Cara Menghilangkan Noda Aspal di Baju (Efektif!)

Posted on 17 views

Baju Kesayangan Anda Terkena Noda Aspal? Tidak Perlu Khawatir! Ini Dia Cara Menghilangkan Noda Aspal di Baju

Meskipun nampaknya belum banyak orang yang mengalami baju terkena noda aspal, nyatanya noda aspal terciprat pada baju merupakan hal yang nyata dan bisa terjadi pada siapapun. Bisa karena tidak sengaja melewati jalanan yang masih belum kering sempurna atau karena melewati material bangunan yang masih dalam proses pembangunan. Namun bila hal ini terjadi pada Anda, tidak perlu panik dan khawatir karena ternyata ada cara menghilangkan noda aspal di baju yang bisa Anda tempuh.

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Noda Aspal yang Melekat di Baju

Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk menghilangkan noda aspal yang terciprat ke baju Anda. Cara-cara ini memang sedikit membutuhkan usaha, namun terbilang cukup mudah menghilangkan noda yang terciptrat. Bahan yang dibutuhkan pun tidak banyak, hanya bahan-bahan dasar yang bisa ditemukan di sekitar rumah. Apa sajakah bahan dan cara menghilangkan noda aspal di baju tersebut?

1. Beri minyak

Ya, menggunakan minyak ada di daftar pertama cara menghilangkan noda aspal di baju. Sebenarnya, cara memberi minyak goreng hanya bisa dilakukan pada noda aspal yang kecil saja. Walaupun begitu, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menuangkan minyak di area yang terkena noda sampai terendam. Mudah, bukan? Selain itu, minyak yang bisa Anda andalkan untuk menghilangkan noda aspal pun beragam. Di antaranya adalah minyak lemak ayam, minyak sayur, minyak babi yang telah dihangatkan, dan krim pembersih tangan.

2. Gosok menggunakan alkohol

Cairan satu ini sudah lama terkenal untuk membersihkan segala jenis noda, tidak terkecuali noda aspal yang melekat di baju. Cara yang digunakan pun sangat mudah. Anda hanya perlu menuangkan alkohol yang tersedia ke kapas atau kain bekas secukupnya. Kemudian, gosokan secara satu arah di atas noda aspal yang ingin Anda hilangkan. Lakukan berulang kali hingga noda terangkat sempurna.

Untuk melakukan cara ini, Anda bisa menggunakan beberapa jenis alkohol yang dijual bebas, seperti pelarut cat, terpentin, pembersih kutek, atau spiritus. Penting untuk diingat agar tidak merokok atau berada di dekat api ketika menggunakan alkohol sebagai pembersih noda aspal yang melekat di baju.

3. Gunakan es batu

Es batu ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan noda aspal. Cara menghilangkan noda aspal di baju pun tidak sulit. Anda hanya perlu meletakkan es batu pada noda aspal yang hendak dihilangkan. Gosok perlahan satu arah hingga noda aspal membeku dan mudah diangkat. Setelah itu, cungkillah aspal beku tersebut perlahan dengan benda keras atau tajam. Hati-hatilah saat melakukan proses ini, jangan sampai justru merusak baju kesayangan Anda.

4. Rendam dengan air panas

Merendam bagian baju yang terkena noda aspal di air panas juga bisa menjadi salah satu solusi.  Namun, penting untuk diingat bahwa metode satu ini harus dilakukan secara hati-hati karena tidak semua bahan pakaian bisa dicuci pakai air panas. Selain itu, air panas juga berpotensi membuat air pakaian mengkerut saat dijemur. Maka berhati-hatilah ketika Anda melakukan metode ini untuk menghilangkan noda aspal pada baju.

5. Menggunakan campuran sabun pencuci pakaian dengan sabun pencuci tangan

Campuran dua bahan ini juga ternyata berpotensi mengangkat dan menghilangkan noda aspal. Cara menghilangkan noda aspal pada baju menggunakan campuran sabun pencuci pakaian dengan sabun pencuci tangan cukup mudah. Pertama-tama adalah dengan mencampurkan kedua sabun tersebut dengan rasio 1 : 1. Setelah tercampur, ambil spons pencuci, kemudian rendam pons tersebut sampai campuran sabun terserap. Remas spons sampai mengeluarkan busa, kemudian tempelkan di noda yang melekat di pakaian. Diamkan untuk sementara waktu, kemudian bilaslah dengan air hangat. Ulanglah cara ini beberapa kali sampai noda benar-benar terangkat bersih.

6. Bersihkan menggunakan pembersih noda

Sebelum Anda menggunakan pembersih noda dengan merk yang banyak dijual di pasaran, ada baiknya menguji pembersih noda terlebih dahulu di bagian pakaian yang tidak terlalu terlihat. Sekedar memastikan tidak akan menyebabkan kelunturan pada warna pakaian.

Bila sudah teruji, bubuhkan atau tuangkan pembersih noda tersebut pada bagian pakaian yang terkena noda. Lakukan proses ini sebelum pencucian. Pastikan seluruh noda tertutup dengan sempurna ke segala arah. Jika sudah, biarkan pembersih noda tersebut menempel di noda  untuk beberapa lama. Kemudian, cuci baju tersebut seperti biasa.

7. Menggunakan deterjen dengan kandungan enzim

Mengingat aspal memiliki kandungan minyak di dalamnya, maka detergen dengan kandungan enzim bisa menjadi salah satu solusi cara menghilangkan noda aspal di baju. Caranya cukup mudah, pertama adalah Anda perlu menuang detergen dengan enzim pada noda yang ingin dihilangkan. Kemudian, gunakan handuk atau tisu untuk menekan noda secara kuat untuk beberapa saat. Bila noda aspal sudah padat, Anda bisa mengangkat noda tersebut perlahan dengan logam tajam.

8. Dikelupas dengan benda tajam

Inilah cara terakhir yang bisa dipraktekan. Cara menghilangkan noda aspal di baju dengan benda tajam sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengelupaskan noda aspal yang sudah mengeras menggunakan benda tajam seperti pisau atau pembuka amplop. Lakukan ini secara perlahan, jangan sampai baju kesayangan Anda justru terobek karena benda tajam tersebut atau justru jari Anda terluka karena sayatan benda tajam tersebut.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda aspal di baju yang bisa Anda praktikan di rumah. Praktis, bukan? Semoga cara-cara di atas bermanfaat dan baju Anda bisa terlihat bagus dan baru seperti biasa. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *