Cara Menghilangkan Bekas Double Tape di Mobil (Efektif!)

Posted on 3,058 views

Pemasangan aksesoris pada mobil kadang diperlukan untuk menjaga mobil dari benturan maupun lecet pada permukaan mobil seperti pemasangan sponge pada pintu maupun berbagai aksesoris lainnya. Pemasangan berbagai aksesoris pada badan mobil akan membutuhkan perekat double tape yang memiliki daya rekat berbeda-beda tergantung kebutuhannya. Yang menjadi masalah kadang adalah cara menghilangkan bekas double tape di mobil tersebut saat aksesoris dilepas.

Cara yang Bisa Anda Lakukan untuk Menghilangkan Bekas Double Tape di Mobil

cara menghilangkan bekas double tape

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencoba mengangkat double tape maupun menghilangkan bekasnya dari permukaan mobil. Adapun cara berikut harus Anda perhatikan dengan seksama agar tidak terjadi resiko kerusakan pada permukaan mobil Anda. Berikut cara yang terbilang cukup efektif untuk Anda coba saat menghilangkan bekas double tape pada mobil.

1. Hairdyer

Hairdryer merupakan komponen penting pertama pada cara menghilangkan bekas double tape di mobil. Hairdryer dibutuhkan untuk memberikan suhu panas pada permukaan double tape sehingga daya rekatnya lebih cepat kering dan melonggar. Suhu panas dapat Anda peroleh dari peralatan lain selain hairdryer seperti setrika uap.

Cara penerapannya untuk mengangkat double tape adalah langsung arahkan udara panas dari hairdryer maupun alat penghasil uap panas lainnya kepada permukaan double tape. Setelah beberapa saat sembari mengarahkan uap panas coba angkat double tape dari bagian sudutnya menggunakan tangan. Jika menggunakan tangan dirasa sulit Anda bisa menggunakan pisau plastik atau kartu plastik.

2. Selotip Kuning

Selain pisau plastik atau kartu plastik Anda bisa mencoba selotip kuning sebagai cara menghilangkan bekas double tape di mobil. Pilih selotip kuning dengan daya rekat yang bagus kemudian potong sepanjang 5 sampai 7 cm untuk Anda lingkarkan pada jari telunjuk dan jari tengah dengan bagian perekat berada di luar. Bagian perekat ini kemudian tempelkan pada permukaan double tape dan coba angkat double tape menggunakan selotip kuning tersebut.

3. Benang Pancing atau Benang Gigi

Apabila cara menghilangkan bekas double tape di mobil seperti diatas masih kurang efektif maka Anda bisa mempersiapkan benang pancing maupun benang gigi. Menggunakan benang pancing atau benang gigi tidak akan merusak permukaan mobil dan dapat dipakai sebagai alternatif pisau atau cutter.

Caranya ambil benang pancing atau benang gigi secukupnya untuk dilingkarkan atau dipegang oleh kedua tangan Anda. Pastikan genggaman Anda kuat dan letakkan bagian tengah benang pada bagian dasar double tape untuk mengangkat double tape. Gerakan menggergaji juga akan mempermudah proses pengangkatan double tape.

4. Bensin

Bensin juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas double tape. Namun, jangan gunakan bensin pada permukaan mobil atau interior karena dapat merusak cat mobil dan warna asli. Bensin hanya dapat Anda aplikasikan untuk bekas double tape pada kaca mobil. Itupun harus dengan berhati-hati agar tumpahan bensin tidak merembes ke permukaan mobil yang nantinya bisa merusak cat mobil.

Cara menghilangkan bekas double tape pada kaca dengan bensin yaitu cukup mudah. Cukup tuangkan sedikit bensin pada kain bertekstur atau permukaan abrasif (hijau) pada sponge cuci piring. Usapkan kain atau sponge tersebut pada bekas doubel tape pada permukaan kaca mobil dan lakukan berulangkali hingga bekas double tape benar-benar hilang.

5. Air, Sabun Cuci, dan Cuka

Selain bensin terdapat opsi yang lebih aman untuk permukaan interior mobil maupun permukaan mobil yaitu dengan menggunakan air, sabun cuci dan cuka. Langkah ini lebih aman untuk cat mobil namun harus dilakukan dengan tenaga ekstra agar hasilnya maksimal.

Cara menghilangkan bekas double tape di mobil yang perlu Anda lakukan adalah campur air panas dengan satu sendok sabun cuci dan sedikit cuka pada mangkuk kecil kemudian aduk sampai berbusa. Kain atau permukaan hijau pada sponge kemudian dicelupkan pada cairan tersebutJangan menggunakan sponge logam karena dapat menggores permukaan mobil cukup gunakan spongeabrasif. Gosokkan kain atau sponge yang sudah dicelupkan cairan sabun dan cuka tersebut pada bekasdouble tape dan lakukan berulang hingga bekas benar-benar hilang.

6. Penghapus Ajaib

Apabila cara menghilangkan bekas double tape di mobil diatas sudah menghilangkan bekas kotoran double tape maka yang tersisa pada permukaan mobil Anda Anda sisa zat pelekat double tape. Sisa zat ini apabila tidak dihilangkan kemudian bisa menangkap endapan seperti debu dan menyebabkan permukaan mobil Anda tampak kotor kembali. Anda dapat menggunakan penghapus ajaib yang bisa diperoleh di swalayan untuk menggosok bersih sisa-sisa zat pelekat tersebut. Cukup gosokkan penghapus ajaib hingga sisa-sisa zat perekat dan bekas double tape benar-benar hilang dan permukaan mobil kembali halus seperti semula.

7. Compound Cream dan Polishing Cream

Selain penghapus ajaib Anda juga bisa menggunakan compound cream untuk menghaluskan bekas double tape yang kemudian dipoles dengan polishing cream. Perhatikan aturan penggunaan pada label compound cream dan polishing cream untuk menghindari resiko. Apabila sudah benar-benar aman untuk interior dan permukaan mobil maka dapat langsung Anda aplikasikan pada bekas double tape.

Itulah cara menghilangkan bekas double tape di mobil yang bisa Anda coba dan tentunya harus dengan kesabaran. Hal ini karena beberapa double tape memiliki daya rekat yang sangat tinggi sehingga butuh tenaga ekstra untuk mengangkatnya dari permukaan mobil hingga menghilangkan bekasnya. Namun, perlu diingat jangan menggunakan benda tajam untuk mencongkel double tape dari permukaan mobil karena beresiko menyebabkan lecet atau kerusakan permukaan badan mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *