Cara Menghilangkan Bekas Deodoran Pada Baju (Mudah!)

Posted on 224 views

Deodoran umumnya banyak dipakai untuk menghilangkan bau badan berlebih pada tubuh, baik itu deodoran basah atau deodoran kering. Namun biasanya timbul masalah  baru bagi para pengguna deodoran. Yaitu noda bekas deodoran basah yang banyak melekat di baju, utamanya bagian tangan. Noda Ini bisa sangat mengganggu penampilan Anda. Tapi tidak perlu khawatir, ada banyak jalan atau cara menghilangkan bekas deodoran pada baju.

Berbagai Cara Mudah Untuk Menghilangkan Noda Bekas Deodoran Pada Lengan Baju

cara menghilangkan bekas deodoran pada baju

Noda di lengan baju akibat penggunaan deodoran bisa sangat mengganggu penampilan, walau badan sudah wangi. Tapi tidak perlu khawatir. Anda bisa menghilangkan noda kecil itu dengan beragam cara, mulai dari yang membutuhkan sedikit bahan, hingga yang membutuhkan agak banyak bahan. Apa saja cara-cara yang bisa ditempuh untuk menghilangkan noda deodoran pada lengan baju?

1. Cuka

Salah satu cara menghilangkan bekas deodoran pada baju adalah dengan menggunakan cuka.  Sebab, cuka mengandung asam tinggi, yang dapat mengangkat dan menghilangkan noda pada baju. Namun, ada cara tertentu yang harus dilalui untuk menghilangkan bekas deodoran pada baju dengan menggunakan cuka.

Caranya ialah dengan mencampur air dengan cuka terlebih dahulu. Rasio yang digunakan ialah 1 : 1. Bila air dan cuka sudah tercampur merata, tuang larutan tersebut ke baju. Rendamlah baju untuk waktu yang agak lama, baru bilaslah menggunakan air dingin. Jangan langsung menuangkan cairan cuka ke baju ya!

2. Baking soda

Cara kedua adalah menggunakan baking soda. Caranya mudah, yakni dengan membentuk pasta dari baking soda terlebih dahulu menggunakan 3 (tiga) sendok makan baking soda dan air secukupnya. Gosokkan pasta tersebut ke baju yang ingin Anda hilangkan nodanya dan sikatlah. Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk menggosok noda tersebut. Setelah itu, diamkan untuk waktu yang agak lama dan bilaslah dengan air hangat.

3. garam dan lemon

Garam dan lemon juga bisa menjadi bahan-bahan untuk menghilangkan noda ada pakaian hasil menggunakan deodoran. Caranya mudah, yakni dengan mencampurkan sedikit garam dengan air secukupnya. Aduklah hingga menggumpal seperti adonan pasta. Setelah menggumpal,  campur dengan sedikit perasan lemon. Aduk hingga rata.

Setelah gumpalan rata, oleskan ke noda pada baju yang hendak dibersihkan. Rendam dalam air hangat hingga beberapa saat sebelum dibilas kembali hingga bersih. Inilah cara menghilangkan bekas deodoran pada baju yang ketiga.

4. Make-up remover

Salah satu bahan merias diri yang digemari banyak perempuan ini ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan noda bekas deodoran di baju. Caranya pun sangat mudah. Tuangkan sedikit cairan make-up remover ke noda bekas deodoran pada baju yang ingin dihilangkan. Tunggu hingga sedikit menyerap, dan basuh dengan kain atau kapas yang bersih berkali-kali secara satu arah. Lakukan beberapa kali sampai noda terangkat sempurna. Setelah itu, cucilah baju dengan deterjen hingga bersih sempurna.

5. Setrika

Malas mencuci? Tidak masalah. Ada cara menghilangkan bekas deodoran pada baju yang tidak memerlukan mencuci terlebih dahulu. Caranya adalah dengan meneteskan sedikit air pada noda baju yang ingin dihilangkan. Kemudian, tutup noda tersebut dengan kain putih.

Setelah itu, setrikalah bagian tersebut dengan setrika yang sudah dipanaskan. Noda pada baju nantinya akan berpindah ke kain putih. Maka pakailah kain putih yang sudah tidak digunakan lagi.

6. Lap basah atau tisu basah

Masih dengan cara yang dilakukan tanpa perlu mencuci. Lap basah bisa menjadi salah satu alternatif cara menghilangkan bekas deodoran pada baju dengan cara mengelap noda secara satu arah berkali-kali. Namun, cara ini hanya berfungsi pada noda deodoran yang baru membekas di baju, bukan noda deodoran yang sudah agak lama. Penting untuk diingat untuk tidak menggunakan lap yang benar-benar basah. Gunakanlah lap yang sudah diperas sedikit.

Hal yang sama berlaku pada tisu basah. Anda bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkan noda bekas deodoran yang melekat di baju. Caranya dengan membasuh noda pada baju berkali-kali dengan tisu basah Anda. Noda akan terangkat dan hilang perlahan-lahan.

7. Sabun cuci piring

Tidak hanya berguna untuk menghilangkan noda di piring, sabun cuci piring ternyata juga sangat berguna untuk menghilangkan noda bekas penggunaan deodoran yang ada di lengan baju Anda. Cara menghilangkan bekas deodoran pada baju menggunakan sabun cuci piring sangat mudah. Hanya perlu mengoleskan sabun cuci piring ke bagian noda yang ingin dihilangkan. Gosok perlahan menggunakan sikat, seperti sikat gigi.  Diamkan noda tersebut selama 30 (tiga puluh) menit kemudian bilas hingga bersih. Noda deodoran pada baju akan terangkat. Jangan lupa untuk mencucinya dengan deterjen setelah proses ini selesai ya!

8. Amonia

Senyawa asam kimia ini adalah gas berbau tajam yang bisa menghilangkan noda membandel pada pakaian. Caranya cukup mudah, yakni mencampurkan amonia cair dengan air dengan rasio yang seimbang. Basahi noda tersebut, lalu bilas sampai bersih setelah beberapa menit. Prosesnya memang mudah, hanya saja mencari bahan amonia membutuhkan sedikit usaha. Bila Anda enggan mencari bahan amonia, Anda bisa menggunakan cara-cara lain yang sudah dijelaskan di atas.

Itulah beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan bekas noda deodoran yang melekat di baju Anda. Tidak terlalu sulit bukan? Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus membawa ke laundry. Bagaimana, apakah Anda sudah sepenuhnya memahami cara menghilangkan bekas deodoran pada baju dan siap untuk mempraktikan di rumah? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *