarik untuk mengambil foto.

8. Pasar Tanah Abang

Tidak lengkap rasanya jika telah menginjakkan kaki di Jakarta tapi belum mengunjungi kawasan Pasar Tanah Abang. Dapat dikatakan bahwa Pasar Tanah Abang ini merupakan pusat perbelanjaan yang sudah terkenal sampai mancanegara. Di tempat ini, Anda dapat menemukan berbagai macam barang-barang serta makanan yang sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh dari Jakarta. Harga dari barang-barang di Pasar Tanah Abang ini juga tergolong murah. Kawasan ini mulai buka dari subuh hingga menjelang maghrib. Jika ingin berbelanja dengan nyaman usahakan mendatanginya pada pagi hari, karena Pasar Tanah Abang sangat ramai pengunjung terutama ketika musim liburan.

9. Kebun Binatang Ragunan

Ketika Anda sedang berada di Jakarta dan ingin mengunjungi kebun binatang tidak usah khawatir. Di Jakarta terdapat Kebun Binatang Ragunan yang terkenal dengan kelengkapan jenis binatang di dalamnya. Dalam kawasan ini terdapat setidaknya 300 spesies hewan lengkap dengan penjelasan dari spesies hewan tersebut. Kebun Binatang Ragunan juga cocok sebagai tempat edukasi untuk anak-anak selain untuk tempat refresing. Untuk memasuki kawasan ini hanya cukup dengan 20 ribu rupiah saja, maka sudah bisa menikmati keindahan binatang didalamnya dan menaiki wahana yang ada didalamnya.

10. Kampung China

Dapat dikatakan bahwa Kampung China merupakan tempat wisata Jakarta yang cukup unik. Hal ini dikarenakan ketika berada di kawasan ini, Anda akan merasakan sensasi seperti berada di negara China. Dengan bangunan bercat identik warna merah pada temboknya, akan semakin memperkuat nuansa China dalam kawasan wisata tersebut. Selain itu, dalam kawasan Kampung China ini juga terdapat banyak tempat yang menjual berbagai macam oleh-oleh berupa suvenir maupun baju khas China dengan harga terjangkau. Kampung China ini tepatnya terletak di Cibubur, Jakarta.

11. Setu Babakan Jakarta

Setu Babakan Jakarta merupakan salah satu kawasan wisata berupa cagar budaya di Jakarta yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dalam kawasan ini, Anda dapat melihat dan menikmati berbagai macam bangunan serta peninggalan budaya Betawi. Dapat dikatakan bahwa Setu Babakan Jakarta adalah tempat terbaik untuk menyaksikan berbagai macam budaya asli dari Betawi secara langsung seperti pembuatan makanan khas Betawi, perdagangan, cara bercocok tanam, pembuatan berbagai kerajinan khas Betawi, dan masih banyak lainnya. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat danau besar dimana para wisatawan bisa mengarunginya dengan kapal yang telah disediakan.

12. Sea World Ancol

Selain kebun binatang dan suaka margasatwa, ternyata di Jakarta juga terdapat suatu tempat wisata yang menyajikan keindahan berbagai satwa air. Anda dapat mengunjungi Sea World Ancol jika ingin melihat berbagai hewan laut seperti ikan pari, ikan hiu, dan hewan laut lainnya secara dekat. Di kawasan ini, terdapat sekitar 22.000 ekor ikan dengan 126 jenis ikan yang berbeda. Tempat ini sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk berlibur sekaligus menambah pengetahuan mengenai aneka satwa laut. Selain itu, para wisatawan juga dapat diving ada area yang telah ditentukan. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengunjungi kawasan ini cukup murah, yakni 80 ribu rupiah untuk hari biasa dan 90 ribu rupiah untuk akhir pekan.

13. Museum Bahari

Museum Bahari merupakan sebuah museum di Jakarta yang berhubungan dengan nelayan. Sebelum dijadikan menjadi sebuah museum, sebenarnya tempat ini merupakan bangunan yang digunakan untuk menyimpan hasil bumi. Namun, beberapa tahun kemudian fungsi dari tempat tersebut diubah karena dirasa lebih layak dijadikan sebagai museum daripada hanya tempat penyimpanan hasil bumi. Di dalam museum ini, terdapat banyak sekali bentuk perahu dan kapal yang dibuat pada zaman VOC di Indonesia. Selain itu, di tempat ini juga terdapat berbagai macam peralatan yang digunakan oleh para nelayan pada kala itu. Tidak hanya cocok sebagai tempat berlibur, namun juga menambah pengetahuan tentang sejarah.

14. Pasar Seni

Pasar Seni adalah salah satu tempat rekreasi di Jakarta yang wajib Anda kunjungi, terutama bagi para pecinta kesenian. Pasar Seni sendiri kerap dikunjungi oleh para kolektor kesenian dan merupakan pusat dari kerajinan serta seni di Jakarta. Tempat ini didirikan dengan tujuan untuk mengapresiasi hasil karya para seniman berbakat yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Selain terdapat banyak toko yang menyediakan cinderamata, di tempat ini juga dilengkapi dengan galeri pameran kesenian dan panggung untuk pertunjukan.

15. Taman Wiladakita

Nama Wiladakita sebenarnya adalah akronim dari Widya Mandala Krida Bakti Pramuka. Taman yang berada di kawasan Cibubur ini terkenal akan tampilan cantiknya diiringi dengan udara segar dan hawa sejuknya. Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan taman dan refresing untuk menghilangkan penat. Selain itu, di Taman Wiladakita ini juga terdapat kolam renang serta danau lengkap dengan perahu kecil yang dapat disewa untuk berkeliling di sekitarnya.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai beberapa tempat wisata di Jakarta. Hal ini jauh terhadap pandangan rata-rata masyarakat mengenai hiruk pikuk Jakarta, dan ternyata banyak tempat wisata disana yang menarik untuk dikunjungi. Akan sangat rugi jika Anda sudah berada di Jakarta, namun melewatkan satu saja kawasan wisata diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *