Tempat Bermain Anak di Jakarta yang Asik & Seru untuk Liburan

Posted on 12 views

Selain sebagai ibukota negara, nyatanya Jakarta merupakan sebuah kota yang juga cocok untuk kegiatan bersama keluarga, khususnya bermain bersama anak-anak. Hal itu bisa dilihat dengan adanya sejumlah tempat bermain anak di Jakarta yang semakin beragam. Belum lagi tempat wisata lain yang wajib didatangi saat liburan. Jika Anda adalah salah satu yang akan berlibur di Jakarta, inilah daftar destinasi yang harus Anda kunjungi saat liburan bersama keluarga.

Daftar 14 Tempat Wisata dan Tempat Bermain Anak di Jakarta yang Wajib Didatangi

1. The Cat Cabin

Apakah Anda suka kucing? Jika iya maka inilah tempat yang paling tepat untuk dikunjungi. Hewan berbulu nan menggemaskan ini siap membuat hari Anda semakin menyenangkan. Anda bebas memeluk kucing-kucing di  tempat main anak di Jakarta ini hingga seharian. The Cat Cabin sendiri berlokasi di daerah Kemang Jakarta Selatan dan buka  dari selasa sampai Kamis buka pukul 10.00 – 21.00 WIB serta hari Jumat sampai Minggu 10.00-22.00 WIB. Harga tiketnya berkisar Rp 60.000 hingga Rp 65.000.

2. Museum Layang-Layang

Siapa yang tidak tahu layang-layang? Permainan zaman dahulu ini cukup sulit ditemukan di Jakarta. Akan tetapi jika Anda mau membuat dan menerbangkannya, maka datangi saja tempat bermain anak di Jakarta yang satu ini. Cukup datang saja ke Museum Layang-Layang yang terkenal. Di sana Anda bisa melakukan hobi masa kecil yang terpendam. Museum ini berlokasi di Pondok Labu Jakarta Selatan dan buka setiap hari (Kecuali libur nasional) 09.00 – 16.00 WIB.

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Siapa yang belum pernah dengar tentang Taman Mini? Tempat rekreasi anak di Jakarta yang satu ini menjadi salah satu tempat yang wajib masuk dalam list. Taman seluas 150 hektar tersebut berisi miniatur dari Indonesia dan berlokasi di Cipayung Jakarta Timur. Ada paviliun dari tiap provinsi di negara ini. Di dalamnya terdapat rumah adat dan danau yang sangat mencerminkan nusantara. TMII buka dari pkl 07.00 hingga 22.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 10.000. Harga itu khusus untuk tiket ke TMII saja. Untuk bermain tiap wahana Anda perlu membayar lagi dengan harga yang berbeda-beda.

4. Dunia Fantasi (Dufan)

Tempat rekreasi anak di Jakarta yang paling terkenal? Jawabannya adalah Dufan. Dufan atau Dunia Fantasi adalah taman bermain yang bisa dinikmati segala usia. Mulai dari anak-anak hingga orang tua bisa bersenang-senang di sana. Tempat bermain tersebut dilengkapi dengan lebih dari 30 aktivitas yang seru dan menyenangkan. Bahkan yang menegangkan juga ada seperti misalnya wahana Hysteria dan Tornado. Destinasi wisata ini berlokasi di Jalan Lodan Timur Nomor 7, Jakarta Utara dan buka setiap hari dari Pkl 10.00 – 18.00 WIB (Untuk hari biasa), dan 10.00 – 22.00 WIB (Untuk weekend). Untuk tiket masuknya Rp 195.000,- untuk hari biasa, Rp 275.000,- untuk weekend, Rp 290.000,- untuk tiket Annual Pass.

5. Waterbom Jakarta

Bukan hanya di Bali, waterbom juga ada di Jakarta. Wisata anak di Jakarta tersebut mempunyai luas 3,8 hektar. Tempat wisata yang dibangun bertema taman tropis tersebut menjadi tempat ideal untuk bermain. Anda bisa mencoba perosotan maupun perosotan yang ada di sana, misalnya saja Speed Slide yang kecepatannya dapat mencapai 70 km per jam. Waterbom Jakarta beralamat di Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara. Anda bisa mengunjungi lokasi ini setiap hari pada Pkl 10.00 – 21.00 WIB (Untuk hari biasa), dan 08.00 – 21.00 WIB (Untuk weekend). Harga tiket masuknya yakni Rp 150.000,- untuk dewasa di hari biasa, Rp 100.000,- untuk anak-anak di hari biasa, Rp 250.000,- untuk dewasa di akhir pekan, Rp 190.000,- untuk anak-anak di akhir pekan.

6. Pinisi Science & Edutainment Park

Tempat wisata selanjutnya yang bisa didatangi saat liburan di Jakarta adalah Pinisi Science & Edutainment Park. Di sini terdapat banyak aktivitas yang bisa bebas Anda mainkan. Beberapa aktivitas tersebut misalnya lingkungan, fisik, teknologi, budaya, seni, dan masih banyak lagi. Anda bersama keluarga terutama si kecil bisa belajar untuk mengapresiasi budaya dan kesenian negara Indonesia.

Anda bisa belajar bermain alat musik tradisional, belajar membuat batik, belajar menari tradisional, naik becak, belajar tentang wayang, merekam suara, dan masih banyak lagi. Yang menarik lagi di Pinisi Science & Edutainment Park terdapat Science Center dimana Anda bebas belajar mengenai fisika secara menyenangkan. Tempat ini berlokasi di Pasaraya Blok M tepatnya di Lantai 8 dan 10, Jakarta Selatan. Untuk tiket masuknya masih cukup terjangkau yakni  Rp 65.000,- sampai Rp135.000,- (untuk hari biasa) dan Rp75.000,- sampai Rp165.000,- (untuk akhir pekan). Anda pun bisa mengunjungi lokasi ini setiap hari pada Pkl 10.00 – 17.00 WIB (Untuk hari biasa), serta 10.00 – 19.00 WIB (Untuk weekend).

7. The Playground

Di The Playground ada beberapa wahana yang dapat si kecil explore. Wahana tersebut yaitu ayunan, seluncur, flying fox, area bermain air, memanjat, dan masih banyak lagi. Untuk bermain di sana pastikan jika anak Anda berumur setidaknya 10 tahun. Jika kurang dari itu maka dilarang bermain berdasarkan aturan yang ditetapkan. Lokasi tempat bermain ini berada di Jl Kemang Dalam III B, Jakarta Selatan. Harga tiketnya pun masih cukup terjangkau yakni Rp 65.000,- untuk 1 anak. Berkunjunglah ke lokasi ini pada pukul 10.00 – 18.00 WIB.

8. Kidzania

Kidzania merupakan wahana bermain anak yang menawarkan setidaknya 71 paviliun. Di sana anak bisa belajar untuk menjadi lebih kreatif dan mandiri. Anda dapat mengajak si kecil untuk mencoba bermain peran sebagai petugas SPBU, datang ke rumah sakit, mengendarai mobil, dan masih banyak lagi. Alamat tempat bermain anak ini berada di lantai 6 Pasific Place Mall, Jakarta Pusat. Kidzania buka setiap hari mulai pkl 09.000 hingga 20.00 WIB. Jika ingin menikmati fasilitas disini, cukup membayar biaya tiket sebesar Rp 100.000,- untuk 1 anak.

9. Cibubur Garden Diary

Jika Anda ingin mengenalkan anak pada bidang peternakan dan sejenisnya maka tempat wisata inilah yang tepat. Si kecil bisa belajar untuk memerah susu sapi maupun bermain berbagai kegiatan yang melibatkan dengan peternakan dan hewan-hewannya. Lokasi destinasi ini berada di Jakarta Timur, tepatnya di Kompleks Peternakan DKI, Blok C Nomor 1 Cipayung. Jam buka Cibubur Garden Diary dimulai dari pkl 09.00 hingga 18.00 WIB. Harga Tiketnya pun cukup murah yakni Rp 65.000,- untuk 1 anak.

10. Sky Rink

Sky Rink adalah wahana bermain ski di lapisan es buatan yang mirip dengan aslinya. Karena Indonesia tidak memiliki musim dingin, maka apabila Anda dan anak ingin mencoba bermain ski tak usah jauh-jauh ke luar negeri. Cukup datang saja ke tempat menarik yang satu ini. Harga tiket masuk tempat bermain ini yakni Rp 85.000 saja per orang. Dengan harga yang terjangkau, Anda dan anak-anak bisa menikmati wahana permainan ski sepuasnya. Lokasi Sky Ring yakni berada di lantai 3 Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat. Untuk jam bukanya sendiri dimulai dari Pkl 09.00 – 21.30 WIB.

11. Planetarium

Wahana bermain bagi keluarga ini menawarkan sensasi menjelajahi luar angkasa yang menakjubkan. Anda bisa menjelajahi dan berpetualang sembari melihat bintang, meteor, maupun tata surya yang agung. Untuk menikmati wahana permainan ini, Anda cukup mengocek kantong sebesar Rp 3.500,- untuk anak-anak dan Rp 7.000,- untuk dewasa. Harga yang sangat terjangkau dan murah meriah, bukan? Untuk alamat lengkapnya sendiri berada di Jakarta Pusat, tepatnya di Taman Ismail Marzuki Jl Cikini Raya 16.30 WIB (Selasa, Rabu, Kamis), 16.30-17.30 (Jumat), dan 14.30-15.30 (Sabtu, Minggu).

12. Museum Bank Indonesia

Museum ini memberikan konsep wisata edukasi bagi anak-anak untuk lebih mengenal sejarah serta koleksi mata uang Indonesia maupun mata uang negara lainnya. Anda dan anak bisa lebih mengenal lebih dekat benda yang biasa digunakan sehari-hari. Dengan kegiatan ini, anak-anak akan lebih tahu tentang sejarah dan mata uang yang ada saat ini maupun masa lalu. Museum Bank Indonesia sendiri berlokasi di Jakarta Barat, tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara no 3.  Anda bisa berkunjung kesini mulai pkl 08.00 hingga 16.00 WIB.

13. Giggle Fun Factory

Giggle Fun Factory merupakan wahana bermain yang dibagi menjadi dua arena playground. Di wahana ini, anak bisa bermain sekaligus melatih kemampuan motoriknya. Jadi bukan hanya keseruan saja yang didapat melainkan juga melatih si kecil. Berbagai wahana bisa dicoba namun sebagai orang tua tentu Anda harus terus mengawasi anak Anda agar mencegah hal-hak yang tidak diinginkan. Alamat lengkap lokasi bermain anak ini yakni di lantai 5 fX Lifestyle Xnter F5, Pintu Satu Senayan. Harga Tiket       Masuk untuk menikmati wahana ini yakni Rp 100.000,- (Senin sampai Kamis) Rp  120.000,- (Jumat, Sabtu, dan hari libur). Dan untuk jam bukanya dimulai dari pkl 10.00 hingga 22.00 WIB.

14. Kebun Binatang Ragunan

Yang terakhir ada Kebun Binatang Ragunan yang sudah berdiri sejak tahun 1864. Saking terkenalnya kebun binatang ini seperti hampir tak pernah sepi saat liburan. Selalu saja ramai dikunjungi keluarga. Anda bisa mengajak anak untuk mengenal berbagai jenis hewan mulai dari mamalia, reptil, burung, dan hewan lain. Kebun Binatang legendaris ini berlokasi di Pasar Minggu dan buka dari pkl 07.00 hingga 16.00 WIB. Harga tiket wisata ini amat sangat terjangkau yakni Rp 4.000,-  (Untuk dewasa) Rp 3.000,- (Untuk anak-anak). Dengan harga tiket yang murah ini membuat Ragunan dikenal sebagai lokasi wisata yang merakyat bagi masyarakat Indonesia.

Itulah tadi daftar 14 tempat main anak di Jakarta yang wajib dikunjungi saat libur tiba. Semua tempat bermain diatas tentunya memiliki keunikan tersendiri. Anda bisa mengajak keluarga Anda untuk berwisata sesuai dengan budget yang dimiliki. Yang jelas semuanya menyenangkan untuk dicoba dan mengedukasi. Jadi tempat mana yang akan Anda datangi bersama keluarga di liburan kali ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *