Mudah, Inilah Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara menghilangkan komedo secara alami ternyata sangat mudah, namun hanya sedikit orang saja yang menyadarinya. Komedo adalah salah satu permasalahan kulit yang cukup sulit diatasi. Meskipun terdengar sepele, nyatanya komedo mampu membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dengan penampilannya. Komedo sendiri merupakan tumpukan lemak yang ada pada wajah. Lemak tersebut berkumpul pada area sekitar mata, pipi dan hidung. Sama halnya dengan jerawat, komedo muncul karena adanya penyumbatan kotoran, minyak dan juga sel kulit mati pada bagian pori-pori kulit wajah. Tapi bedanya, komode tidak dilapisi kulit layaknya jerawat. Komedo seringkali disebut-sebut sebagai salah satu jenis jerawat ringan. Tak hanya di wajah, komedo juga dapat terlihat pada bagian bahu punggung, dada, lengan, dan leher.

Dibandingkan dengan menggunakan produk perawatan wajah yang terbuat dari bahan kimia, banyak orang lebih suka menggunakan bahan-bahan alami yang jelas aman dan tidak meninggalkan efek samping berbahaya. Dan memang, ada banyak sekali bahan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi komedo. Selain itu, cara pengaplikasiannya juga tidak begitu sulit sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Untuk Anda yang tertarik, berikut ini adalah 10 cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo dengan menggunakan bahan alami.

10 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami yang Harus Anda Ketahui

1. Lemon

Khasiat lemon untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, banyak ahli yang meneliti bahwa lemon memiliki banyak sekali kandungan yang sangat baik untuk kulit. Salah satunya adalah Asam sitrat yang berkhasiat untuk membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati sekaligus mengencangkan pori-pori pada wajah. Selain itu, lemon juga banyak mengandung senyawa Asam alpha–hydroxi yang dapat menghilangkan komedo dan bekas jerawat. Cara penggunaannya cukup mudah.

Anda hanya perlu mengiris lemon segar menjadi dua bagian. Selanjutnya, Anda tambahkan beberapa tetes madu di bagian dalam memon yang telah diiris. Lalu balur dan gosok-gosokkan lemon tersebut pada bagian wajah yang terdapat komedo dan biarkan selama kurang lebih 7 menit. Jika sudah, Anda bersihkan wajah menggunakan air dingin lalu keringkan secara perlahan dengan handuk bersih dan lembut. Untuk hasil maksimal, Anda bisa melakukan perawatan ini sebanyak 3 sampai 4 kali selama seminggu.

2. Baking Soda

Bahan yang seringkali digunakan untuk membuat kue ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk mengatasi masalah kulit. Mulai dari mengatasi jerawat, sampai dengan masalah komedo yang membandel. Baking soda memiliki khasiat sebagai eksfolian yaitu mengikis sel-sel kulit mati yang menjadi salah satu penyebab tersumbatnya pori-pori sehingga menyebabkan komedo. Cara pengaplikasiannya adalah Anda campurkan air hangat sebanyak 2 sendok dan baking soda sebanyak 1 sendok sampai membentuk pasta. Lalu, oleskan secara perlahan pada wajah sambil dipijat dan diputar sekitar 2 sampai 3 menit. Kemudian, Anda bersihkan menggunakan air hangat lalu keringkan. Perlu diingat bahwa Anda tidak boleh menggunakan baking soda terlalu lama pada wajah karena akan menyebabkan kulit menjadi kering.

3. Cuka Apel

Bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi komedo selanjutnya adalah cuka apel. Bahan yang sangat mudah ditemukan di dapur rumah tangga ini memiliki sifat antiseptik yang mampu membunuh bakteri. Seperti yang diketahui bahwa salah satu penyebab munculnya komedo adalah bakteri yang tersumbat pada pori-pori kulit akibat adanya minyak berlebih. Lantas, bagaimana cara mengatasi komedo menggunakan cuka apel? Pertama, Anda tambahkan cuka apel sebanyak satu sendok makan dengan segelas air. Kemudian celupkan kapas ke dalam larutan cuka apel dan oleskan kapas tersebut pada bagian dagu dan hidung yang memiliki komedo. Terakhir, bilas sampai bersih dan keringkan.

4. Oatmeal dan Yogurt

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami selanjutnya adalah menggunakan kombinasi Oatmeal dan yogurt. Yogurt berungsi untuk melembutkan kulit sekaligus menyerap minyak berlebih penyebab komedo. Sedangkan Oatmeal berfungsi untuk mengikis sel-sel kulit yang sudah mati, mencerahkan kulit dan memberikan nutrisi pada kulit. Cara untuk meramu bahan alami untuk mengatasi komedo ini adalah Anda campurkan yogurt tawar sebanyak 3 sendok dengan oatmeal sebanyak dua sendok. Lalu balurkan pada wajah secara merata. Biarkan masker alami ini bekerja selama beberapa menit. Kemudian Anda bersihkan menggunakan air hangat lalu keringkan.

5. Pepaya

Banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan pepaya sebagai bahan utamanya. Hal ini tentu saja karena kandungan dalam buah pepaya yang memang sangat baik untuk menjaga dan merawat kecantikan kulit. Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang tinggi. Dimana kandungan ini mampu mengangkat dan membersihkan sel-sel kulit mati. Selain itu, terdapat pula enzim proteolitik yang berkhasiat untuk menghilangkan komedo dengan ampuh. Cara menghilangkan komedo memakai bahan alami ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu menghaluskan daging buah pepaya hingga seperti bubur. Lalu balurkan pada wajar layaknya masker, khususnya pada bagian wajah yang memiliki komedo. Biarkan selama kurang lebih 15 menit dan gunakan masker ini banyak 2 hingga 4 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

6. Kayu manis dan madu

Bahan  yang biasa digunakan sebagai salah satu bumbu masakan ini ternyata mampu mengatasi komedo secara maksimal. Kayu manis dapat merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen yaitu protein yang berkhasiat untuk meregenerasi sel-sel kulit. Sementara madu merupakan antibiotik alami yang berkhasiat untuk melawan bakteri yang menempel pada kulit dan melembabkan kulit. Cara menggunakan kedua bahan alami tersebut juga sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan bubuk kayu manis sebanyak satu sendok dan madu sebanyak 3 sendok ke dalam wadah sambil diaduk hingga merata. Selanjutnya, balurkan pada kulit wajah dan biarkan sekitar 15 menit. Jika sudah, Anda bersihkan wajah menggunakan air hangat lalu keringkan dengan handuk lembut secara perlahan.

7. Putih Telur

Cara mengatasi komedo dengan bahan alami selanjutnya adalah menggunakan masker putih telur. Tahukah Anda bahwa ternyata, putih telur memiliki kandungan khusus yang dapat mengencangkan pori-pori, mencegah munculnya komedo sekaligus menghilangkan komedo. Cara penggunaan bahan alami ini juga sangat mudah. Karena Anda hanya perlu memisahkan antara putih telur dengan kuningnya. Lalu kocok putih telur hingga mengembang. Kemudian balurkan putih telur kocok tersebut pada kulit wajah yang terdapat komedo. Biarkan kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat lalu keringkan.

8. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh memang sudah teruji mampu mengatasi berbagai macam masalah pada kulit. Pasalnya bahan alami ini memiliki senyawa antiseptik yang mampu menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan komedo. Selain itu, minyak pohon teh juga dapat mengatasi masalah peradangan pada kulit. Namun sebelum menggunakan minyak pohon teh ini, Anda baiknya jika terlebih dahulu Anda melakukan uji alergi. Karena ada sebagian orang yang mengalami alergi setelah menggunakan minyak pohon teh. Cara mengujinya adalah Anda oleskan pada tangan sedikit minyak pohon teh lalu tunggu hingga beberapa menit.

Apabila tidak terlihat reaksi alergi setelah pemakaian tersebut, maka Anda bisa melanjutkan pemakaian. Cara pemakaiannya sangat mudah yaitu Anda teteskan beberapa kali minyak pohon teh ke dalam setengah gelas air. Kemudian basahi kapan menggunakan larutan minyak tersebut dan oleskan kapas secara perlahan pada bagian kulit yang berkomedo. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Terakhir, Anda bersihkan wajah dengan air hangat kemudian keringkan.

9. Lidah Buaya

Tidak hanya bagus untuk merawat rambut, lidah buaya juga memiliki khasiat yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Tak hanya itu, bahan alami ini juga terbukti mampu mengatasi jerawat dan komedo. Sehingga wajar saja jika banyak produk kecantikan yang memakai lidah buaya sebagai salah satu bahan utamanya. Perlu Anda ketahui bahwa gel lidah buaya memiliki kandungan hormon auksin dan giberelin yang dapat melembabkan kulit serta mengatasi peradangan pada kulit. Kandungan tersebut juga sangat bagus untuk membersihkan komedo. Cara menghilangkan komedo menggunakan bahan alami seperti lidah buaya sangat mudah. Caranya, Anda pisahkan antara gel dengan kulit lidah buaya. Lalu balurkan gel lidah buaya tersebut pada bagian wajah yang memiliki komedo. Biarkan sekitar 10 sampai dengan 15 menit. Lalu Anda bilas wajah sampai bersih menggunakan air hangat. Lakukan cara ini secara teratur agar hasilnya semakin maksimal.

10. Kulit Jeruk

Sebagian besar dari Anda mungkin lebih sering membuang kulit jeruk daripada mengolahnya. Namun, tahukah Anda bahwa kulit jeruk ternyata memiliki kandungan yang sangat baik untuk memberikan nutrisi pada kulit sekaligus menjaga kesehatannya. Kulit jeruk memiliki kandungan asam alpha hidroksi dan vitamin C yang tinggi. Dimana kedua kandungan tersebut dapat membersihkan pori-pori kulit dari kotoran dan debu yang tersumbat. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga mampu mengangkat serta membersihkan sel kulit mati pada wajah sehingga komedo bisa hilang dan dicegah.

Cara penggunaan bahan alami untuk mengatasi masalah komedo ini juga sangat mudah. Pertama, Anda kupas kulit jeruk lalu letakkan di bawah paparan sinar matahari sampai kering. Kemudian, Anda haluskan kulit jeruk kering sampai menjadi bubuk. Tambahkan sedikit air pada bubuk kulit jeruk sampai terlihat seperti pasta. Selanjutnya oleskan pasta jeruk kulit tersebut pada wajah yang berkomedo sambil dipijat selama beberapa menit. Terakhir, Anda bersihkan kulit wajah menggunakan air lalu keringkan.

Bagaimana? Cara-cara alami membersihkan komedo di atas sangat mudah bukan? Apalagi bahan-bahan alami yang disebutkan tadi juga sangat mudah ditemukan di toko atau warung sekitar Anda. Sehingga tidak akan sulit bagi Anda untuk menerapkannya. Selain mengatasi komedo, Ada baiknya jika Anda juga melakukan tindak pencegahan. Ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya komedo pada wajah. Beberapa diantaranya adalah mengurangi makanan yang berminyak, banyak mengkonsumsi sayur dan buah, rajin membersihkan wajah, menghindari alkohol dan rokok, tidak memencet komedo, istirahat yang cukup, sering mengganti spray, selimut dan sarung bantal, tidak menggunakan make up  saat tidur, meminum air putih secara teratur, dan lain sebagainya. Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi komedo menggunakan bahan-bahan alami yang sangat mudah ditemukan di sekitar Anda. Semoga ulasan kali ini dapat membantu Anda yang selama ini bermasalah dengan komedo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *