Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Efektif Untuk Selamanya

Kutu rambut sendiri adalah suatu parasit kecil yang terdapat di kepala manusia dan mampu menghisap darah di kepala. Selain itu, mereka juga bisa bertelur di sana. Jika terdapat kutu rambut beserta telurnya, kulit kepala akan terasa gatal dan sangat mengganggu. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan kutu rambut yang efektif.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Beserta Telurnya Secara Permanen

cara menghilangkan kutu rambut

Agar tak mengganggu kenyamanan Anda, sangat disarankan untuk membasmi segera kutu rambut beserta telurnya dari kepala. Untuk Anda yang menghadapi masalah ini dan tak tahu caranya, maka berikut adalah cara menghilangkan kutu rambut:

1. Sisir Serit

Cara ini adalah cara pertama dan tercepat. Anda bisa menemukan sisir serit ini dengan mudah di toko yang memang menjual alat-alat kosmetik. Tapi yang harus diperhatikan adalah, pilih sisir serit yang memiliki jarak antar gigi sekitar 0,2 mm. Intinya, semakin sempit gigi seritnya maka semakin cepat pula dan efektif untuk menghilangkan kutu dan telurnya.

Basahi dulu rambut Anda sebelum menggunakan sisir serit, karena rambut yang basah bisa memperlambat gerakan dari kutu di kulit kepala. Kondisi rambut yang basah ini juga bisa membuat kutu jadi lebih mudah untuk terlihat. Lakukanlah menyisir rambut dengan rambut serit ini selama sekitar empat hari sekali, hingga si kutu dan telurnya benar-benar hilang dari kulit kepala.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang mempunyai jutaan manfaat yang berguna, salah satunya adalah bisa digunakan untuk cara menghilangkan kutu rambut yang selanjutnya. Pertama, Anda harus keramas dulu menggunakan shampo hingga rambut bersih, setelah itu jangan lupa dikeringkan dengan handuk Setelah itu, oleskan minyak zaitun secukupnya pada kulit kepala Anda dan pijat-pijatlah dengan lembut. Pakai penutup kepala atau shower cap sebelum tidur dan diamkanlah sampai esok pagi. Bangun dari tidur, bergegas untuk keramas dan gunakan shampo.

3. Asam Cuka

Sifat asam dari cuka ini mampu untuk menghilangkan kutu rambut dan juga telurnya dengan cepat. Namun, karena sifat cuku itu sendiri yang sangat asam, maka sebaiknya untuk digunakan dengan ekstra hati-hati agar tak menimbulkan iritasi yang berbahaya bagi kulit kepala. Bahkan, bila perlu tambahkan saja sedikit air untuk mengurangi tingkat keasamannya.

Anda perlu menyiapkan dan menggunakan bahan ini bersamaan dengan cuka agar bisa efektif. Sediakan 2 sendok makan cuka dan juga 2 sendok minyak kelapa. Campurkan kedua cairan di atas sampai merata. Oleskan pada kulit kepala Anda sebelum pergi tidur Saat tidur, gunakan penutup kepala atau shower cap sambal mendiamkannya sampai esok hari. Setelah bangun dari tidur, segera keramasilah rambut dengan menggunakan shampo seperti biasa.

4. Obat Kumur

Obat kumur atau sering disebut juga dengan mouth wash merupakan cairan yang biasanya digunakan setelah menggosok gigi. Namun, siapa sangka ternyata obat kumur ini bisa masuk ke dalam cara menghilangkan kutu rambut beserta telurnya sekaligus.

Pertama, tuangkan obat kumur dengan secukupnya di telapak tangan, lalu oleskan dan disaat bersamaan piit-pijit dengan lembut kulit kepala sampai merata. Tutup kepala dengan menggunakan shower cap atau sejenisnya, lalu biarkan sekitar 2-2,5 jam. Terakhir, keramasilah rambut Anda menggunakan air bersih.

5. Lemon

Seperti cuka yang sudah disebutkan di atas, buah lemon juga mempunyai kandungan asam yang cukup tinggi, sehingga bisa juga digunakan untuk menghilangkan kutu dan telurnya di kulit kepala dengan lebih aman daripada cuka.

Caranya adalah dengan menyiapkan 2 buah lemon yang dipotong, lalu diperas airnya. Campurkan air hasil perasan lemon tersebut ke dalam 100 ml air hingga merata. Teteskan campuran cairan tersebut di kulit kepala, kemudian pijit-pijit dengan lembut selama sekitar 5-10 menit saja. Lalu, biarkan selama 30-40 menit dan yang terakhir, lakukan keramas menggunakan air hangat.

6. Alkohol

Alkohol yang mempunyai kadar hingga 70 persen bisa digunakan untuk membersihkan kutu dan telurnya dari rambut Anda. Dikarenakan adanya senyawa bernama isoprofil yang sangat efektif untuk membasminya. Tapi, satu hal yang perlu diingat adalah, jangan pernah sekalipun menggunakan cara menghilangkan kutu rambut ini apabila kulit kepala Anda sedang dalam keadaan terluka, dikarenakan alkohol akan membuat luka tersebut terasa sangat perih.

Tuangkan alkohol secukupnya ke telapak tangan, oleskan pada kulit kepala dan pijit-pijit dengan perlahan dan lembut. Setelah itu, biarkan saja sampai 20 hingga 30 menit. Setelah menunggu, sisir rambut menggunakan sisir serit dan di sini Anda akan menyaksikan kutu rambut beserta telurnya berjatuhan. Terakhir, keramas menggunakan air dingin hingga rambut bersih.

7. Mayonnaise

Cara menghilangkan kutu rambut yang terakhir adalah menggunakan mayonnaise. Mayonnaise memang biasanya digunakan sebagai saus atau topping pelengkap makanan, namun ternyata mayonnaise ini juga bisa berfungsi untuk membasmi kutu rambut. Caranya juga cukup mudah, tapi membutuhkan waktu yang cukup lama agar efektif.

Pertama, oleskan secukupnya pada kulit kepala dan pijat-pijat dengan perlahan sampai merata. Tutup kepala dengan shower cap dan biarkan sekitar 5 atau 6 jam. Setelah itu, keramasi dengan shampo. Dan agar maksimal, sisir rambut setelah itu menggunakan sisir serit.

Demikianlah beberapa tips atau panduan cara menghilangkan kutu rambut yang patut Anda coba, jika memang rambut terasa tidak nyaman dan tak membuat percaya diri karena gatal-gatal. Selain menerapkan tujuh cara di atas, Anda juga harus berhati-hati agar tidak tertular kutu rambut dari orang lain, apalagi jika rambut panjang karena sangat rawan sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *