Cara Menghilangkan Virus di Laptop secara Total

Posted on 79 views

Laptop yang terserang virus dapat memperlambat produktivitas dalam bekerja serta mengganggu pengerjaan suatu tugas. Serangan virus biasanya membuat kinerja laptop menjadi lamban dan membuat laptop tiba-tiba berhenti bekerja. Meski ada berbagai penyebab laptop bekerja secara lambat, langkah awal yang baik adalah mengenali terlebih dahulu keberadaan virus dan menghapusnya. Berikut ini beberapa cara menghilangkan virus di laptop yang bisa dipraktekkan untuk menghilangkan virus secara total.

7 Cara Menghilangkan Virus di Laptop yang Mudah Dilakukan

cara menghilangkan virus di laptop

Ancaman virus seringkali membuat Anda tidak sabar dan khawatir kehilangan file-file yang penting. Anda tidak perlu takut bila laptop bekerja lamban dan terserang virus. Serangan virus memang berbahaya namun hal tersebut bisa diatasi. Ada beberapa langkah yang bisa dipraktekkan, mulai dari mengenali apakah laptop benar-benar terserang virus hingga menghapus total virus.

1. Memastikan Adanya Serangan Virus di Laptop

Cara menghilangkan virus di laptop yang pertama yaitu  memastikan apakah laptop benar-benar terserang virus. Tanda laptop yang terserang virus antara lain seringnya muncul pesan mencurigakan dan sulit untuk dihilangkan, program laptop bekerja dengan lambat, hard drive mengeluarkan suara terus-menerus pada aktivitas laptop yang minimal, program-program laptop macet, program laptop membuka dan menutup secara otomatis serta beberapa file tidak dapat dibuka atau hilang. Bila beberapa tanda tersebut muncul pada laptop, maka kemungkinan besar laptop terserang virus.

2. Gunakan Safe Mode

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menggunakan safe mode atau mode aman. Cara menghilangkan virus di laptop menggunakan safe mode adalah mematikan laptop dan menghidupkan laptop kembali. Adapun langkah atau tahapan secara rinci untuk menjalankan safe mode di setiap versi perangkat lunak berbeda-beda. Kenali jenis perangkat lunak laptop untuk melakukan safe mode dengan langkah-langkah yang tepat.

3. Hapus File-File Sementara

Setelah menghidupkan mode aman, langkah selanjutnya yaitu menghapus semua file sementara. Hapus semua riwayat browsing, cache, file yang terunduh dan file sementara lainnya. Pilih seluruh daftar file sementara dan hapus. Menghapus file-file sementara mempercepat pembaharuan dan pemindaian virus, membebaskan ruang pada disk, dan bahkan menghapus langsung beberapa jenis virus.

4. Install dan Pindai Laptop dengan Anti virus

Langkah selanjutnya yaitu jalankan pemindai virus untuk menghapus infeksi virus yang bersifat standar. Jika laptop sudah terpasang antivirus yang aktif sebelumnya, adakalanya laptop memerlukan tambahan pemindai virus yang berbeda karena perangkat lunak antivirus sebelumnya belum mampu mendeteksi keberadaan virus yang muncul. Anda dapat mengunduh anti virus yang berbayar maupun antivirus gratis sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Cara menghilangkan virus di laptop menggunakan antivirus yaitu pindai atau scan laptop secara menyeluruh. Proses memindai virus mungkin membutuhkan waktu cukup lama. Setelah virus pada laptop sudah dideteksi maka bisa dihapus dengan mengikuti langkah-langkah yang diarahkan oleh antivirus yang digunakan. Apabila proses pemindaian selesai serta virus sudah selesai dihapus, restart laptop supaya proses pembersihan virus lebih optimal.

5. Menghapus Manual

Cara menghilangkan virus di laptop juga dapat dilakukan secara manual, yaitu dengan menggunakan CMD (Command Prompt). Ada beberapa langkah untuk menghapus virus menggunakan CMD. Pertama buka CMD dari menu Run, lalu ketik partisi yang dituju, misal akan menghapus di partisi D, ketik D dan tekan enter. Setelah itu ketik attrib –r –a –s –h *.* dan kemudian tekan enter. Layar akan menampilkan file aneh dengan ekstensi .exe.

Setelah menemukan file aneh, buka sistem operasi laptop dan hapus file dengan eksistensi .exe karena file aneh tersebut kemungkinan adalah virus yang mengganggu laptop. Langkah tersebut dapat diulang dengan mengganti partisi C, E, F, atau Flashdisk untuk pemindaian menyeluruh. Bila file-file aneh yang telah ditemukan tidak bisa dihapus, solusinya yaitu menggunakan bantuan regedit. Caranya adalah cari menu regedit di bagian search lalu klik edit, dan pilih find. Ketik nama file yang mencurigakan tetapi tidak bisa dihapus. Setelah itu Anda dapat menghapus file tersebut.

6. Install Ulang Perangkat Lunak

Apabila sudah menggunakan cara-cara sebelumnya namun virus masih ada atau perangkat lunak tetap tidak bekerja dengan baik, cara menghapus virus di laptop yang bisa digunakan adalah menginstal ulang perangkat lunak. Sebelum menginstal ulang perangkat lunak, salin semua file ke perangkat penyimpanan eksternal seperti USB atau Harddisk.

Jangan lupa untuk mengamankan pesan di email Anda melalui pengaturan pesan untuk menyimpan email supaya tidak hilang. Cadangkan juga program driver yang sudah terinstal sebelumnya di laptop supaya Anda tidak perlu mengunduhnya lagi. Setelah selesai mencadangkan semua file penting, lakukan install ulang perangkat lunak laptop.

7. Waspada dan Perbaharui Antivirus secara Berkala

Mencegah dan menjaga keamanan laptop dari serangan virus juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Pastikan selalu bahwa laptop memiliki program antivirus yang sudah diperbaharui. Jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya untuk berlangganan, ada banyak situs penyedia antivirus yang dapat install serta perbaharui secara gratis.

Melakukan back-up file secara berkala juga perlu dilakukan supaya data tetap aman apabila laptop tiba-tiba terserang virus kembali. Hindari membuka email dari pihak yang mencurigakan terutama bila email tersebut mengandung link atau attachment.

Demikian tujuh cara menghilangkan virus di laptop yang bisa dipraktekkan, semoga dapat membantu. Tetap menjaga dan melakukan pencegahan agar perangkat lunak dapat bekerja secara maksimal dan terhindar dari virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *