Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju (Cepat dan Efektif!)

Oli merupakan salah satu jenis noda yang paling sulit hilang karena oli mengandung minyak dan mudah meresap dalam pakaian. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda oli pada pakaian sehingga Anda tidak perlu khawatir. Berikut akan kita ulas 10 cara menghilangkan noda oli di baju yang dapat Anda coba dan bisa dibilang hasilnya cukup efektif.

Inilah 8 Tips Membersihkan Noda Oli di Baju

1. Alkohol

Karena oli bersifat mudah merembes dan melekat pada pakaian noda oli yang mengandung minyak tentunya akan sulit dihilangkan dengan deterjen biasa. Adapun cara menghilangkan noda oli di bajuyang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan alkohol. Alkohol mudah ditemukan dalam produk sehari-hari maupun dijual di toko-toko terdekat.

Usapkan alkohol pada bekas noda dengan jumlah secukupnya. Selain Anda usapkan gunakan sikat gigi kecil yang memiliki tekstur bulu sikat lembut untuk menggosok pada bagian yang terkena noda. Anda tidak perlu menggosok terlalu kencang karena dapat merusak serat pada kain. Ulangi penggosokan hingga noda benar-benar terangkat dan hilang.

2. Susu Putih

Tahukah Anda selain untuk diminum dan dikonsumsi ternyata susu putih juga bagus digunakan untuk mengankat minyak pada pakaian. Cara menghilangkan noda oli di baju menggunakan susu putih adalah susu putih yang berlemak dan sudah dipanaskan kemudian dioleskan pada noda oli. Sikat secara perlahan pada noda hingga noda oli terangkat setelah kamu bilas dengan air. Lakukan langkah tersebut berulangkali hingga pakaian bebas dari noda dan bisa Anda cuci.

3. Hairspray

Hairspray juga dapat digunakan untuk mengangkat noda oli yang sudah kering. Cara menghilangkan noda oli di baju yang sudah kering yaitu dengan menempelkan tisu minyak pada bagian yang terkena noda. Semprotkan hairspray pada bagian noda. Dengan tisu minyak noda yang luruh karena hairspray dapat langsung diusap dan dihilangkan secara berlahan.

Semprotkan dan usap secara berulang hingga noda oli pada pakaian benar-benar hilang baru Anda dapat mencuci pakaian seperti biasa menggunakan deterjen. Perlu diingat untuk tidak mengusap noda menggunakan tisu yang sudah kotor karena justru akan memperluas noda sehingga ganti tisu yang sudah kotor dengan yang masih baru pada setiap penyemprotan.

4. Gliserin

Gliserin juga dapat digunakan untuk noda minyak yang sudah kering dan mengendap sudah cukup lama. Gliserin mampu menjenuhkan noda oli. Cara menghilangkan noda oli di baju yang sudah lama mengendap menggunakan gliserin adalah campurkan 15 ml gliserin dengan 5 ml sabun cuci piring di dalam sebuah wadah. Kemudian celupkan bagian yang terkena noda pada wadah tersebut dan biarkan selama 10 menit.

Gosok lembut pada bagian noda yang dicelupkan agar noda oli benar-benar meluruh. Setelah noda benar-benar bersih dan hilang gunakan air untuk menghilangkan sisa-sisa sabun dan gliserin baru Anda bisa mencuci pakaian seperti biasanya.

5. Minyak Tanah

Cara menghilangkan noda oli di baju putih adalah dengan merendamnya di dalam minyak tanah. Cukup dengan direndam di dalam minyak tanah maka noda oli dapat luruh dan langsung menyatu dengan minyak tanah. Setelah beberapa saat diredam pastikan pakaian bersih dari noda dengan menggosok lembut bagian yang bernoda. Karena aromanya yang menyengat pakaian jangan ditinggalkan berlama-lama agar aroma minyak tanah tidak menempel pada pakaian.

Setelah bersih baru pakaian bisa dicuci dengan deterjen dan pemutih pakaian untuk mengembalikan warna putih pada pakaian. Lakukan pencucian dan pemutihan hingga aroma minyak tanah benar-benar hilang dan baju kembali putih.

6. Sabu Cuci Piring

Sabu cuci piring memiliki tingkat keasaman yang tinggi karena dibuat untuk membantu mengangkat lemak pada perlengkapan makan dan memasak. Sifat asam pada sabun cuci piring dapat Anda manfaatkan untuk mengangkat oli pada pakaian karena oli merupakan minyak. Caranya usapkan sabun cuci piring kepada noda oli di baju secara merata. Gosok dengan sikat gigi jika perlu namun jangan terlalu ditekan agar tidak merusak kain.

Lakukan penggosokan dan pengaplikasian sabun secara berulang hingga noda oli hilang. Barulah setelah pakaian benar-benar bersih Anda dapat mencuci pakaian seperti biasa dan mengeringkannya. Apabila busa sabun sulit hilang setelah pembilasan maka Anda bisa mencoba membilas menggunakan air cuka baru kemudian di cuci seperti biasa.

7. Soda

Soda yang dilarutkan di dalam air mampu mengangkat noda oli pada pakaian. Bagian pakaian yang terkena noda kemudian direndam di dalam bak berisi air yang sudah dicampur dengan soda. Akan membutuhkan waktu yang cukup lama agar oli benar-benar terangkat dari pakaian hingga noda hilang dengan sendirinya. Jika noda sudah hilang barulah Anda bisa mencuci pakaian seperti biasanya.

8. Sabun Mandi

Sabun mandi juga memiliki tingkat keasaman yang dapat dimanfaatkan untuk mengangkat noda oli pada pakaian. Caranya aplikasikan sabun mandi ke area yang bernoda kemudian sikat menggunakan gosok gigi. Pengaplikasian berulang dapat membantu noda oli pada pakaian terangkat. Meskipun membutuhkan usaha dan waktu yang lebih namun cara ini cukup sederhana dan bahannya mudah Anda temui.

Jangan lupa untuk menggosok secara melingkar agar noda oli yang melekat pada pakaian benar-benar terangkat dari semua bagian. Dan jangan malas untuk mengulangi hingga noda oli benar-benar hilang. Noda oli yang sudah hilang kemudian dapat dimaksimalkan dengan mencuci pakaian menggunakan deterjen.

Itulah cara menghilangkan noda oli di baju yang dapat Anda coba dan cukup efektif. Pengaplikasian cara di atas harus beberapa kali hingga noda benar-benar hilang. Pengaplikasian yang hanya sekali tidak akan memberikan hasil yang optimal pada pakaian Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *