Cara Menghilangkan Noda Air di Bodi Mobil (Mudah dan Cepat!)

Posted on 12 views

Musim hujan telah tiba, dimana seringkali Anda akan menemui banyak noda-noda air menempel pada bodi mobil, yang tentunya sangat mengganggu karena membuat tampilan mobil terlihat kotor dan kusam. Bahkan, jika dibiarkan terus menerus dan tak diatasi, maka akan membuat munculnya jamur pada mobil. Hal yang lebih menjengkelkan lagi adalah bahwa Cara Menghilangkan Noda Air di Bodi Mobil ini tak bisa dilakukan begitu saja dengan cara mencuci mobilnya. Ada beberapa cara khusus agar noda tersebut tidak merusak mobil kesayangan.

Panduan Lengkap Cara Menghilangkan Noda Air di Bodi Mobil

Berikut adalah 7 Cara Menghilangkan Noda Air di Bodi Mobil dengan cara yang mudah dipraktikan, cepat efeknya tapi juga efektif di saat yang sama.

1. Pasta Gigi

Pasta Gigi adalah salah satu cara efektif untuk mengilangkan noda air di bodi mobil. Jenis pasta gigi yang bisa digunakan adalah pasta gigi yang berwarna putih, selain itu, siapkan juga kain katun, karena kain katun mempunyai tekstur agak keras yang bisa membuat noda air pada bodi mobil terangkat secara sempurna.

  • Pertama, basahi dahulu permukaan bodi mobil dengan air bersih, setelah itu pastikan juga tak ada debu dan kotoran yang menempel di bagian yang akan dibersihkan.
  • Basahi ujung kain katun, tapi jangan terlalu basah, lalu kemudian oleskan pasta gigi pada lap kain katun tersebut.
  • Gosokan dengan perlahan pada bagian mobil yang berjamur atau yang terdapat noda air, dengan sedikit penekanan secara terus menerus.
  • Langkah selanjutnya adalah bilas dengan air lalu keringkan dengan kain katun tadi.
  • Untuk hasil yang benar-benar optimal, ulangi langkah di atas hingga bodi mobil benar-benar terlihat bersih.

2. Air Tembakau

Cara Menghilangkan Noda Air di Bodi Mobil yang kedua adalah dengan menggunakan air tembakau. Caranya juga cukup mudah untuk dilakukan. Siapkan satu genggam tembakau, air dan juga kain yang mempunyai tekstur lembut. Cukup ambil sekitar satu genggam tembakau dan masukkan ke dalam air yang sudah disiapkan, disarankan menggunakan air dingin bersih yang tanpa campuran detergen maupun sabun apapun. Setelah itu, cukup diamkan dan tunggu selama kurang lebih 15 menit.

Hal yang perlu dicatat adalah, sebelum membersihkan menggunakan air tembakau, disarankan juga untuk membersihkan bodi mobil terlebih dahulu dari kotoran atau debu yang menempel dan tunggu sampai mengering. Kemudian, siram bagian mobil yang terdapat noda air dengan air tembakau yang sudah didiamkan selama 15 menit tadi. Mulai gosok perlahan dengan kain lembut secara berulang-ulang hingga noda menghilang dan bersih. Langkah terakhir adalah lap sisa-sisa yang ada dengan kain lembut yang bersih.

3. Air Soda

Ternyata, air soda cukup ampuh untuk menghilangkan noda-noda air yang menempel pada bodi mobil Anda. Caranya juga sangat mudah untuk dilakukan, di mana hanya perlu siapkan air soda dan juga kain lap.

  • Pertama, pastikan bahwa lap yang digunakan adalah lap yang kering.
  • Basahi lap tadi menggunakan air soda
  • Terakhir, gosokkan pada bagian mobil yang ingin dibersihkan hingga noda-noda air yang ada dapat terangkat dengan sempurna.

Hal yang patut diperhatikan di Cara Menghilangkan Noda Air di Bodi Mobil ini adalah diharuskan untuk berhati-hati karena kandungan soda juga dapat merusak cat mobil. Maka dari itu, segera bersihkan air soda jika sampai mengenai cat mobil Anda.

4. Water Spot Remover

Di zaman sekarang, sudah banyak tersedia berbagai macam produk-produk berjenis Water Spot Remover dari berbagai merek. Anda hanya perlu menyemprotkan Water Spot Remover pada bagian yang ada noda airnya. Setelah itu, gosokkan dengan menggunakan kain hingga noda-noda air tersebut dapat hilang dan juga bersih. Terakhir, lap menggunakan lap mikrofiber yang kering.

5. Gunakan Pemoles Khusus Berbahan Polimer

Salah satu alternatif lain yang bisa dicoba adalah memberikan obat pemoles khusus untuk cat mobil. Tapi, satu hal yang perlu diingat mengenai pemoles mobil ini adalah untuk menghindari produk-produk yang di dalamnya mengandung silicon (ammonia silica), dikarenakan sifatnya yang abrasif yang bisa mengikis permukaan bodi mobil.

Maka dari itu, disarankan untuk memilih pemoles yang berbahan resin yang mengandung polimer, karena sangat efektif untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap partikel yang merusak cat mobil, sekaligus bisa membuat tampilan cat mobil menjadi lebih mengkilap daripada biasanya.

6. Sabun Cuci Piring

Cara Menghilangkan Noda Air di Bodi Mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan sabun cuci piring. Sabun cuci piring itu ternyata mempunyai daya bersih yang cukup tinggi, sehingga bisa digunakan untuk mengilangkan noda air. Caranya pun cukup mudah, di mana Anda hanya perlu mengoleskan sabun cuci piring ke lap bersih, gosok perlahan dan kemudian bilas pada bagian noda air yang menempel.

7. Gunakan Degreaser

Cara Menghilangkan Noda Air di Bodi Mobil yang terakhir adalah menggunakan degreaser. Hal yang perlu diperhatikan adalah karena sifar dari degreaser yang mengandung banyak zat kimia keras, maka selain dicampur dengan air, disarankan untuk ditambahkan dengan sedikit sabun pencuci piring.

Pertama, basahi area yang terdapat jamur atau noda air dengan air bersih, lalu oleskan cairan yang sudah disiapkan sebelumnya ke kuas bersih, yang diiringi dengan suatu gerakan menggosok. Ulangi proses ini beberapa kali hingga noda air menghilang.

Itulah beberapa Cara Menghilangkan Noda Air di Bodi Mobil yang bisa Anda coba di rumah. Jangan anggap sepele masalah noda air ini karena hal ini bisa menyebabkan munculnya kerusakan-kerusakan lain yang lebih parah daripada sekedar noda air pada bodi mobil kesayangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *