Berbagai Cara Diet Paling Populer di Dunia

Posted on 345 views

Diet Atkins, Sehat dan langsing Tanpa Menderita

Diet Atkins juga termasuk ke dalam salah satu cara diet paling populer. Diet ini sangat tepat dijalankan bagi mereka yang ingin menurunkan berat dalam waktu singkat. Pakar kesehatan, Dr. Robert C. Atkins adalah tokoh yang menemukan metode diet yang satu ini. Program diet tersebut ditujukan untuk menurunkan berat badan melalui perubahan pola hidup dan juga pola makan. Program diet ini juga dijadikan sebagai alternatif untuk mencegah dan melawan penyakit jantung, diabetes serta hipertensi.

Pendapat secara umum mengungkapkan bahwa agar berat badan dapat turun dengan cepat, seseorang harus rela melaparkan diri. Konsep melaparkan diri yang dimaksud ini tidak akan ditemui jika mengikuti program diet Atkins. Anda tidak perlu melakukan hal yang membuat Anda menderita untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Hal yang terpenting yang harus Anda perhatikan adalah asupan karbohidrat, dan juga gula yang amat dibatasi. Makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat menjadi sumber utama kalori yang dapat meningkatkan berat badan. Diet ini secara singkatnya bertumpu kepada proses mengganti pola makan yang tinggi karbohidrat dengan jenis olahan yang tinggi protein.

Untuk melakukan program diet ini, perencanaannya dibagi ke dalam empat tahap atau fase. Perbedaan ini didasarkan pada jenis makanan yang boleh dikonsumsi pada setiap fasenya. Untuk fase pertama, jumlah kandungan karbohidrat yang boleh dikonsumsi adalah sebesar 20 gram. Dari jumlah tersebut, 15 gram karbohidrat harus diperoleh dari buah dan sayur. Makanan yang sangat dianjurkan adalah yang mengandung banyak omega 3 serta protein tinggi. Buah dan sayur adalah pilihan bahan makanan yang terbaik, termasuk daging yang rendah lemak juga bisa dikonsumsi pada tahap ini. Fase pertama ini disebut juga dengan tahap Initial Phase.

Tahap selanjutnya disebut dengan tahap penurunan berat badan atau dalam istilah kerennya adalah ongoing weight loss phase. Pada fase ini, asupan karbohidrat dapat ditingkatkan dengan cara bertahap. Makanan seperti buah, sayur, kacang-kacangan dan juga salad menjadi pilihan menu yang terbaik pada fase ini.

Fase yang ketiga disebut sebagai fase Praperawatan. Pada fase ini, konsumsi karbohidrat bisa ditingkatkan sampai dengan 10 gram setiap harinya hingga berat badan mencapai ukuran yang ideal. Bahan makanan yang paling cocok dikonsumsi pada tahap ini di antaranya wortel, kacang-kacangan, buah, dan berbagai jenis sayuran yang lainnya.

Lalu, tahap yang terakhir disebut dengan fase pemeliharaan atau Maintenance Phase. Pada fase ini, Anda diharapkan untuk mempertahankan berat badan yang ideal dengan tetap mengonsumsi makanan yang sehat dan juga berolahraga. Tubuh yang ramping ideal tetap membutuhkan olahraga dan asupan makanan yang bergizi agar tidak mudah terserang penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *