Ukuran Kertas Letter dan Perbedaannya dengan A4 dalam CM, MM, Inch

Posted on 49 views

Ukuran letter sering kita temukan pada aplikasi komputer seperti Microsoft Word karena aplikasi tersebut dibuat oleh orang Amerika yang menggunakan standar original. Sayangnya kertas berukuran letter ini sangat jarang sekali ditemui di Indonesia yang menggunakan ukuran Standar International seperti Seri A atau F. Jadi banyak orang yang mengira bahwa kertas letter ini satu ukuran dengan A4 yang mereka gunakan. Anda harus tahu ukuran kertas letter pasti karena sebenarnya ukurannya berbeda dengan A4.

Ukuran Kertas Letter dan Perbedaannya dengan A4

Jika Anda masih menganggap ukuran letter dengan A4 sama, maka harus segera merubahnya. Karena ada sedikit perbedaan pada kedua ukuran tersebut. Jika memang membutuhkan kertas dengan ukuran letter, Anda bisa membuatnya sendiri dengan memotong kertas dari ukuran yang lebih besar. Tapi sebelumnya Anda harus tahu ukuran detailnya serta perbedaan ukuran kertas letter dan A4 agar tidak salah.

Ukuran dari Kertas Letter

Meskipun tidak ada sejarah pasti munculnya ukuran kertas letter di Amerika namun banyak informasi yang meyakini bahwa ukuran kertas ini bagian dari seri tradisional. Oleh negara di luar Amerika, kertas ini disebut dengan American Quarto sehingga dapat disimpulkan bahwa asalnya memang dari Amerika. Berikut ini ukuran rinci dari kertas letter yang harus Anda ketahui.

  • Ukuran letter dalam milimeter yaitu 216 mm x 279 mm.
  • Ukuran letter dalam centimeter yaitu 21,6 cm x 27,9 cm.
  • Ukuran letter dalam inch yaitu 8,5 inch x 11 inch.

Perbedaan Ukuran dari Kertas Letter dan Ukuran dari Kertas A4

Karena di Indonesia tidak ada kertas letter maka banyak penjual kertas yang memberikan ukuran A4 ketika ada yang bertanya. Memang perbedaan ukuran kertas letter dan A4 adalah yang paling kecil dibandingkan dengan ukuran lainnya yaitu sebesar 2 cm, dimana kertas A4 lebih panjang dibandingkan letter. Selengkapnya, berikut ini detail ukuran kertas A4.

  • Ukuran A4 dalam milimeter yaitu 210 mm x 297 mm.
  • Ukuran A4 dalam centimeter yaitu 21 cm x 29,7 cm.
  • Ukuran A4 dalam inch yaitu 8,27 inch x 11,69 inch.
Baca juga :  Tempat Makan Enak di Jogja Dengan Nuansa Alam

Kegunaan Kertas Letter

Berbeda dengan kertas A4 yang sangat sering digunakan, ukuran letter ternyata jarang digunakan di Indonesia. Karena jarang digunakan maka Anda akan sulit menemukan kertas dengan ukuran ini di toko-toko ATK. Biasanya jika Anda bertanya atau meminta kertas letter, penjual kertas akan memberikan kertas ukuran A4.

Itulah informasi mengenai ukuran kertas letter dan juga perbedaannya dengan ukuran A4. Meski A4 merupakan jenis kertas yang paling sering digunakan dan mudah dicari, namun Anda harus memperhatikan ukuran dengan benar agar tidak salah. Jika ukuran letter Anda pasang di kertas A4 maka hasilnya menjadi tidak rapi karena tidak cocok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *