Apa itu COD dalam Jual Beli Online? Arti dan Penjelasan

Bagi Anda yang baru mulai berbelanja online pasti sering menemukan istilah COD. Hal tersebut mungkin membuat Anda bertanya-tanya COD artinya apa. Istilah ini seringkali muncul jika Anda sedang memilih sistem pengiriman yang ingin digunakan. Untuk bisa menggunakannya dengan benar, tentu saja Anda harus tahu apa maksud dan pengertian dari COD ini.

Pada artikel ini, akan dibahas berbagai hal mengenai COD mulai dari pengertian, manfaat, hingga keuntungan dan kerugian jika Anda menggunakan sistem COD. Kepanjangan dari COD itu sendiri adalah Cash on Delivery. Secara bahasa Cash on Delivery berarti (COD artinya) pembayaran pesanan yang dilakukan ketika barang sampai. Jadi sistem ini hanya ditemukan pada proses jual beli secara online. Selain sistem pembayaran COD, jual beli online juga menggunakan sistem pembayaran lain seperti transfer bank atau yang lainnya.

Tidak seperti sistem pembayaran lain dimana Anda tidak bisa bertatap muka dengan penjual, sistem COD (cash on Delivery) memungkinkan Anda untuk bertemu dengan penjual secara langsung. Sebelumnya Anda dan penjual akan melakukan kesepakatan tempat pertemuan yang akan digunakan. Sistem ini terlihat jelas berbeda dengan jika Anda harus mentransfer uang terlebih dahulu baru kemudian barang dikirimkan.

Bagi sebagian orang sistem COD dinilai lebih aman karena Anda bisa melihat barang yang dijual secara langsung. Namun, terdapat juga beberapa kerugian lain yang membuat beberapa orang enggan menggunakan sistem COD saat berbelanja online.

Kekurangan Melaksanakan Transaksi Secara COD

Pada sisi pembeli, COD an pula tidak selamanya membagikan keuntungan, paling utama pada sisi kemudahan serta kepraktisan. Sebab dengan sistim pembayaran semacam ini, hendak berlaku keterbatasan jangkauan dari si penjual buat mengirimkan barangnya. Penjual yang terletak jauh dari daerah pembeli semacam di luar kota tidak sering hendak menawarkan opsi ini sebab terkendala jarak pastinya, dengan begitu opsi benda untuk konsumen juga jadi terbatas.

Sebaliknya pada sisi penjual, kerugian yang bisa jadi dialami antara lain saja butuh terdapatnya penyediaan waktu ekstra, tenaga, dan bayaran lebih yang wajib siap di keluarkan paling utama dalam perihal pengiriman, belum lagi bila misalnya benda yang di pesan memperoleh komplain dari pembeli sebab bermacam karena, ataupun apalagi bila benda yang di pesan tidak jadi di beli.

Keuntungan Melaksanakan Transaksi Secara COD

Dalam transaksi ini, sesungguhnya yang sangat di untungkan merupakan pembeli, sebab dalam melaksanakan pembelian secara online seseorang pembeli terbatas cuma dapat memandang benda yang hendak di belinya, serta menganalisa mutu ataupun spesifikasi dari benda tersebut cuma dari deskripsi, gambar yang di tawarkan penjual, perihal lain semacam mutu material benda, bahan serta sebagainya tidak bisa di perkirakan.

Dengan melaksanakan transaksi pembelian secara COD, konsumen memperoleh keuntungan sebab benda yang di pesan dapat di cek terlebih dulu baru di jalani pembayaran. Jikalau juga benda tidak cocok dengan yang di deskripsikan si penjual, pembeli dapat melaksanakan komplain secara langsung maupun membatalkan pembeliannya.

Sebaliknya untuk pebisnis online yang menjual produk, COD an pula bukan berarti merugikan. Alasannya dengan membagikan opsi pembayaran dengan sistim COD pula membuka kesempatan buat benda terjual jadi lebih besar, asalkan pada dikala melaksanakan penawaran kepada calon pembeli membagikan penjelasan secara lengkap serta cocok dengan produknya.

Nah itulah penjelasan singkat buat Anda yang masih suka bertanya-tanya “COD artinya?“. Semoga artikel ini membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *