Berbagai Cara Diet Paling Populer di Dunia

Posted on 347 views

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan dengan South Beach Diet

South beach diet termasuk ke dalam salah satu jenis diet paling populer di dunia. Sesuai dengan namanya, metode diet ini berasal dari Miami, Florida, yang ditemukan oleh seorang dokter jantung (kardiologist) bernama Arthur Agatston. Metode diet ini lebih menenekankan pada konsumsi karbohirat yang baik serta lemak taj jenuh. Dokter Agatston mengembangkan metode diet ini untuk program pengaturan pola makan bagi pasiennya yang menderita penyakit jantung. Awalnya, dokter asal Miami tersebut merasa kecewa atas metode diet tinggi karbohidrat dan rendah lemak yang telah mendapatkan dukungan dari Americant Heart Association karena ternyata tidak efektif jika dilakukan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, Ia mengembangkan metode dietnya yang ia percaya sangat baik untuk mereka yang menderita penyakit jantung.

Dalam metode dietnya yang satu ini, Dokter Agatston menjelaskan perbedaan antara karbohidrat buruk dan karbohidrat baik. Karbohidrat buruk adalah jenis karbohidrat yang sangat cepat dicerna tubuh. Jenis karbohidrat ini banyak ditemukan pada makanan yang memiliki tingkat glikemik tinggi. Akibatnya, seseorang akan mengalami resistensi insulin sehingga lemak dan gula dalam tubuh tidak bisa diproses dengan sempurna. Selain itu, konsumsi lemak jahat berlebih, seperti lemak jenuh dan juga lemak trans akan mampu meningkatkan risiko berbagai penyakit, salah satunya penyakit kardiovaskular. Sementara karbohidrat baik adalah jenis karbohidrat yang lambat dicerna. Karbohidrat ini cukup baik dan membantu Anda merasakan kenyang lebih lama.

Metode diet yang dikembangkan oleh dokter Agatston ini bukanlah diet rendah karbohidrat atau rendah lemak karena South Beach diet mengajarkan Anda untuk lebih mengenal bahan makanan yang mengandung karbohidrat baik dan karbohidrat buruk. Prinsip diet ini cukup sederhana. Metode ini hanya menggantikan karbohidrat buruk dan lemak jahat dengan kandungan yang sama namun tetap lebih sehat.

Ketika Anda menjalankan program diet ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya adalah mengolah makanan dengan menggunakan minyak yang sehat, mengonsumsi jenis karbohidrat yang baik, mengonsumsi lemak tak jenuh, memilih bahan makanan yang memiliki kandungan serat tinggi, mengonsumsi jenis buah dan sayur berkadar glikemik rendah sampai sedang, menghindari makanan olahan berbahan pengawet, dan menggunakan gula alami ketika mengolah makanan. Dengan memperhatikan beberapa hal ini, diet dengan metode South Beach tersebut pasti akan berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *