Cara Menghilangkan Kutu Pada Ayam dengan Mudah dan Aman

Posted on 9,084 views

Memiliki hewan peliharaan rasanya memang sudah tidak begitu asing lagi dilakukan para masyarakat Indonesia. Ada yang memelihara seekor hewan untuk menjadi teman, menjadi pelindung atau bahkan untuk dijadikan ladang bisnis. Biasanya banyak yang memelihara ayam untuk dijadikan ladang bisnis ternak ayam, baik ayam yang akan dijual dagingnya ataupun ayam petelur. Bagi peternak ayam haruslah merawat ayamnya dengan baik, jangan sampai terkena virus atau penyakit yang mengancam kesehatannya. Salah satunya adalah dengan menghindarkan ayam dari adanya kutu. Namun jika ayam yang diternak sudah terlanjur dihinggapi kutu, maka ada beberapa cara menghilangkan kutu ayam tersebut dengan mudah dan dengan cara yang aman.

Beragam Cara Menghilangkan Hama Gurem Pada Ayam dengan Cara yang Mudah

cara menghilangkan kutu pada ayam

Kutu yang bersarang pastinya akan mengancam kesehatan, baik pada tubuh manusia maupun pada hewan. Terlebih jika hewan tersebut seperti ayam yang diternak untuk diperjualbelikan atau bahkan hanya untuk dipelihara sendiri. Berikut ada tips cara menghilangkan hama gurem pada ayam yang sudah terlanjur bersarang pada kulit ayam.

1. Kapur Ajaib

Kapur ajaib ini merupakan salah satu pengusir serangga yang ampuh dan sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya semut, namun kutu yang ada pada ayam pun juga dapat musnah dengan menggunakan kapur ajaib ini. Cara penggunaan dari kapur ajaib ini untuk menghilangkan kutu pada ayam adalah dengan menghancurkannya sampai lembut lalu oleskan pada tubuh ayam. Taburkan pula pada sekitar kandang ayam atau tempat bertelur ayam tersebut.

2. Daun Sirih

Bahan satu ini cukup mudah untuk ditemukan serta tak hanya berkhasiat untuk manusia juga dapat mengusir gurem. Daun sirih memiliki bau yang tidak disukai oleh gurem sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan pengusir gurem. Cara menghilangkan kutu/gurem pada ayam menggunakan daun sirih ini cukup mudah. Ambilah daun sirih secukupnya lalu potong kecil-kecil dan taburkan di sekitar kandang ayam. Bagi yang memiliki ayam petelur maka dapat menaburkannya di sekitar petarangan telur.

3. Tembakau

Kandungan zat nikotin yang ada pada tembakau dapat menjadi obat ampuh untuk mengusir kutu dan gurem pada ayam dengan cara yang aman. Meski memang nikotin ini berbahaya bagi tubuh manusia, tetapi zat tersebut dapat dengan ampuh mengusir kutu. Cara membuat ramuan dengan menggunakan tembakau yaitu dengan merebus tembakau tersebut. Setelah mendidih, biarkan rendaman air tembakau tersebut hingga dingin. Masukkan ke botol semprotan. Gunakan semprotan air tembakau tersebut secara berkala. Tak hanya menyemprotkan di kandang ayam, tapi juga semprotkan pada ayam cairan tersebut secara hati-hati.

4. Jeruk Nipis

Cara menghilangkan hama gurem pada ayam selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan jeruk nipis. Cukup ambil satu buah jeruk nipis, potong dan peras. Kemudian tambahkan dengan air cuka secukupnya. Masukkan air cuka dan air perasan jeruk nipis tersebut ke dalam botol semprot. Gunakan untuk menyemprot induk ayam serta kandang ayam agar hama gurem yang ada seketika menghilang dengan cepat.

5. Oli Bekas

Penggunaan oli bekas sebagai salah satu cara menghilangkan kutu ayam cukup mudah dan pastinya aman untuk kesehatan ayam. Ambil oli bekas lalu oleskan oli tersebut ke seluruh kandang ayam dan indukan ayam. Namun, kandang ayam yang memiliki bentuk beragam membuat pemilik harus menyediakan oli bekas sesuai dengan kebutuhan. Bagi yang memiliki kandang ayam berbentuk panggung, maka rendamlah tiang penyangga pada panggung tersebut untuk melindunginya dari hama gurem.

6. Rimpang

Tanaman rimpang atau juga disebut daun bengle sangat efektif untuk menghilangkan hama gurem pada ayam. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengambil rimpang secukupnya dan memarutnya. Setelah itu rendam dengan air hangat. Sebelum memasukkan ke dalam botol semprot, maka saringlah terlebih dahulu air rendaman daun bengle tersebut. Gunakan untuk menyemprot indukan beserta kandang. Dibandingkan dengan menggunakan cairan tembakau, maka cairan semprotan daun bengle ini dinilai lebih aman tak hanya untuk ayam tapi juga untuk manusia. Namun, keduanya sama-sama efektif untuk mengusir kutu ayam.

7. Ramuan Khusus

Apabila beberapa bahan dan cara yang telah dijelaskan sebelumnya dirasa belum mampu menghilangkan hama gurem secara ampuh, maka ada cara menghilangkan kutu pada ayam dengan membuat ramuan khusus. Untuk bahan-bahan yang diperlukan yaitu siapkan cuka, garam, air, dan jeruk nipis. Siapkan pula peralatan lain seperti ember, botol semprotan, dan saringan. Masukkan cuka, jeruk nipis, garam dan air dalam wadah ember lalu aduk hingga merata. Kemudian diamkan selama 10 menit dan saringlah. Masukkan cairan yang telah disaring ke dalam botol semprot. Gunakan cairan tersebut untuk menyemprot indukan ayam dan kandang ayam untuk mengusir hama gurem yang ada.

Berbagai alternatif bahan dan cara yang telah dijelaskan di atas dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan kutu. Namun perhatikan pula dalam merawat ayam agar tidak lagi terkena kutu ayam yang dapat mengganggu kesehatan dari ayam itu sendiri. Cara menghilangkan kutu ayam sebenarnya lebih banyak lagi tak hanya sebatas yang telah dijelaskan di atas. Pilihlah cara yang paling efektif serta jagalah kebersihan kandang ayam. Usahakan untuk selalu menyiapkan berbagai bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menghilangkan hama gurem pada ayam. Sehingga akan lebih mudah untuk menghilangkannya jika suatu saat hama tersebut muncul kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *