Cara Menghilangkan Bau Bangkai Tikus (Berani Lakukan Ini??)

Posted on 1,060 views

Semua orang pasti tidak menginginkan rumah mereka dijadikan sarang hama, contohnya seperti tikus yang tiba-tiba datang dan merusak barang-barang di rumah serta membuang kotoran sembarangan. Terlebih lagi saat tikus sudah mati mereka akan meninggalkan bau bangkai yang sangat menyengat dan tentunya akan sangat mengganggu suasana nyaman dalam rumah. Maka dari itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai Cara menghilangkan bau bangkai tikus yang  dapat Anda praktikkan di rumah.

Langkah-langkah Cara Menghilangkan Bau Bangkai Tikus

1. Mencari dan Membuang Bangkai Tikus

Bau yang masih menyengat biasanya menandakan bahwa bangkai tersebut masih berada disekitar Anda, maka dari itu untuk menghilangkan baunya Anda harus mengatasi akar permasalahannya. Cara menghilangkan bau bangkai tikus ini bisa mengandalkan indera penciuman Anda untuk menemukan sumber bau tersebut, kemudian membuang bangkai tikus ke tempat sampah ataupun menguburnya.

Karena bangkai tikus penuh dengan kuman dan sumber penyakit, maka jangan sekali-kali memindahkannya dengan tangan kosong. Ada baiknya menjaga tangan Anda tetap steril, entah itu menggunakan sarung tangan plastik, ataupun memindahkannya menggunakan bantuan alat. Selain itu Anda juga bisa menutupi bangkai tikus dengan pasir terlebih dulu, untuk memudahkan Anda mengambilnya sekaligus menjaga kebersihan. Pasir kering yang Anda gunakan untuk menutupi bangkai tikus juga bisa mengurangi bau yang ditimbulkannya. Sembari mengambil bangkai tikus, bersihkan pula belatung yang mengerumuninya.

2. Membersihkan Bekas Penguraian Bangkai Tikus

Biasanya saat Anda menemukan bangkai tikus akan terdapat bekas penguraian seperti bercak berwarna cokelat kehitaman yang sangat sulit dibersihkan. Selain itu karena adanya bekas ini bau dari bangkai tikus masih tertinggal dan belum hilang seratus persen.

  • Membersihkan Menggunakan Karbol

Cara menghilangkan bau bangkai tikus dapat dilakukan dengan menyiramkan karbol ataupun cairan pembersih toilet dengan wangi yang efektif menghilangkan bau. Biarkan dulu area yang telah Anda siram sekitar 20 menit. Setelah menunggu, saatnya Anda menyikatnya hingga bersih dan jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan Anda dengan menggunakan sarung tangan. Setelah melakukan pembersihan gunakan lap kering untuk mengusap bagian tadi. Jika pembersihan selesai sebaiknya alat seperti sikat atau lap yang tadi digunakan langsung dibuang, ataupun dengan membakarnya untuk memastikan tidak ada orang yang memakainya kembali.

  • Menggunakan Alkohol

Cairan ini merupakan jenis antiseptik yang paling bagus dan biasa digunakan untuk mensterilkan alat kedokteran. Sehingga menggunakan alkohol untuk menghilangkan bekas bangkai tikus sangat direkomendasikan bagi Anda. Dengan mengusapkan alkohol pada bagian yang menjadi bekas dekomposisi dapat membunuh kuman dan bakteri jahat lain yang dapat mengganggu kesehatan.

  • Menggunakan HCL

Cara menghilangkan bau bangkai tikus juga bisa menggunakan HCL untuk membersihkan bekasnya, itupun jika bangkai tikus terdapat dilantai dan kondisinya memang benar-benar sulit untuk dibersihkan. Tetapi Anda harus ekstra hati-hati saat menggunakan bahan ini, karena sifatnya yang keras bisa membakar kulit Anda dan berbahaya jika terhirup secara langsung.

  • Menyemprotnya Menggunakan Air

Jika Bangkai tikus Anda temukan dihalaman, maka Anda bisa menyemprotinya menggunakan air dari selang. Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih higienis Anda juga bisa menambahkan wewangian seperti sabun pencuci piring lalu menyemprot bekasnya hingga bersih.

3. Menghilangkan Bau yang Masih Tersisa

Jika masih tercium bau bangkai padahal area tadi sudah Anda bersihkan, maka ada kalanya Anda perlu melakukan pembersihan ulang ataupun menggunakan Cara menghilangkan bau bangkai tikus berikut ini.

  • Membuka Jendela

Jika ruangan dengan bau tidak sedap kebetulan memiliki jendela yang bisa dibuka, maka bukalah jendela tersebut selama beberapa menit agar udara jenuh dan bau tidak sedap dapat keluar. Dengan membuka jendela akan memperbaiki sirkulasi udara pada ruangan sehingga menjadi lebih segar.

  • Mengecat Plafon

Jika  bangkai tikus And temukan di plafon dan nodanya sudah merembes, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan pengecatan. Seperti yang diketahui bahwa noda rembesan pada plafon tidak bisa hilang begitu saja walaupun sudah dibersihkan, apalagi jika bahan yang Anda gunakan adalah gypsum. Maka dari itu perlu dilakukan pengecatan ataupun memberikan plamir pada bekas bangkai yang sudah terlanjur membekas. Selain itu wangi cat ataupun plamir yang Anda gunakan akan menghilangkan bau bangkai dengan seketika.

  • Menggunakan Pengharum ruangan

Cara menghilangkan bau bangkai tikus yang paling mudah adalah menggunakan pengharum ruangan dengan wangi kesukaan Anda. Anda cukup menyemprotkannya ke sumber bau ataupun ke seluruh ruangan, selain menghilangkan bau tidak sedap, pengharum ruangan juga dapat memberikan relaksasi.

  • Menggunakan Lilin Aroma Terapi

Lilin aroma terapi kini sudah banyak dijual karena memiliki wangi yang harum dan menenangkan. Wangi ini dapat Anda manfaatkan untuk memberi aroma yang menyegarkan pada ruangan Anda serta menetralisir bau yang disebabkan oleh bangkai tikus.

  • Menggunakan Cuka Dapur

Anda juga bisa menghilangkan bau yang masih membandel menggunakan bahan yang mudah ditemukan seperti cuka dapur. Cara penggunaannya yaitu teteskan cuka ke bagian yang menjadi pusat bau, diamkan dulu selama beberapa jam kemudian Anda dapat membersihkannya.

  • Menggunakan Arang Aktif

Activatedcharchoal terbukti ampuh dan bisa dipakai untuk menghilangkan polutan udara serta bau tidak sedap. Cara menggunakannya yaitu hancurkan arang tersebut menjadi bagian kecil kemudian gosok-gosokkan ke bagian yang pernah ditempati bangkai tikus. Setelah proses ini selesai lap bekas arang tadi hingga bersih, dan hasilnya bau sudah berhasil dihilangkan. Selain menghilangkan bau tak sedap, Cara menghilangkan bau bangkai tikus dengan metode ini memiliki manfaat lain seperti mensterilisasi bagian yang Anda bersihkan agar kuman dan bakteri jahat tidak kembali lagi. Penggunaan arang sendiri juga dapat membantu penuntasan sisa noda yang mungkin belum bersih sepenuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *