11 Cara Menghilangkan Bau Sepatu (Pasti Pengen Tahu!)

Posted on 17 views

Bau sepatu yang tidak sedap kerap menjadi masalah yang sering ditemui dikehidupan sehari-hari. Hal ini merupakan masalah yang sepele, namun tentu saja akan sangat mengganggu jika berada di tempat umum atau saat sedang bersama orang yang penting penting bagi Anda. Sebelum terjadi hal yang memalukan lebih baik Anda mengatasinya terlebih dahulu menggunakan Cara menghilangkan bau sepatu seperti pada bacaan berikut ini.

Beberapa Cara Menghilangkan Bau Sepatu

Terdapat banyak cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau sepatu. Mulai dari menggunakan bahan-bahan alami, wewangian, bahkan beberapa hal yang tidak pernah Anda duga seperti dalam artikel berikut ini.

1. Menjemur Sepatu

Walaupun terkesan tradisional, namun cara ini memang efektif dalam menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu Anda. Jika cuaca sedang cerah dan ada waktu luang, maka sempatkanlah untuk menjemur sepatu yang sering Anda gunakan selama beberapa jam. Dan hasilnya sepatu kesayangan Anda sudah tidak berbau lagi.

2. Kapur Barus

Kapur barus memang ampuh dalam mengharumkan ruangan ataupun lemari pakaian, aroma wangi pada kapur barus bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Cara menghilangkan bau sepatu ini yaitu cukup memasukkan beberapa butir kapur baruskedalam sepatu dan biarkan selama satu malam agar wanginya tersebar.

3. Alkohol

Cairan ini memang terkenal sebagai antiseptik yang bagus, selain itu alkohol juga memiliki bau wangi yang menyengat. Dengan mengoleskan alkohol pada bagian dalam sepatu Anda akan membantu menghilangkan bakteri dan jamur penyebab bau. Ditambah lagi aroma alkohol yang menyengat akan menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu Anda

4. Kulit Jeruk

Salah satu buah yang memiliki aroma sedap adalah jeruk, Anda bisa memanfaatkan kulit dari jeruk yang sudah dimakan untuk memberikan aroma segar pada sepatu Anda. Cara menghilangkan bau sepatu menggunakan kulit jeruk yaitu potong kulit tadi menjadi beberapa bagian kecil kemudian masukkan kedalam sepatu dan diamkan selama satu malam.

5. Bubuk Kopi

Pada saat Anda membuka kemasan kopi ataupun saat menyeduhnya pasti akan keluar aroma khas yang langsung menyebar memenuhi ruangan. Hal ini membuktikan bahwa kopi memiliki aroma kuat yang bahkan tercium dari jarak yang agak jauh. Aroma kuat dari bubuk kopi dapat Anda manfaatkan untuk melawan bau tidak sedap pada sepatu. Sebelum menggunakannya sebaiknya Anda menyiapkan sebuah plastik ataupun kertas sebagai alas kopi agar tidak mengotori sepatu Anda.

6. Teh

Sama halnya dengan kopi, teh merupakan sumber kafein yang memiliki bau harum yang khas. Gunakan bekas teh celup yang telah Anda seduh dan masukkan kedalam sepatu Anda, biarkan hingga aroma teh menghilangkan bau pada sepatu Anda. Setelah beberapa jam, keringkan sepatu tersebut. Selain membuat sepatu Anda menjadi harum, teh juga memiliki kandungan zat anti bakteri yang dapat membunuh kuman pada sepatu.

7. Kertas Koran

Pernahkah Anda terpikir bahwa kertas koran bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu? Namun, hal ini memang benar adanya. Cara menghilangkan bau sepatu ini sudah dibuktikan oleh beberapa orang dan mempunyai hasil yang memuaskan. Anda hanya perlu menyiapkan koran bekas yang sudah tak terpakai kemudian membuatnya menjadi sebuah gumpalan dan memasukkannya kedalam sepatu. Setelah kertas masuk sepenuhnya kedalam sepatu, biarkan satu malam dan lihat hasilnya pada keesokan harinya, bau tidak sedap pada sepatu Anda sudah diserap oleh kertas ini.

8. Menggunakan Parfum

Cara menghilangkan bau sepatu ini merupakan cara yang paling mudah dan juga praktis, Anda hanya perlu menyemprotkan parfum kedalam sepatu kesayangan Anda. Hal ini juga dapat Anda lakukan dengan cepat dan bisa dilakukan kapan saja seperti sebelum berangkat bekerja ataupun saat sedang istirahat bisa Anda semprotkan ulang.

9. Baking Soda

Sodium bikarbonat atau soda kue juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam sepatu. Alasannya zat ini dapat membantu Anda untuk menghilangkan bakteri penyebab bau serta menyerap kelembapan pada sepatu Anda. Cara menggunakannya yaitu dengan memasukkan dua sendok makan baking soda kedalam sepatu Anda, kemudian ratakan dan diamkan semalaman. Untuk hasil yang maksimal Anda juga bisa menggunakannya dua kali sehari.

10. Tawas

Benda ini biasanya berbentuk seperti butiran kristal dan sering digunakan untuk menjernihkan air pada kolam renang, selain itu tawas juga digunakan sebagai bahan pembuatan deodorant. Cara menghilangkan bau sepatu menggunakan tawas yaitu dengan menghancurkannya secara halus, kemudian ratakan pada bagian dalam sepatu Anda dan diamkan beberapa jam. Tawas akan bekerja sebagai antiseptik yang akan membunuh bakteri penyebab bau tak sedap pada sepatu Anda.

11. Jahe

Selain sebagai penghangat tubuh, jahe juga dipercaya dapat menekan pertumbuhan bakteri sehingga banyak digunakan sebagai bahan obat tradisional. Selain itu jahe juga memiliki aroma kuat yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi bau pada sepatu Anda. Cara menggunakannya yaitu dengan memotong ataupun menghaluskannya, kemudian oleskan pada bagian dalam sepatu Anda, oleskan saja secukupnya tidak perlu sampai basah. Setelah itu diamkan beberapa saat dan ciumlah hasilnya, bau tidak sedap pada sepatu Anda sudah hilang dan tergantikan oleh wangi jahe yang melegakan.

Seperti itulah beberapa cara menghilangkan bau sepatu yang dapat Anda praktekan di rumah. Namun jika sepatu yang Anda gunakan memang sudah kotor, ada baiknya untuk segera mencucinya, karena menghilangkan baunya saja tidak cukup untuk menjaga kebersihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *