Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami dan Praktis

Posted on 133 views

Memiliki kutu pada rambut tentunya sangat membuat tidak nyaman. Selain itu, juga mengancam kesehatan rambut. Tidak hanya pada manusia, namun kutu juga menghinggapi hewan seperti kucing yang memiliki bulu yang lebat. Tentunya hal ini harus sangat diperhatikan, terutamanya bagi yang memelihara kucing di rumah. Deteksi sejak dini apakah kucing tersebut memiliki kutu atau tidak. Jika kucing sudah terlanjur mengindikasikan memiliki kutu maka segera cari tahu cara menghilangkan kutu kucing yang efektif.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan 7 Bahan Alami yang Mudah Didapatkan

cara menghilangkan kutu kucing

Ketika mengetahui bahwa kucing peliharaan Anda memiliki kutu, maka lebih baik untuk menghilangkannya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Kemudahan menggunakan bahan alami adalah mudah didapatkan dan praktis untuk penggunaannya. Selain itu, cara ini juga baik untuk kesehatan kucing. Seperti halnya beberapa bahan alami di bawah ini yang dapat membantu untuk menghilangkan kutu kucing dengan cara praktis dan tidak akan memberikan efek samping yang buruk pada si kucing.

1. Minyak telon

Cara menghilangkan kutu kucing secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan minyak telon. Cukup tuang minyak telon secukupnya di tangan lalu usapkan pada bagian kulit kucing yang terdapat banyak kutu. Minyak telon memiliki bau yang tidak terlalu mengganggu, namun tetap perhatikan saat pemakaian di kulit kucing agar tidak terjilat pada bagian yang diolesi minyak tersebut. Gunakan secara berkala dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dari kulit kucing tersebut.

2. Lemon

Gunakan semprotan yang berbahan dasar lemon. Kandungan asam sitrat yang ada di dalam lemon membuat kutu enggan untuk lama-lama berdiam diri di kulit kucing tersebut. Cara menghilangkan kutu kucing yang satu ini sangat mudah dan praktis. Siapkan sebuah lemon lalu potonglah menjadi empat bagian, masak potongan lemon tersebut di air mendidih. Kemudian diamkan semalaman, setelah itu saring air lemon dan masukkan ke botol semprotan.

3. Lidah Buaya

Selanjutnya gunakan jus lidah buaya sebagai cara menghilangkan kutu kucing yang mengganggu. Ambilah lidah buaya sebagai bahan untuk membuat jus. Kemudian siapkan jus lidah buaya yang telah dibuat tadi dan campurkan dengan sedikit cabai rawit kemudian masukkan dalam botol semprot. Semprotkan secara berkala dan hati-hati hingga kutu tersebut hilang. Jangan menambahkan terlalu banyak cabai rawit agar cairan tersebut tidak terlalu berbahaya jika tidak sengaja terkena mata atau bagian sensitif lainnya dari kucing tersebut.

4. Cuka

Perlu diketahui bahwa kutu tidak menyukai bau dari cuka, maka dari itu bahan ini sangat cocok untuk mengusir kutu dari tubuh kucing. Cara membuatnya pun sangat praktis. Pertama, siapkan cairan cuka dan air secukupnya dalam wadah panci. Kedua bahan tersebut menggunakan perbandingan yang seimbang, yaitu 1:1. Kemudian panaskan dan diamkan hingga cairan tersebut dingin. Lalu masukkan ke dalam wadah semprotan. Perhatikan saat menyemprotkan cairan tersebut ke kulit kucing agar tidak mengenai bagian telinga dan mata kucing tersebut.

5. Garam

Garam merupakan salah satu bahan yang mudah untuk didapatkan di rumah. Apabila tidak memilikinya di rumah, Anda hanya perlu membelinya di warung terdekat dengan harga yang murah. Bahan ini dapat menghilangkan kutu kucing secara ampuh. Cara menghilangkan kutu kucing menggunakan garam ini adalah mencampurkannya dengan air hangat. Gunakan wadah yang cukup besar. Lalu rendamlah kucing pada larutan air garam tersebut secara perlahan, ingat jangan sampai kucing tenggelam di larutan air tersebut.

6. Minyak Tawon

Selanjutnya, minyak tawon merupakan salah satu rekomendasi cara menghilangkan kutu kucing yang efektif. Biasanya para orangtua menggunakan minyak tawon ini untuk mengolesi bagian kulit yang terluka atau gatal. Namun, kini minyak tawon tak hanya dapat menyembuhkan kulit manusia saja tetapi juga kulit pada kucing yang terkena kutu. Seperti halnya menggunakan minyak telon untuk menghilangkan kutu kucing, cara menggunakan minyak tawon ini pun sama. Tuangkan minyak tawon secukupnya dan balurkan pada kulit kucing yang terdapat kutunya. Usahakan untuk tidak membalurkannya secara berlebihan, sehingga saat kucing menjilat kulitnya tidak akan terkena pada bagian yang diolesi minyak tawon tersebut.

7. Cuka Apel

Cuka apel ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah saja tetapi juga bisa untuk menghilangkan kutu kucing. Memiliki bau yang busuk akan membuat kutu tersebut menghilang dengan sendirinya. Anda pun dapat membuatnya dengan mencampurkan sari buah apel yang dicampur dengan air. Perbandingannya adalah 2:1, kemudian masukkan dalam botol semprotan yang ada untuk lebih mudah menggunakannya. Cuka apel ini tersedia dalam berbagai merk, silahkan pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Bahkan jika merasa kesulitan untuk menemukan cuka apel di minimarket terdekat, bisa membelinya secara online di berbagai situs belanja online yang ada.

Menghilangkan kutu kucing tak hanya terbatas pada bahan-bahan di atas saja. Sebagai pemilik kucing, maka perhatikan kesehatan dari kucing peliharaan Anda. Terlebih jika kucing peliharaan tersebut memiliki bulu yang lebat, maka rajinlah untuk menyisirnya secara berkala. Namun jika lalai dan sudah terlanjur mengetahui bahwa kucing tersebut memiliki kutu, maka carilah berbagai cara untuk menghilangkan kutu tersebut. Usahakan untuk menggunakan bahan-bahan alami sebagai cara menghilangkan kutu kucing yang ada pada kucing peliharaan sebelum memutuskan untuk menggunakan bahan-bahan yang mengandung kimia berbahaya. Konsultasikan pada dokter hewan terpercaya apabila cara yang telah digunakan kurang berhasil atau memberikan efek buruk bagi kucing tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *