Cara Registrasi Kartu 3 dan Registrasi Ulang Serta Mengetahui Status Nomor 3

Posted on 25 views

Sejak 2 tahun belakangan, setiap pengguna kartu SIM untuk telepon seluler harus mematuhi peraturan yabg ditetapkan pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika agar bisa tetap menikmati kenyamanan dalam melakukan komunikasi. Peraturan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 14 tahun 2017 itu menyebutkan bahwa semua pengguna kartu SIM prabayar diwajibkan untuk melakukan registrasi dengan menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang bisa dilihat di KTP atau di KK (Kartu Keluarga). Hal ini tentu saja juga berlaku untuk pelanggan prabayar kartu 3. Segera lakukan registrasi kartu 3 Anda agar tetap bisa menikmati kenyamanan dalam komunikasi.

Menurut imbauan dari pemerintah melalui Kemenkominfo, para pengguna kartu prabayar, termasuk juga kartu 3, agar segera melakukan registrasi kartu 3 milik Anda sebelum deadline tanggal 28 Februari 2018. Hal ini bertujuan agar para pengguna terhindar dari kepadatan sistem saat tenggat akhir registrasi SIM card prabayar tersebut.

Anda para pelanggan kartu prabayar Kartu 3 sebaiknya segera melakukan registrasi sebelum tanggal 28 Februari 2018 tersebut. Cara registrasi juga sudah disosialisasikan oleh pemerintah melalui Kemenkominfo. Bagi Anda yang belum mengetahui caranya, berikut ini adalah cara registrasi kartu 3 yang mudah dan bisa Anda lakukan sendiri.

Registrasi Kartu 3 Melalui SMS

Ada beberapa cara registrasi kartu sim prabayar Anda. Cara yang pertama adalah melalui sms atau pesan singkat. Yang perlu Anda siapkan sebelum melakukan proses registrasi adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga). Jika sudah, selanjutnya Anda harus mengirim pesan ke nomor 4444. Ada format pengiriman pesan yang harus Anda ikuti agar nomor prabayar Anda bisa terdaftar. Format pengiriman pesannya adalah 16 digit Nomor Induk Kependudukan (NIK)#16 digit nomor Kartu Keluarga (KK). Jika sudah, selanjutnya kirim ke nomor 4444.

Format pengiriman di atas berlaku jika Anda baru membeli atau baru menggunakan kartu prabayar 3. Lalu bagaimana dengan pengguna lama? Tentu saja Anda tetap harus melakukan registrasi ulang. Sama dengan registrasi kartu baru, cara registrasi ulang kartu 3 juga bisa Anda lakukan melalui SMS. Namun untuk pengguna lama, format pengiriman pesannya sedikit berbeda. Untuk registrasi ulang kartu 3 lama, Anda harus mengirim pesan dengan format ULANG#16 angka NIK#16 angka KK lalu kirim ke nomor yang sama, yaitu 4444.

Registrasi Kartu 3 Melalui Internet

Selain melalui pesan singkat (SMS), pengguna kartu prabayar 3 juga bisa mendaftarkan nomor, baik nomor baru ataupun nomor lama, melalui internet. Cara daftar kartu 3 melalui internet ini juga sama mudahnya dengan mendaftar lewat sms. Bedanya, saat mendaftar lewat internet, selain nomor NIK dan nomor KK, Anda juga harus menyiapkan nomor seri (ICCID). Nomor seri ini bisa Anda temukan di bagian belakang kartu SIM yang Anda gunakan.

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah Anda harus mengakses laman https://registrasi.tri.co.id untuk bisa melakukan registrasi. Jika sudah masuk ke situs tersebut, Anda akan diminta untuk memasukkan beberapa data yang dibutuhkan ke dalam kolom-kolom yang disediakan. Data yang harus Anda masukkan antara lain adalah nomor ponsel 3 baru Anda, Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) dan terakhir adalah 4 digit terakhir nomor seri (ICCID) yang bisa Anda lihat di belakang kartu SIM Anda.

Lalu bagaimana dengan pengguna lama? Cara registrasi ulang kartu 3 untuk pelanggan lama juga tidak berbeda jauh dengan saat registrasi. Anda harus memasukkan NIK, Nomor KK dan nomor ponsel, Anda juga akan mendapatkan kode rahasia yang juga harus Anda masukkan. Kode rahasia ini akan dikirimkan melalui sms ke nomor ponsel Anda. Anda harus cepat memasukkan kode rahasia ini karena kode ini hanya berlaku selama 5 menit saja. Terakhir Anda juga harus memasukkan 4 digit terakhir ICCID kartu 3 tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa meminta bantuan ke gerai 3 terdekat jika ingin melakukan registrasi ataupun melakukan konsultasi ketika mengalami kendala saat proses registrasi. Di gerai 3 ini Anda akan dibantu melakukan registrasi kartu baru maupun registrasi ulang kartu 3 lama Anda.

Ciri-Ciri Registrasi Kartu 3 Anda Berhasil

Selain masalah cara registrasi kartu 3, masalah lain yang biasanya mengganggu pengguna kartu prabayar ini. Masalah itu biasanya timbul justru setelah melakukan proses registrasi, yaitu memastikan apakah proses registrasi yang dilakukan berhasil atau tidak. Para pengguna kartu prabayar ini biasanya merasa khawatir jikalau proses registrasi yang dilakukan ternyata tidak berhasil sehingga akan mempengaruhi layanan komunikasinya. Lalu jika terjadi hal seperti ini bagaimana cara mengatasinya?

Anda tak perlu khawatir, karena ada hal-hal yang bisa Anda perhatikan untuk memastikan jika proses registrasi kartu prabayar Anda berhasil. Untuk Anda ketahui, proses registrasi kartu prabayar ini biasanya memakan waktu tidak lebih dari 1×24 jam. Nah, ada ciri-ciri tertentu yang harus Anda perhatikan untuk memastikan status registrasi Anda tersebut.

Ciri pertama adalah Anda akan menerima SMS pemberitahuan dari operator atau dari Kemenkominfo tentang status registrasi kartu prabayar Anda. SMS yang Anda terima tersebut akan berisi pemberitahuan bahwasannya proses registrasi yang Anda lakukan sudah berhasil. Jika sudah mendapatkan pesan tersebut, maka Anda bisa lega karena proses registrasinya sudah benar-benar berhasil.

Tanda atau ciri kedua yang bisa memastikan jika proses registrasi Anda sudah berhasil adalah Anda tidak akan lagi menerima pesan dari 4444 untuk melakukan registrasi. Ya, bagi Anda pengguna kartu prabayar 3 aktif, ketika Anda belum melakukan registrasi ulang kartu prabayar, maka setiap hari Anda akan mendapatkan pesan dari 4444 yang memberitahukan untuk segera melakukan registrasi ulang agar Anda bisa tetap menikmati layanan komunikasi dari 3 dengan nyaman. Karena itu, jika Anda masih menerima pesan dari 4444 untuk melakukan registrasi, itu tandanya proses registrasi Anda masih belum berhasil.

Kegagalan proses registrasi kartu prabayar ini memang sering dialami oleh para pengguna kartu prabayar, termasuk kartu 3. Kegagalan proses registrasi ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Penyebab paling sering adalah karena Anda melakukan kesalahan saat menginput atau memasukkan NIK atau Nomor KK Anda. Jika begitu, maka lakukan registrasi lagi dan pastikan Anda memasukkan nomor kependudukan tersebut dengan benar.

Namun, jika sudah mencoba melakukan registrasi dengan nomor yang benar, tetap terjadi kegagalan, bisa jadi data nomor kependudukan Anda yang bermasalah. Biasanya hal ini terjadi ketika Anda pindah domisili sehingga nomor KK nya juga berubah. Penyebab lain yang mungkin terjadi adalah nomor KK dan NIK Anda diblokir oleh Disdukcapil karena pihak Disdukcapil Kementrian Dalam Negeri menemukan ada data ganda pada nomor tersebut. Jika masalah yang terjadi seperti ini, maka tidak ada cara lain selain mendatangi langsung kantor Disdukcapil setempat untuk mengatasinya.

Cara Mengecek Nomor 3 yang Diregistrasikan

Jika sudah melakukan registrasi, Anda bisa mengecek kembali nomor 3 prabayar Anda tersebut, mulai dari informasi nomor lengkap hingga statusnya. Untuk melakukan pengecekan tersebut, Anda pertama-tama harus mengunjungi laman resmi 3 di https://registrasi.tri.co.id. Saat masuk ke laman tersebut, Anda akan langsung diminta untuk memasukkan nomor KK dan NIK yang Anda gunakan untuk registrasi sebelumnya.

Layanan cek nomor dari 3 ini akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Selain bisa mengecek status nomor, Anda juga bisa mengecek jikalau ada nomor ponsel lain yang secara sengaja menggunakan NIK Anda untuk melakukan registrasi. Dengan begitu Anda juga bisa mencegah penyalahgunaan data pribadi Anda untuk hal-hal negatif nantinya.

Apabila setelah melakukan pengecekan melalui laman resmi 3 tersebut dan Anda menemukan ada nomor ponsel lain yang menggunakan NIK Anda untuk registrasi nomornya, Anda juga bisa melakukan tindakan pencegahan. Caranya tinggal lakukan proses Unreg pada nomor tidak dikenal tersebut melalui gerai 3 terdekat. Dengan begitu data Anda bisa terhindar dari tindakan penyalahgunaan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang cara daftar kartu 3 lengkap serta penjelasan tentang bagaimana mengetahui status registrasi nomor prabayar Anda. Dengan mematuhi regulasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kemenkominfo, Anda bisa tetap menikmati layanan komunikasi dengan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *