Tempat Makan Enak di Jogja Dengan Nuansa Alam

Posted on 199 views

Berbicara tentang Jogja pasti tidak jauh-jauh dari tempat wisata bahari dan kudapan daerah yang membuat siapapun rindu. Selain terkenal dengan pantai pasir putihnya, Anda juga akan menemukan banyak tempat makan enak di Jogja dengan cita rasa kuliner yang kental rasa manis serta kekayaan rempahnya. Hal tersebut merupakan satu keistimewaan yang akan Anda temukan jika mengunjungi propinsi bagian Utara pulau Jawa ini. Pasar kuliner Jogja menawarkan banyak pilihan untuk wisatawan, mulai dari pedagang keliling, angkringan, warung, lapak kaki lima hingga restaurant berbintang, semua bisa disesuaikan budget dan kebutuhan Anda, meski pada umumnya harga makanan di Jogja relatif lebih murah dibandingkan dengan kota besar lainnya di seluruh Indonesia.

8 Tempat Makan Enak di Jogja Bernuansa Alam Pedesaan

tempat makan enak di jogja

Menjamurnya wisata di Jogja, membuat pengusaha kuliner mendesain tempat makan sedemikian rupa. Salah satu yang sangat dicari pengunjung adalah tempat makan dengan nuansa alam. Jika Anda akan merencanakan liburan ke Jogja, berikut ini ada beberapa alternatif rumah makan yang bisa dicoba :

1. Warung Sawah Gondang Legi

Beralamat di Jalan Gito Gati, Dusun Gondanglegi, Ngaglik, Sleman – DIY Jogjakarta. Sesuai dengan nama besarnya, Warung Sawah Gondang Legi adalah rumah makan yang terletak di sekitar area persawahan, udara sejuk dan khas suasana pedesaan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Meski terkesan sangat tradisional, namun menu yang ditawarkan sangat beraneka ragam seperti : Nasi dan Sate Lilit, Bebek Goreng Krispi, Minuman Segar, hingga Salad.

2. Warung Kepik Sawah

Kesan pertama yang ditemukan pada saat Anda mengunjungi Warung Kepik Sawah adalah desain tempatnya yang memadukan nuansa modern dengan budaya asli Indonesia. Ini terlihat dari hiasan topeng dan interior kayu yang memberikan kesan alam di dalamnya. Selain tempat makan di dalam, tersedia juga beberapa gazebo di area persawahan, lengkap dengan menu nusantara seperti : Garang Asem, Gadon, Soda Gembira dan Sarsaparilla. Terletak di Jalan Godean, Sidoagung, Sleman – DIY Jogjakarta, salah satu tempat makan enak di Jogja ini cukup mewakili suasana pedesaan untuk bernostalgia.

3. Abhayagiri Restaurant

Abhayagiri Restaurant merupakan salah satu tempat makan enak di Jogja yang berada di tengah kota. Terletak di Sumberwatu Heritage Resort, Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan, rumah makan ini sangat dekat dengan kawasan Candi Prambanan. Selain dirancang dengan dekorasi alam, sentuhan pernik modern juga kental terlihat dari banyaknya spot foto yang disediakan. Menu yang disajikan seperti Rica-rica Kambing, Roasted Salmon, Fruit Punch ditata secara mewah di atas piring saji. Hal ini menambah suasana menjadi lebih hangat dan hati yang penuh keceriaan.

4. Restaurant Boyong Kalegan

Seperti berlibur di pulau tropis, demikian yang akan Anda temukan di Restaurant Boyong Kalegan. Tempat makannya terdiri dari saung-saung di atas air, untuk menujunya pengunjung bisa menggunakan rakit yang telah disediakan. Seperti tema laut pada umumnya, rumah makan ini menyediakan berbagai menu olahan ikan seperti : Ikan Gurame Bakar, Ikan Nila Goreng, Udang Asam Manis dan Ikan Wader Goreng. Berlokasi di Jalan Raya Pakem – Turi, Candibinangun, Sleman – DIY Jogjakarta, Anda bisa menemukan kuliner seafood dengan nuansa bangunan yang instagramable.

5. Pondok Makan Pelem Golek

Jika Anda ingin mendapatkan sentuhan eksotis sekaligus berwisata kuliner, Pondok Makan Palem Golek bisa menjadi salah satu pilihannya. Deretan gazebo kayu yang berdiri di pinggir sungai, gemercik air dan jalan setapak merupakan ciri khas di rumah makan ini. Menu utama yang ditawarkan adalah Gurame Mutiara Hitam dan masakan lainnya seperti kepiting dan udang. Rumah makan dengan nuansa air ini berlokasi di Jalan Palagan Tentara Pelajar KM 7, Sariharjo, Ngaglik, Sleman – DIY Jogjakarta.

6. The Manglung Café

Berada di atas bukit dengan panorama pegunungan yang asri dapat Anda temui di The Manglung Café. Tema outdoor akan membawa Anda pada suasana romantis yang lembut dengan paparan taman bintang saat malam hari. Berada di Jalan Ngoro Ngoro Ombo, Patuk, Gunung Kidul – DIY Jogjakarta, café ini hanya menyediakan menu ringan seperti sandwich, creppes dan aneka minuman. Tempat ini merupakan tempat makan enak di Jogja yang wajib dikunjungi, karena panorama alam yang masih ramah dan jauh dari polusi.

7. Joglo Pari Sewu

Berlokasi di Bromonilan, Purwomartani, Kalasan,Sleman – DIY Jogjakarta. Salah satu keunikan dari Joglo Pari sewu adalah dekorasi tempatnya yang banyak dihiasi boneka raksasa. Bangunannya yang dibentuk layaknya homestay akan membuat liburan Anda semakin dekat dengan keluarga. Menu andalan tempat makan enak di Jogja ini adalah Corndog yang dipadukan dengan manisnya es krim. Bagi Anda yang hendak bernostaliga, hidangan Nasi Pecel atau Ayam oku-oku juga tersedia disini.

8. Restaurant Numani

Restaurant Numani memiliki dua cabang yaitu Restaurant Numani 1 yang terletak di Jalan Parangtritis KM 7 DIY Jogjakarta dan Restaurant Numani 2 yang terletak di Jalan Hayam Wuruk No. 64 DIY Jogjakarta. Restaurant Numani adalah tempat makan enak di Jogja yang memiliki standart rumah makan Asia. Hal ini dikarenakan, menu dan fasilitas yang disediakan merupakan yang terlengkap di Jogja. Berdiri pada satu lokasi yang sama, namun mampu memberikan layanan yang beraneka seperti : ruang restaurant utama, tempat karaoke, aula untuk acara besar, bahkan Anda akan mendapatkan hiburan live music untuk hari Sabtu dan Minggu secara gratis. Menu utama di rumah makan ini adalah Gurame dan berbagai olahan Seafood.

8 tempat makan enak di Jogja di atas merupakan beberapa pilihan yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Selain karena menampilkan view alam di Indonesia, rasa yang disajikan juga tidak diragukan lagi. Cita rasa asli Jogja yang dipadukan dengan racikan rempah yang disesuaikan dengan lidah pengunjungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *