Berbagai Cara Diet Paling Populer di Dunia

Posted on 481 views

Diet Vegetarian Alami

Pembahasan diet paling populer kali ini ditutup dengan ulasan mengenai vegetarian. Bagi orang awam, mungkin mereka akan menyamakan antara vegan dan vegetarian. Keduanya memang hampir sama, namun tetap memiliki perbedaan secara prakteknya. Vegetarian dibagi menjadi beberapa sub, yaitu lacto vegetarian, lacto evo-vegetarian, fruitarian, ovo vegetarian, pascovegetarian, serta semivegetarian. Hampir sama seperti vegan, vegetarian juga berfokus pada makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Akan tetapi, dari berbagai jenis vegetarian di atas, beberapa di antaranya masih mengonsumsi telur dan produk olahan hewan lainnya seperti susu, keju dan mentega. Artinya, vegetarian berbeda dengan vegan yang benar-benar tidak mengonsumsi makanan yang ada unsur hewaninya.

Menu makanan mereka yang sedang melakukan diet vegetarian adalah buah-buahan dan juga sayuran. Konsumsi buah dan sayur ini juga harus dipilih dengan teliti agar semua gizi yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi secara sempurna. Anda bisa mengonsumsi sumber protein yang rendah lemak, seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan produk susu kedelai. Selain itu, Anda juga harus mengontrol konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, seperti daging pengganti, keju, dan juga yoghurt.

Kontrollah asupan karbohidrat dengan senantiasa menjaga porsi makan dan juga memilih sumber karbohidrat kompleks terbaik, seperti yang ada pada gandum utuh, beras utuh, roti gandum, dan juga beras merah. Biji-bijian utuh memang lebih banyak mengandung serat dibandingkan dengan produk olahan lain seperti kue beras, pasta putih, dan lain sebagainya. Makanan yang sudah terlalu banyak mengalami proses pengolahan akan cepat diproses oleh tubuh sehingga membuat Anda mudah lapar.

Diet vegetarian juga harus seimbang, misalnya dengan mengonsumsi gandum utuh atau beras utuh, pilihan lainnya adalah roti gandum, pasta gandum dan oatmeal yang kaya serat. Lalu, kacang-kacangan dan biji-bijian, misalnya biji buncis, kedelai, kacang polong, lentil, dan yang lainnya. Selain itu, Anda juga masih bisa mengonsumsi susu dan susu pengganti, seperti susu kedelai, yoghurt, atau keju. Anda bisa mengonsumsi makanan ini dengan porsi yang kecil. Tetapi, sebaiknya carilah sumber lemak yang bebas dari kandungan lemak jenuh atau lemak yang tidak baik untuk tubuh. Anda bisa mengganti susu, yoghurt, atau keju dengan beras atau almond yang banyak tersedia di pasaran.

Jika Anda masih belum terpanggil untuk menjadi vegetarian, Anda bisa mencoba melakukan diet dengan dasar produk nabati mulai dari saat ini. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengganti beberapa makanan yang biasa Anda konsumsi dengan bahan nabati yang lebih sehat. Diet alami ini butuh perencanaan yang matang. Variasikan buah dan sayur secara selektif agar Anda tidak cepat merasa bosan. Dengan menjalankan diet alami ini, berat badan pun akan turun secara perlahan. Ditambah tubuh pun akan sehat karena konsumsi makanan kita didominasi oleh bahan nabati yang alami dan baik untuk tubuh.

Demikian adalah delapan jenis diet yang sangat populer saat ini. Seperti apa diet yang Anda jalankan sekarang? Mungkin Anda bisa mengikuti beberapa cara diet paling populer yang sudah diuraikan di atas. Semua diet yang dibahas dalam tulisan ini adalah metode sehat yang alami dan baik tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *