Cara Menghilangkan Kutu Beras yang Efektif

Posted on 13 views

Tahukah Anda bahwa beras merupakan salah satu bahan makanan pokok yang rentan dengan suhu yang lembab? Bila diletakkan pada suhu yang lembab atau cara penyimpanan yang kurang tepat, maka akan menimbulkan munculnya kutu pada beras yang dapat merusak kualitas beras. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan kutu beras yang bisa dilakukan.

8 Cara Menghilangkan Kutu Beras dengan Efektif

Beras yang memiliki kutu tentu tidak baik untuk dikonsumsi. Kutu beras dapat berdampak pada berkurangnya nilai gizi pada beras. Selain itu juga dapat merubah kualitas rasa dan tekstur dari beras itu sendiri. Cara-cara berikut ini dapat Anda tiru di rumah dengan biaya yang terjangkau dan bahan yang mudah Anda temui serta mudah untuk dilakukan. Apa saja cara-cara tersebut? Mari kita simak.

1. Jemur sinar matahari

Jika beras Anda sudah terdapat banyak kutu, Anda perlu menjemurnya di bawah sinar terik matahari. Kutu beras akan pergi karena serangga tidak suka tempat yang kering dan menyingkir ke tempat yang lebih lembab. Cara memanfaatkan sinar matahari untuk menghilangkan kutu beras yaitu Anda dapat menjemurnya seharian saat matahari terik. Gunakan wadah dengan penampang lebar supaya beras dapat terjemur sinar matahari secara merata.

2. Gunakan tempat penyimpanan yang baik

Tempat penyimpanan juga perlu diperhatikan oleh Anda supaya kutu beras tidak dapat masuk dan berkembang biak. Salah satu cara menghilangkan kutu beras dengan menggunakan tempat penyimpanan beras yang baik. Tempat penyimpanan beras yang baik adalah tempat yang tertutup rapat, kering serta tidak menyimpan hawa udara yang lembab. Hal ini perlu diperhatikan sejak Anda membeli beras dari toko atau pasar. Pastikan tempat beras yang Anda beli disimpan di tempat yang tersegel. Setelah itu Anda perlu menyimpan beras di rumah dengan wadah tertutup yang terbuat dari kaca, stainless, plastik, atau kontainer yang tertutup. Hindari menyimpan beras di kantong plastik atau tempat terbuka.

3. Dibekukan

Anda juga dapat menghilangkan kutu beras dengan cara membekukan beras di dalam freezer. Cara menghilangkan kutu beras dengan cara dibekukan yaitu tempatkan beras pada tempat yang rapat, lalu masukkan beras tersebut pada freezer. Anda dapat menyimpannya selama empat hari. Cara ini berguna untuk membunuh larva dan telur kutu dan akan menghentikan perkembangbiakan lebih lanjut.

4. Daun salam

Pilihan lain untuk mengusir kutu beras secara alami yaitu dengan menggunakan daun salam. Adapun cara menghilangkan kutu beras dengan menggunakan daun salam sangat mudah. Anda hanya memerlukan beberapa lembar daun salam kering, lalu simpan daun-daun salam tersebut di kotak atau wadah penyimpanan beras Anda.

5. Daun pandan

Daun pandan sudah sering digunakan untuk memasak nasi supaya lebih enak dan harum. Namun, tahukah Anda cara menghilangkan kutu beras dengan menggunakan daun pandan? Anda juga dapat memanfaatkan daun pandan untuk menghindari kutu beras datang. Caranya cukup mudah, pertama Anda perlu mengeringkan daun pandan supaya mengurangi kadar kelembaban daun tersebut. Setelah daun pandan sudah dikeringkan, Anda dapat memasukan daun pandan kering pada tempat penyimpanan beras Anda. Selain terhindar dari kutu, beras akan lebih wangi dan enak.

6. Bawang Putih

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kutu beras. Bagaimana caranya? Anda cukup mengupas beberapa biji bawang putih dan meletakkannya di tempat penyimpanan beras Anda. Bawang putih yang sudah dikupas akan mengeluarkan bau yang tidak disukai oleh serangga, termasuk kutu beras. Dengan begitu beras akan terhindar dari kutu. Namun, kelemahan menggunakan bawang putih adalah sifatnya yang sedikit lembab membuat beras rentan lembab dan menimbulkan jamur. Untuk mengatasinya Anda dapat mengeringkan bawang putih terlebih dahulu atau membalut dengan kain tipis yang dapat menyerap kelembaban bawang putih.

7. Cabai kering

Cabai merupakan salah satu bumbu dapur yang bersifat asam dan panas, sehingga menimbulkan bau yang cukup menyengat dan tidak disukai oleh serangga. Anda tidak perlu khawatir, karena cabai kering tidak akan berbahaya bagi stok beras yang Anda simpan. Cara menggunakan cabai kering yaitu cukup mudah, Anda hanya memerlukan cabai kering dan kain tipis. Anda  dapat menempatkan cabai kering yang sudah dibungkus kain tipis di sudut dapur atau di dekat tempat penyimpanan beras. Bau cabai yang menyengat akan membuat serangga termasuk kutu beras tidak suka untuk mendekat.

8. Daun Jeruk Nipis

Ternyata daun jeruk nipis tidak hanya digunakan untuk bumbu memasak saja, namun juga terdapat manfaat yang dapat kita gunakan karena bau harumnya yang khas. Daun jeruk nipis bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kutu beras secara alami. Caranya mudah, Anda cukup memerlukan beberapa lembar daun jeruk nipis yang tidak basah atau lembab. Lalu letakkan lembaran jeruk nipis di tempat penyimpanan beras Anda secara merata, baik berada di posisi dasar wadah, di tengah-tengah beras dan juga di atas permukaan beras. Bau wangi khas daun jeruk nipis tidak disukai oleh kutu beras sehingga kutu akan menghindari beras yang Anda simpan.

Demikianlah cara menghilangkan kutu beras yang dapat Anda terapkan di rumah, mudah bukan? Anda dapat memilih beberapa cara tersebut di atas sesuai dengan bahan maupun alat yang tersedia di rumah Anda. Dengan membiasakan merawat bahan makanan, maka nutrisi makanan akan terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *