Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju (Efektif!)

Posted on 45 views

Selain noda makanan, baju juga bisa terkena noda yang lain bahkan kalau didengar merupakan hal yang mustahil. Bukan sesuatu yang tidak mungkin kalau baju yang dikenakan bisa terkena noda karat. Karat bisa menempel pada baju bisa dikarenakan proses menjemur baju dengan memakai kawat. Walaupun terdengar remeh tetapi noda karat pada baju bisa merusak estetika. Noda karat dikenal sebagai noda yang paling sulit untuk dihilangkan. Detergen dan sabun cuci juga tidak cukup untuk menghilangkan noda karat tersebut. Ada beberapa cara menghilangkan noda karat di baju. Anda memerlukan bahan-bahan lain untuk membersihkannya tetapi bahan-bahan tersebut  murah dan mudah untuk ditemukan.

7 Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju yang Membandel

Noda karat pada baju tidak boleh didiamkan begitu saja. Noda tersebut harus segera dihilangkan supa baju tetap terlihat bersih. Jka noda karat tidak segera dibersihkan maka noda akan mengendap pada serat kain dan bakal sulit sekali untuk dihilangkan. Terdapat beberapa cara menghilangkan noda karat di baju yang patut Anda coba di rumah. adapun cara mudah menghilangkan noda karat adalah sebagai berikut.

1. Cuka dan Garam

Cara yang pertama untuk menghilangkan noda karat pada pakaian adalah dengan memanfaatkan cuka dan garam. Kombinasi dari cuka dan garam dipercaya menyerap noda karat. Bahkan untuk noda karat yang sudah kering sekalipun. Caranya adalah basahi baju yang terkena noda karat dengan menggunakan cuka putih terlebih dahulu. Kemudian, oleskan garam dapur  dan gosok secara perlahan bagian yang kotor. Jika sudah, jemur baju di bawah sinar matahari. Posisikan baju yang ternoda menghadap ke matahari. Langkah terakhir adalah  cuci baju dengan menggunakan sabun cuci atau detergen.

2. Lemon dan Garam

Cara menghilangkan noda karat di baju selanjutnya adalah menggunakan lemon dan garam. Lemon memunyai kandungan asam yang sangat tinggi yang bisa menghilangkan noda karat dan garam bisa mengangkat noda secara alami. Anda harus menyediakan sebuah lemon dan garam. Kemudian, oleskan garam pada noda yang ada di baju. Baru kemudian, oleskan air perasan lemon. Biarkan dahulu baju tersebut baru kemudian gosok-gosok baju dengan sikat. Setelah itu, jemur baju di bawah sinar matahari. Bilas dahulu sisa lemon dan garam. Jika sudah, cuci baju dengan memakai detergen seperti biasa.

3. Baking Soda

Baking soda juga merupakan bahan yang sangat ampuh untuk menghilangkan noda karat. Bahkan Anda tidak perlu repot-repot untuk mencampur baking soda dengan bahan lainnya. Cara menghilangkan noda karat di baju menggunakan baking soda merupakan cara yang aman karena baking soda dikategorikan sebagai bahan tidak merusak pakaian. Caranya juga sangat sederhana. Cukup dengan membuat pasta baking soda dengan menggunakan sedikit air. Setelah itu, oleskan pasta pada bagian yang terkena noda dan gosok dengan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Bilas menggunakan air bersih baru kemudian cuci memakai sabun cuci untuk menuntaskan noda membandel.

4. Cairan Pencuci Piring

Cairan pencuci piring juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda karat pada baju. Langkah pertama adalah oleskan cairan pencuci piring pada baju yang terkena noda secukupnya. Gosok dengan sikat supaya noda memudar. Kemudian bilas baju dengan air bersih. Selanjutnya, rendam baju dalam air. Kalau perlu, campur dengan detergen supaya lebih efektif.

5. Pasta Gigi

Cara menghilangkan noda karat di baju berikutnya adalah menggunakan pasta gigi. Pasta gigi mengandung zat yang bisa membantu menghilangkan noda karat supaya lebih mudah. Cara ini merupakan cara yang sangat mudah dan tidak perlu repot-repot membeli bahannya keluar rumah. Oleskan pasta gigi pada baju yang terkena noda secara merata. Diamkan dahulu selama 20 hingga 30 menit supaya karat lebih mudah dihilangkan. Setelah itu, gosok baju yang sudah diolesi pasta gigi menggunakan sikat gigi bekas. Kemudian, rendam pakaian dalam air detergen supaya lebih efektif untuk mengangkat residu karat. Bilas hingga bersih dan kemudian jemur.

6. Jeruk Nipis

Selain lemon, jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai pembersih karat pada pakaian. Cara menghilangkan noda karat di baju memakai jeruk nipis juga sangat simpel. Caranya adalah belah jeruk nipis menjadi beberapa bagian dan peras jeruk dalam wadah. Setelah itu, campur air perasan dengan garam dapur secukupnya. Aduk hingga merata. Kemudian, oleskan air campuran jeruk nipis dan garam tersebut pada baju yang terkena karat. Setelah itu gosok pakaian dengan menggunakan sikat. Terakhir, cuci baju seperti biasa dengan menggunakan sabun atau detergen dan bilas hingga bersih.

7. Asam Sitrat

Cara selanjutnya adalah menggunakan asam sitrat. Untuk mendapatkan asam sitrat, Anda cukup membelinya di toko-toko bahan makanan. Harganya sangat murah jadi jangan khawatir. Pertama-tama, sediakan air dalam ember dan kemudian masukkan asam sitrat dalam ember. Kemudian campur hingga merata. Setelah itu, rendam baju yang terkena karat paling tidak selama satu jam. Gosok baju dengan menggunakan sikat secara perlahan. Baru setelah itu, cuci baju dengan cara biasa menggunakan detergen. Terakhir bilas dengan air bersih. Kemudian jemur baju.

Walaupun ada berbagai cara menghilangkan noda karat di baju tetapi alangkah baiknya jika menjemur pakaian tidak menggunakan kawat karena bisa terjadi karat. Jika sudah terlanjur baju terkena karat maka gunakanlah cara tersebut untuk menghilangkannya. Cukup dengan memeriksa bahan-bahan yang ada di rumah dan gunakan bahan tersebut untuk menghilangkan karat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *