Cara Menghilangkan Noda Darah Pada Pakaian (Mudah!)

Posted on 69 views

Hal yang paling penting dalam proses cara menghilangkan noda darah pada pakaian adalah seberapa cepat Anda mengatasinya noda darah tersebut. Semakin cepat ditangani, maka semakin cepat dan mudah pula noda darah yang baru terbentuk tersebut dihilangkan. Bahkan, jika memang memungkinkan, ambil tindakan sebelum noda darah tersebut mengering agar lebih mudah dalam menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Noda Darah Pada Pakaian Dengan Mudah dan Efektif

Sebelum Anda melakukan hal ini, bacalah label perawatan pada baju terlebih dahulu. Sebagian jenis kain yang sensitif membutuhkan penanganan khusus oleh jasa penatu professional, dan tak bisa Anda lakukan sendiri. Berikut cara menghilangkan noda darah pada pakaian yang bisa Anda coba di rumah:

1. Garam

Jika terdapat noda darah pada kain, segera rendam pada larutan garam. Garam sendiri bisa meringankan noda dan membuatnya mudah untuk menghapusnya.

2. Sabun Batangan

Cara menghilangkan noda darah pada pakaian secara efektif yang kedua adalah dengan menggunakan sabun batangan. Sabun batangan ternyata terbukti lebih efektif dan cepat bekerja membersihkan pakaian yang terdapat noda darah daripada bubuk deterjen.

3. Gunakan Air Dingin

Jika noda darah masih segar atau termasuk baru di pakaian Anda, maka gunakan air dingin untuk menghapusnya. Gosok dengan darah untuk menghilangkan noda darah dengan sempurna dari pakaian. Air dingin sendiri juga bisa mempertahankan kualitas kain agar tetap baik.

4. Gunakan Air Panas

Berkebalikan dengan menggunakan air dingin, penggunaan air panas pada cara menghilangkan noda darah pada pakaian sangat efektif terhadap noda darah yang sudah kering atau noda darah yang cukup lama. Jadi, kenali dulu apakah termasuk noda baru atau lama sebelum menggunakan cara ini.

5. Cuka

Bahan-bahan dari dapur dapat digunakan untuk mencuci pakaian dan juga menyingkirkan noda darah yang menempel. Caranya adalah dengan merendam kain bernoda darah tersebut ke dalam air dan larutan cuka selama semalam penuh. Setelah itu, pada pagi harinya segera cuci menggunakan deterjen.

6. Baking Soda

Dengan baking soda, Anda dapat mencuci pakaian berbahan tebal maupun tipis. Selain cepat dalam menghapus noda darah, baking soda juga bisa membantu untuk menjaga elastisitas denim.

7. Lemon

Walaupun bahan alami, tapi kemampuan lemon untuk membersihkan noda darah di pakaian tak perlu diragukan. Anda hanya cukup menggosokkan kain bernoda tersebut dengan lemon dan garam. Bahkan, lemon juga bisa menjaga warna putih pakaian. Jadi, disarankan jika terdapat noda darah pada kain putih, gunakanlah lemon untuk menghilangkannya.

8. Sabun Cuci Piring

Cukup oleskan sabun cuci piring di atas noda darah dan kucek dengan lembut hingga noda tersebut terangkat, setelah itu, bilas dengan air dingin. Jika masih ada noda darah yang tertinggal, silahkan ulangi langkah tersebut sekali lagi hingga benar-benar hilang.

9. Gunakan Deterjen yang Mengandung Hidrogen Peroksida

Cara menghilangkan noda darah pada pakaian selanjutnya adalah menggunakan deterjen khusus. Deterjen hidrogen peroksida ini biasanya ditemui pada deterjen pencerah pakaian. Gunakan secukupnya saja pada noda, biarkan hingga meresap, kemudian kucek perlahan atau gosok dengan sikat gigi bekas. Setelah noda menghilang, diamkan pakaian selama sekitar lima menit agar deterjen bekerja dengan maksimal. Setelah itu, cuci pakaian seperti biasa.

10. Gunakan Amonia

Jika noda darah memang sangat susah untuk dihilangkan, maka cara terbaik adalah dengan menggunakan amonia. Caranya adalah dengan campur satu sendok makan amonia dengan 120 ml air bersih. Tuangkan amonia tadi pada noda, cukup pada noda saja dan bukan pada bagian yang lain. Kemudian, diamkan selama beberapa menit.

Setelah itu, noda akan terangkat dan segera bilas pakaian menggunakan air dingin. Noda biasanya sudah menghilang sepenuhnya, tapi jika belum ulangi saja langkah ini dari awal. Langkah terakhir adalah dengan mencuci seperti biasa pakaian tersebut, lalu keringkan dengan cara menjemurnya.

11. Gunakan Pelunak Daging

Pelunak daging ini bisa memecah protein yang ada dalam noda darah. Gunakan cara ini pada kain biasa dan hindari pada wol atau sutra. Pertama, masukkan sekitar 1 sendok makan pelunak daging tanpa bumbu ke mangkuk. Tambahkan air secara perlahan sambal diaduk hingga membentuk pasta tebal.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengoleskan pasta ke kain dan gosok dengan lembut. Biarkan meresap selama kurang lebih satu jam. Langkah terakhir adalah bilas pasta tersebut dengan air dingin. Cuci pakaian seperti biasa, tapi kali ini, keringkan dengan udara atau diangin-anginkan saja.

12. Pembersih Enzimatik

Cara menghilangkan noda darah pada pakaian yang terakhir adalah menggunakan pembersih enzimatik. Pembersih enzimatik bisa memecah protein yang membentuk noda darah. Akan tetapi, serat wol dan sutra itu terbuat dari protein, sehingga bisa terurai jika terkena produk enzim. Maka dari itu, kenali dulu pakaian yang hendak Anda bersihkan dari noda darah sebelumnya.

Langkah pertama adalah dengan menyiram kain dengan air dingin yang mengalir dari selang semprot atau sejenisnya agar melonggarkan noda darah kering tersebut. Lalu, larutkan 120 ml pembersih ke dalam semangkuk air dingin dan rendam kain bernoda tersebut. Rendam minimal satu jam atau lebih tergantung dari produk yang Anda gunakan. Setelah itu, cuci kain dan biarkan kering dengan cara diangin-anginkan.

Itulah 12 cara menghilangkan noda darah pada pakaian yang bisa Anda coba di rumah dengan bahan-bahan yang tak sulit didapatkan. Menghilangkan noda darah pada pakaian memang cukup mudah, asal Anda bisa mengenali jenis pakaian yang terkena noda atau bentuk dari noda darah tersebut sebelum terlambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *